AQUA merupakan merek air minum yang sudah begitu familiar di telinga masyarakat seantero Indonesia. Sebagai salah satu brand air mineral terkemuka, kesuksesannya tidak lepas dari strategi pemasaran yang mampu menjangkau masyarakat luas hingga saat ini. Kira-kira bagaimana strategi AQUA dalam menguasai air mineral di Indonesia? ini dia ulasan sejarah singkat perkembangan AQUA dan strategi pemasarannya!


Sejarah Kelahiran AQUA

Merek dagang AQUA dimiliki oleh PT. AQUA Golden Mississippi Tbk yang didirikan oleh Tirto Utomo tahun 1973 dan merupakan bagian dari Grup Danone. Perusahaan ini pada awalnya bergerak di bidang pengemasan dan distribusi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan merek Ades.  

Pada tahun 1980, PT. Golden Mississippi merubah nama mereknya menjadi AQUA. Sejak diluncurkan, penjualan produk dengan merek baru ini terus melonjak naik sehingga pada tahun 1998, Grup Danone, sebuah perusahaan multi-internasional, membeli mayoritas saham PT. Golden Mississippi. 

Baca Juga: Rintis Bisnis dari Halaman Rumah, Begini Kisah Ale Garden Memulai dan Mengembangkan Bisnis Bonsai


Strategi Pemasaran Produk AQUA

Sejak launching tahun 1980 hingga saat ini, AQUA menunjukkan bahwa brand mereka telah mampu mempertahankan dan menguasai pasar air mineral. Inovasi dan pengembangan produk juga dilakukan seperti menghadirkan produk air mineral dalam kemasan galon, kemasan botol praktis, hingga AQUA Reflections sehingga terus eksis sampai saat ini. Menguasai pasar lokal selama puluhan tahun bukanlah hal yang mudah. Karenanya, banyak yang kemudian menjadi penasaran,strategi pemasaran apa yang mereka gunakan? Simak pembahasan lengkapnya berikut!

1. Slogan yang Menarik dan Mudah Diingat

Salah satu strategi pemasaran yang diterapkan AQUA untuk menaikkan branding adalah dengan menggunakan slogan yang menarik dan mudah diingat. Citra dan pesan yang ingin ditampilkan melalui slogan berhasil menarik minat konsumen sehingga juga meningkatkan kepercayaan konsumen.

Terdapat beberapa slogan yang digunakan AQUA, salah satu yang pertama diluncurkan adalah kalimat Apapun Aktivitasmu, AQUA dulu”. Slogan ini mudah diingat, menarik, dan relatif singkat. Tak hanya itu, sifatnya juga efektif dalam branding AQUA sebagai merek air minum yang terbaik dan terpercaya. 

Slogan yang mudah diingat juga membantu membangun brand awareness atau kesadaran merek di kalangan konsumen sehingga mereka lebih mudah mengingat merek dan produk AQUA ketika ingin membeli air minum dalam kemasan. AQUA kemudian menciptakan slogan lainnya seperti “Air Untuk Semua” dan “Ada AQUA” yang, sama dengan sebelumnya, terbukti berhasil meningkatkan penjualan mereka di pasar Indonesia. 

2. Menawarkan Produk Berkualitas

Strategi pemasaran AQUA yang lain adalah kualitas produk yang selalu konsisten di atas rata-rata. Citra yang selalu ditonjolkan oleh AQUA adalah produk air minum yang berasal dari sumber mata air yang terpilih dan memiliki 3 perlindungan untuk menjaga kualitasnya. Pertama,  AQUA berkomitmen untuk melindungi ekosistem sumber airnya dan memastikan bahwa tidak ada aktivitas manusia yang merusak lingkungan di sekitar sumber air. Lewat pernyataan ini, mereka memastikan bahwa AQUA terjaga keaslian air mineralnya dan tidak tercemar. 

Kedua, yakni menjaga keamanan mineral pada air mineralnya. Dalam arti bahwa aku tidak menambahkan bahan kimia atau zat lain sehingga kualitas dan kandungan mineral dalam AQUA tetap terjaga. Ketiga, yakni AQUA menjaga produk secara seksama hingga ke tangan konsumen. AQUA menonjolkan penggunaan teknologi modern dan inovatif yang menjamin bahwa kualitas air tetap terjaga dari proses produksi hingga sampai ke tangan konsumen. 

Melalui cara tersebut, air mineral AQUA mampu membangun citra produk yang berkualitas dan terpercaya di mata konsumen sehingga upaya ini meningkatkan kepercayaan dan minat konsumen dalam mengkonsumsi AQUA dibandingkan produk air mineral dalam kemasan lainnya.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh! Peluang Bisnis Tutup Botol Ternyata Bisa Cuan Ratusan Juta

3. Menawarkan Variasi Kemasan 

Strategi lainnya yang digunakan AQUA adalah meningkatkan citra mereknya di kalangan konsumen dengan terus mengeluarkan inovasi-inovasi terbaru terutama dalam bentuk variasi kemasan. 

AQUA menyediakan air mineral dalam kemasan botol kecil, sedang, atau besar, bahkan dalam kemasan galon. Hal ini merupakan upaya AQUA dalam memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen sehingga mampu menjangkau berbagai segmen pasar. 

Selain itu dalam kemasan produknya, AQUA juga mengedepankan kemasan produk yang ramah lingkungan sehingga sesuai dengan program ramah lingkungan yang sedang disuarakan oleh banyak orang.  Sehingga strategi inovasi berbagai kemasan ini merupakan salah satu strategi yang paling efektif dalam meningkatkan daya tarik produk dan memenuhi kebutuhan konsumen.

4. Harga Yang Terjangkau

Strategi lainnya yang digunakan adalah penetapan harga produk yang terjangkau. Banyaknya inovasi kemasan juga memungkinkan banyaknya atau variasinya harga yang diterapkan oleh AQUA baik dalam kemasan kecil, botol yang berukuran 330 ML atau 600 ml. Penetapan harga yang terjangkau juga memungkinkan AQUA dapat menjangkau pasar yang lebih luas, baik masyarakat dengan segmen pendapatan rendah maupun tinggi. Adapun kisaran harga AQUA yang beredar di masyarakat adalah di antara Rp3.500 (600 ml), Rp3.000 - Rp5.000 (1500 ml) hingga Rp 20.000 (Galon 19 liter).

5. Distribusi Yang Luas

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh AQUA salah satunya juga jangkauan distribusi yang luas. Upaya ini merupakan tujuan dari AQUA agar mampu mencapai target pasar yang lebih besar. Dalam upaya mencapai target tersebut, AQUA telah membangun jaringan distribusi yang  terintegrasi di seluruh Indonesia, sehingga kita dapat mudah menemukan produk AQUA di berbagai toko-toko, minimarket, warung, kios, hingga pedagang kaki lima. AQUA tidak hanya bekerja sama dengan distributor besar, namun juga dengan distributor-distributor kecil yang memasarkan produk mereka di berbagai segmen masyarakat.

Baca Juga: Ingin Produk Laris Manis? Yuk Pelajari 11 Teknik Sense of Urgency Supaya Konsumen Kebelet Belanja!

6. Sistem Promosi

 Strategi pemasaran lainnya yakni sistem promosi dan kerjasama yang dilakukan AQUA terutama di media sosial juga membuktikan bahwa aku juga aktif memasarkan produknya melalui berbagai platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube. Beberapa cara-cara yang dilakukan AQUA dalam teknik promosi di media  sosial, yaitu:

  1. Membuat konten yang menarik. Konsistensi AQUA juga dapat dilihat dari bagaimana AQUA aktif dalam mempromosikan dan memposting tentang manfaat air minum yang sehat dan segar sebagaimana slogan AQUA 
  2. Menggunakan influencer. AQUA menggunakan influencer sebagai upaya mengenalkan dan mempromosikan produk mereka sehingga dapat menghasilkan testimoni positif yang mampu meningkatkan ketertarikan  dan loyalitas konsumen.
  3. Promosi lainnya adalah dengan AQUA mengikuti trend di sosial media sehingga mampu  update tren konsumen agar mampu memperluas jangkauan dan menarik perhatian konsumen baru
  4. Menggunakan fitur iklan merupakan salah satu strategi pemasaran AQUA. Maka dari itu, iklan-iklan AQUA banyak muncul baik di TV maupun media sosial.

7. Pemasaran Melalui E-Commerce

AQUA tidak hanya menyasar pemasaran dari segi offline melainkan juga secara online melalui platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan berbagai platform lainnya yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah menemukan produk AQUA.

8. Kerjasama dengan Artis

Strategi pemasaran lainnya yang digunakan oleh AQUA adalah dengan menjalin kerjasama dengan berbagai selebriti ternama. Beberapa artis yang sudah bekerja sama dengan AQUA seperti Raisa, Enzy Storia, dan Hesti Purwadinata.  Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan loyalitas konsumen dan meningkatkan citra dan minat konsumen AQUA agar tetap mempertahankan posisinya sebagai merek air minum yang terkemuka di Indonesia.

9. Sistem Sponsorship yang Luas

Sistem sponsorship menjadi salah satu strategi pemasaran AQUA untuk mengenalkan produk ke berbagai kalangan. AQUA bekerjasama dengan berbagai event besar seperti konser musik,  festival olahraga, dan bahkan kegiatan sosial. Sehingga masyarakat akan dengan mudah dan familiar dengan pamflet dan baliho yang terpampang logo AQUA di berbagai event tersebut. Upaya ini merupakan strategi AQUA untuk menyasar dan memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap AQUA. 

Strategi di atas merupakan strategi pemasaran produk Air Minum AQUA. Meski telah banyak muncul berbagai merek lain dalam bentuk air minum dalam kemasan. AQUA telah membuktikan mampu menjaga stabilitas citra dan loyalitas konsumennya hingga menjadi merek air minum terkemuka di Indonesia. 

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi:

  1. https://bithourproduction.com/blog/inilah-strategi-pemasaran-produk-AQUA/
  2. https://www.kompasiana.com/ch1k4fusa/57030a502e9773ff04d6b940/manajemen-strategi-pemasaran-pt-danone-AQUA?page=all&page_images=1
  3. https://yokesen.com/id/detail-blog/strategi-digital-branding-danone-AQUA-merebut-pasar-melalui-csr