Sales Forecasting- Dalam  menjalankan usaha atau bisnis, seorang pengusaha perlu melihat prospek dan peluang kedepannya sehingga mampu memprediksi pendapatan di masa depan, manajemen terhadap risiko, dan mengambil setiap peluang yang ada.

Sales Forecasting atau perkiraan penjualan bisa dipahami sebagai proses dalam mengevaluasi penjualan dan membuat prediksi dan estimasi pendapatan masa depan yang akan diperoleh perusahaan.

Sales Forecasting dapat memberikan Sahabat Wirausaha informasi terkait data keuangan perusahaan seperti pendapatan, laba bersih, biaya dan pengeluaran dan berbagai informasi keuangan yang berguna bagi Sahabat Wirausaha untuk membuat keputusan keuangan yang efektif.

Sales Forecasting ini dapat diterapkan dalam dua keadaan bisnis, Pertama, perkiraan penjualan ini dapat berupa data keuangan masa lalu sebagai upaya evaluasi dan prediksi pertumbuhan penjualan di masa depan atau menggunakannya sebagai cara riset pasar dalam menganalisis dan membuat estimasi penjualan di masa depan.

Kedua, perkiraan penjualan bagi bisnis baru. Informasi ini dapat Sahabat Wirausaha jadikan sebagai informasi untuk melihat perubahan pasar yang memungkinkan Sahabat Wirausaha memprediksi pertumbuhan penjualan. 


Pentingnya Sales Forecasting bagi Penjualan Kita

Kelebihan dari Sales Forecasting adalah dapat membantu kita memahami permintaan pasar, agar Sahabat Wirausaha dapat menyesuaikan dengan strategi penjualan dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

1. Membantu Menentukan Target Penjualan

metode ini sangat membantu dalam menentukan target penjualan dengan lebih dahulu memprediksi penjualan di masa mendatang. Di samping itu Sales Forecasting dapat membantu menetapkan orientasi atau tujuan dan misi penjualan yang akan dicapai. Ukuran dalam memprediksi penjualan ini berkaitan dengan respon pasar terhadap produk/jasa yang Sahabat Wirausaha tawarkan.

Melalui ramalan penjualan memungkinkan Sahabat Wirausaha lebih tepat dalam mengambil keputusan berkenaan dengan penetapan tujuan, penetapan budget, hiring dan hal-hal yang mempengaruhi arus kas perusahaan

Baca Juga: Melirik Kebijakan Tiongkok Kembangkan UMKM Hingga Menjadi Raksasa Ekonomi Dunia

2. Membantu Menganalisis Penjualan

Sales Forecasting membantu kita dalam menganalisis tren penjualan di masa depan. Hal-hal yang perlu Sahabat Wirausaha pertimbangkan dalam menganalisis tren pasar adalah competitor baru, musim, minat pasar. Analisis pasar ini penting dan perlu dilakukan secara konsisten karena sangat mempengaruhi terhadap strategi penjualan. 

3. Membantu Menyusun Rencana Penjualan

Sales Forecasting sangat berguna untuk Menyusun rencana pemasaran karena prediksi yang akurat akan sangat mempengaruhi penentuan strategi pemasaran.  Sahabat Wirausaha akan membutuhkan data-data Riwayat pembelian pelanggan dan nilai kepuasan pelanggan dalam melakukan Sales Forecasting agar penjualan produk tepat sasaran. 


Metode Sales Forcasting

Dalam memprediksi penjualan di masa depan atau Sales Forecasting, maka Sahabat Wirausaha dapat menggunakan beberapa pendekatan atau metode untuk melakukan perkiraan penjualan. Beberapa metode yang dapat Sahabat Wirausaha lakukan di antaranya:

1. Historical Forecasting

Pendekatan yang paling umum digunakan untuk melakukan perkiraan penjualan atau ramalan penjualan di masa depan adalah pendekatan historis penjualan. Data historis penjualan dinilai lebih masuk akal karena memuat catatan penjualan terdahulu sehingga lebih relevan digunakan perusahaan. Meski demikian, pendekatan ini juga memiliki keterbatasan karena tren makro eksternal atau tren eksternal yang tidak disinggung dalam catatan historis terabaikan yang justru mempengaruhi juga terhadap tren pasar secara luas.

2. Pipeline Forecasting

Pipeline forecasting ini merupakan pendekatan yang memperhatikan setiap peluang yang ada dan mempertimbangkan sejumlah faktor yang diperkirakan mempengaruhi penjualan seperti usia, jenis transaksi, dan tahap transaksi. Data ini kemudian dapat dianalisis agar Sahabat Wirausaha dapat meninjau peluang dan menetapkan strategi penjualan secara lebih akurat. Kelemahan metode ini adalah bahwa Sahabat Wirausaha memerlukan kualitas data yang akurat agar analisis penjualan lebih tepat sasaran.

3. Sales Cycle Forecasting

Sales cycle forecasting atau siklus penjualan merupakan rangkaian langkah-langkah yang diterapkan dalam penjualan. Semakin cepat siklus selesai atau semakin pendek siklus penjualannya maka semakin cepat perusahaan menghasilkan uang. Memahami siklus ini berguna untuk memahami sejauh mana potensi dan efektifitas sebuah kebijakan berjalan atau potensi closing dalam setiap siklus penjualan.

Baca Juga: Punya Gerai Dimana-Mana, Membedah Strategi Bisnis Janji Jiwa di Pasar Minuman Kekinian


Langkah-langkah Sales Forecasting

Melalui sales Forecasting, Sahabat Wirausaha dapat memperoleh pandangan yang lebih mudah dalam menentukan potensi penjualan di masa depan. Meramal penjualan kedepannya lewat data memerlukan pendekatan yang sistematis dan analitis. Berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat Sahabat Wirausaha ikuti:

1. Identifikasi Produk yang akan Dijual

Poin terpenting dalam berbisnis adalah Sahabat Wirausaha sudah mengidentifikasi produk yang akan dijual. Setiap produk atau layanan harus ditentukan harga jual dan variabel penjualan untuk kemudian dianalisis melalui sales forecasting. 

2. Kumpulkan Data Historis

Sahabat Wirausaha dapat mulai mulai melakukan Sales Forecasting dengan mengumpulkan data penjualan historis Sahabat Wirausaha. Ini termasuk data penjualan bulanan atau tahunan untuk produk atau layanan tertentu yang ingin Sahabat Wirausaha prediksi. Metode ini dikenal juga dengan historical forecasting.

3. Analisis Data

Sahabat Wirausaha dapat menggunakan perangkat lunak analisis data atau spreadsheet untuk menganalisis pola penjualan historis Sahabat Wirausaha. Hal itu akan memudahkan kita dalam mengIdentifikasi tren musiman, tren jangka panjang, dan pola fluktuasi lainnya dalam data Sahabat Wirausaha.

4. Pilih Metode Sales Forecasting

Sahabat Wirausaha dapat menggunakan beberapa metode Sales Forecasting untuk memudahkan dalam melakukan analisis agar ramalan penjualan bisa lebih akurat. Ini akan memberi Sahabat Wirausaha perkiraan tentang jumlah penjualan yang diharapkan berdasarkan pola dan tren historis

5. Monitor dan Evaluasi

Setelah Sahabat Wirausaha membuat ramalan, terus awasi dan monitoring penjualan aktual dan bandingkan dengan ramalan Sahabat Wirausaha. Hal ini akan membantu Sahabat Wirausaha memperbarui dan meningkatkan efektivitas dan akurasi Sales Forecasting Sahabat Wirausaha seiring waktu.

Baca Juga: Cara Menentukan Segmentasi Pasar untuk Maksimalkan Keuntungan, Pelajari Informasi Penting Ini

6. Gunakan Alat Perkiraan Penjualan

Sahabat Wirausaha data menggunakan beberapa alat yang dapat membantu memperkirakan penjualan di masa mendatang. Beberapa diantaranya menggunakan kecerdasan buatan dalam membantu dan mengidentifikasi pola penjualan dan membantu memprediksi penjualan di masa mendatang. Alat perkiraan itu seperti Weflow,  Gong.io, Anaplan dan berbagai alat perkiraan penjualan lainnya.

7. Faktor-faktor Eksternal

Selain data penjualan historis, Sahabat Wirausaha juga perlu pertimbangkan faktor-faktor eksternal seperti tren pasar, perubahan harga pesaing, perubahan dalam kebijakan pemerintah, dan lainnya yang dapat memengaruhi penjualan Sahabat Wirausaha.

Membuat perkiraan penjualan merupakan skill yang harus dimiliki perusahaan agar penjualan dapat terus berkembang dan strategi penjualan dapat terus relevan dalam menopang perusahaan. Dengan menggunakan beberapa alat analisis pasar, data historis dan alat perkiraan penjualan, Sahabat Wirausaha dapat meningkatkan keakuratan sales forecasting.

Sahabat Wirausaha juga perlu bersikap lebih fleksibel dalam melihat kebutuhan pasar dan relevansinya dengan produk yang Sahabat Wirausaha tawarkan

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan menggunakan data secara efektif, Sahabat Wirausaha dapat membuat ramalan penjualan yang lebih akurat untuk bisnis Sahabat Wirausaha. Selalu penting untuk mengikuti perkembangan terbaru dan memperbarui model Sahabat Wirausaha sesuai kebutuhan.

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi:

  1. https://www.getweflow.com/blog/sales-forecasting-tools
  2. https://www.hashmicro.com/id/blog/sales-forecasting-akurasi/
  3. https://terralogiq.com/sales-forecasting/
  4. https://myrobin.id/untuk-bisnis/apa-itu-sales-forecasting/
  5. https://accurate.id/marketing-manajemen/sales-forecast/
  6. https://glints.com/id/lowongan/sales-forecasting-adalah/