Cara Memulai Bisnis Kosmetik – Tahukah Sahabat Wirausaha, dilansir dari statista.com, pasar kosmetik Indonesia saat ini sedang berkembang pesat loh. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan pasar kosmetik tersebut adalah meningkatnya permintaan konsumen untuk produk kecantikan halal. Data statistik juga menunjukkan bahwa pendapatan pasar kosmetik Indonesia di tahun 2024 mencapai sekitar 29,68 triliun rupiah.

Nah, menarik bukan? Jika iya, maka Sahabat Wirausaha perlu mengetahui terlebih dahulu, apa itu kosmetik dan bagaimana cara memulai bisnis kosmetik di Indonesia. Yuk, simak ulasannya berikut ini.


6 Cara Memulai Bisnis Kosmetik di Indonesia

Dilansir dari readmore.id, definisi kosmetik menurut Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat yaitu produk yang digunakan pada tubuh manusia dengan tujuan untuk membersihkan, mempercantik, meningkatkan daya tarik, atau mengubah penampilan tanpa mempengaruhi struktur maupun fungsi tubuh. Dengan demikian, produk skincare seperti pelembap, pembersih, dan serum juga dianggap sebagai kosmetik loh, karena digunakan untuk mempercantik dan merawat kulit.

Nah, untuk memulai bisnis kosmetik di Indonesia, Sahabat Wirausaha perlu menerapkan beberapa langkah praktis berikut ini.

1. Lakukan Analisis Pasar Dengan Cermat

Langkah pertama dalam cara memulai bisnis kosmetik adalah melakukan analisis pasar khusus untuk pasar kecantikan Indonesia. Identifikasi target pasar, pelajari tentang kelemahan dan keunggulan pesaing, pahami tren kosmetik terkini, dan bagaimana preferensi (minat) konsumen terhadap kosmetik. Langkah ini dikenal dengan riset pasar.

Contoh Analisis Pasar:

Sahabat Wirausaha mengidentifikasi target pasar berdasarkan kategori usia, jenis kelamin, dan jumlah pendapatan. Untuk bisnis kosmetik, target pasar ideal adalah wanita dengan rentang usia antara 18 hingga 45 tahun, merupakan kaum pelajar dan profesional (pegawai kantoran), serta berlokasi di daerah perkotaan seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Untuk memahami pesaing, kumpulkan informasi mengenai produk-produk kosmetik (makeup maupun skincare) yang dijual, berapa harga yang ditetapkan, dan bagaimana cara mereka memasarkan produk-produk tersebut. Kemudian, apakah pesaing hanya berjualan di toko saja, ataukah berjualan secara online juga?

Sementara untuk memahami tren pasar, evaluasi apakah target pasar tersebut lebih menyukai produk halal, ramah lingkungan, atau produk umum lainnya. Selanjutnya, apakah mereka lebih menyukai produk lokal atau produk asal Korea. Untuk memperoleh data seperti ini, Sahabat Wirausaha dapat menyusun dan menyebarkan survei secara online.

Baca Juga: Mau Bikin Brand Kosmetik? Inilah 6 Perusahaan Maklon Kosmetik di Indonesia

2. Persiapkan Modal Yang Sesuai

Langkah kedua dalam cara memulai bisnis kosmetik adalah mempersiapkan modal yang cukup. Untuk memulainya, dibutuhkan kisaran Rp20 juta hingga Rp50 juta rupiah bagi Sahabat Wirausaha sebagai biaya awal. Biaya ini akan digunakan untuk segala keperluan, mulai dari riset, perizinan usaha, legalitas, produksi, hingga promosi produk. 

3. Daftarkan Perizinan Bisnis

Langkah selanjutnya dalam cara memulai bisnis kosmetik adalah mendaftarkan bisnis Sahabat Wirausaha secara resmi. Sebagai syarat hukum untuk memulai bisnis kosmetik, Sahabat Wirausaha wajib memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), serta lisensi atau izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca Juga: Cara Daftar Izin Edar BPOM Kosmetik, Ketahui Syarat, Alur, dan Biayanya!

4. Pastikan Jaminan Keamanan Produk

Langkah ketiga, pastikan keamanan produk kosmetik yang kita perjualbelikan terjamin. Caranya yaitu pastikan bahwa semua produk kosmetik yang dijual telah memenuhi standar keamanan dan kualitas yang baik sesuai aturan BPOM Indonesia. Pastikan juga bahwa tanggal kadaluarsa dari setiap produk sudah tersedia, serta pengemasan produk tersebut dijamin aman dan tidak rusak.

5. Susunlah Strategi Pemasaran Yang Efektif

Langkah selanjutnya dalam cara memulai bisnis kosmetik adalah menyusun strategi pemasaran. Sahabat Wirausaha perlu mempersiapkan saluran pemasaran (online maupun offline). Manfaatkan pemasaran berbasis digital, kemudian berkolaborasilah dengan para influencer di bidang kecantikan untuk membangun kesadaran merek (brand awareness) sehingga bisnis kosmetik Sahabat Wirausaha semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Baca Juga: Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Merek Produk Kosmetik

6. Perhatikan Selalu Kepuasan Pelanggan

Langkah terakhir dalam cara memulai bisnis kosmetik adalah melayani pelanggan secara optimal. Salah satu kunci sukses dari suatu bisnis adalah kepuasan pelanggan. Jadi, layanilah pelanggan secara profesional. Bagaimana caranya? Misalnya, menangani keluhan pelanggan dengan ramah dan cepat, menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pengikut di media sosial, merespon pesan maupun telepon dengan cepat, serta membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan.

Nah, demikian ulasan mengenai 6 cara memulai bisnis kosmetik di Indonesia. Mulai dari riset pasar, pengembangan produk, pendaftaran bisnis secara resmi, menjamin keamanan produk, menyusun strategi pemasaran, hingga memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Cukup praktis, bukan? Tunggu apa lagi? Yuk, terapkan 6 cara tersebut.

Jika tulisan ini bermanfaat, silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi Web : ebisnis.co.id, statista.com

Referensi Youtube : Hani Kosmetik