UKM Indonesia

Peluang Pasar : Angkringan



C:\Users\JX\Downloads\Nongkrong_Asyik_di_Angkringan_Joss_Bandung_2.original.jpg

Gambar diambil dari : https://ipqi.org/

Sahabat wirausaha, persaingan bisnis di era globalisasi ini telah membuat berbagai perusahaan berlomba untuk merebut dan mempertahankan pangsa pasarnya. Dinamika persaingan bisnis yang semakin sulit membawa implikasi pada upaya yang berkesinambungan agar produk dapat sampai ke konsumen diwaktu yang tepat, tempat yang tepat, pada orang yang tepat dan harga yang tepat.

Kondisi inilah yang memaksa berbagai perusahaan untuk menemukan berbagai strategi yang tepat untuk mencapai keunggulan kompetitif, dengan harapan perusahaan dapat mempertahankan pasarnya dan memenangkan persaingan. Dalam menjalankan suatu bisnis, penting untuk mengetahui tentang gambaran pasar sebelum memasarkan produk yang ditawarkan. Hal ini bertujuan untuk dapat memilih target dengan tepat sebagai pembeli dari produk yang ditawarkan atau sebagai pengguna layanan bisnis yang ditawarkan. Oleh karena itu, mari kita pelajari sedikit tentang pasar dalam bidang bisnis sebelum membahas tentang peluang pasar bisnis angkringan

APA ITU PASAR?

Pada dasarnya pasar merupakan tempat untuk melakukan transaksi antara pembeli yang membutuhkan suatu produk atau jasa dengan penjual yang menawarkan produk atau jasa tertentu. Ternyata, pasar terdiri atas pasar bisnis dan pasar konsumen. Pasar bisnis adalah semua organisasi yang memperoleh barang dan jasa yang akan digunakan untuk memproduksi barang dan jasa lain yang kemudian barang dan jasa tersebut akan dijual kembali kepada pihak lain (Fauzi, 2020).

Sedangkan pasar konsumen adalah kumpulan pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsi, bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut. Biasanya yang menjadi pembeli di pasar konsumen adalah pembeli individual atau ibu rumah tangga (Fauzi, 2020).

Pasar bisnis dan pasar konsumen memiliki beberapa perbedaan yaitu pembeli pasar bisnis lebih sedikit dibandingkan dengan pasar konsumen karena pasar bisnis tidak menjual produk kepada konsumen akhir melainkan kepada distributor. Kedua, pasar bisnis memiliki hubungan yang lebih dekat dengan pemasok karena pemasok tidak ingin kehilangan konsumen sedangkan perusahaan ingin mendapatkan penawaran dan produk terbaik dari para pemasok. Dan yang terakhir, permintaan pasar bisnis tidaklah elastic karena pasar bisnis akan mempertimbangkan jumlah produksi mereka yang terikat dengan demand konsumen (Fauzi, 2020).

Setelah kita mengetahui sedikit tentang pasar, sekarang yang perlu kita ketahui adalah pada tiap pasar akan memiliki peluang tersendiri. Sebagai pebisnis, untuk dapat sukses dalam memasarkan produknya dalam pasaran, ia harus dapat menganalisis keadaan pasar dengan baik sehingga dapat tercipta peluang dalam pasar tersebut.

APA ITU ANALISIS PELUANG PASAR?

Peluang adalah situasi penting yang menguntungkan dalam lingkungan perusahaan. Situasi yang menguntungkan ini bisa berupa perkembangan teknologi, perubahan perilaku konsumen, dan faktor eksternal lainnya (David, 2005). Dan definisi dari pasar sendiri telah dijelaskan sebelumnya, sehingga yang dimaksud dengan peluang pasar adalah kumpulan pembeli aktual dan potensial yang berpotensi menguntungkan perusahaan untuk meraih sasaran strateginya yakni mendapat laba yang maksimal. Pembacaan yang tepat akan peluang pasar akan membuat perusahaan juga dapat dengan tepat merumuskan strategi dalam menyikapi pasar.

Perusahaan sanggup meningkatkan kepuasan pembeli aktual dan mampu memetakan mana pembeli potensial yang bisa mendatangkan tingkat pelanggan baru bagi perusahaan. Sedangkan analisis perusahaan pasar adalah proses riset terhadap faktor-faktor lingkungan eksternal yang mempengaruhi kegiatan usaha perusahaan tersebut. Lingkungan eksternal merupakan kekuatan yang tidak dapat dikendalikan, sehingga perusahaan harus menyesuaikan diri, dan juga menghasilkan ancaman dan peluang. Perusahaan harus berhati-hati dalam menganalisis lingkungannya sehingga dapat menghindari ancaman dan mengambil manfaat dari peluang (Kotler, 2008).

SEBERAPA PENTINGNYA ANALISIS PELUANG PASAR?

Sahabat wirausaha pasti banyak yang bertanya-tanya mengapa perlu untuk melakukan analisis peluang pasar? Padahal jika ingin membuka usaha, ya tinggal buka saja selama punya modal, bukan? Yuk, mari kita simak sebagai berikut.

Secara umum, manfaat yang bisa didapatkan dari analisis pasar adalah dapat memberikan gambaran mengenai target dari pemasaran suatu produk yang dijual sehingga perusahaan akan lebih mudah mendapatkan konsumen. Kemudian, dapat mengetahui tentang kelemahan dan kelebihan dari pesaing bisnis sehingga perusahaan dapat melakukan pengembangan posisi produk dan strategi pemasaran marketing untuk setiap produk yang bersangkutan.

Selanjutnya, dapat mengetahui peluang apa yang masih jarang persaingannya dan memiliki prospek yang baik untuk kedepannya sehingga dapat mengurangi resiko yang dapat terjadi mulai dari kegagalan produk hingga resiko gagal bisnis dan dapat menyusun langkah-langkah jangka panjang ke depannya dalam menjalankan bisnis. Tidak hanya itu, dengan melakukan analisis pasar, kita juga dapat memunculkan ide-ide baru yang mungkin dapat menjadi viral di pasaran sehingga dapat memperoleh keuntunggan yang lebih cepat dibandingkan dengan tanpa melakakuan analisis pasar (Mekari, 2021).

Sahabat wirausaha sudah mengetahuian gimana pentingnya peluang pasar dan tindakan analisisnya. Untuk lebih mudah lagi memahami hal tersebut, mari kita lihat contoh kasus angkringan di bawah ini.

APA ITU ANGKRINGAN?

Istilah angkringan berasal dari bahasa Jawa, angkring yang berarti alat dan tempat jualan makanan keliling yang pikul serta berbentuk melengkung ke atas. Selain melengkung, angkringan juga ada yang berbentuk gerobak dorong. Angkringan menjual berbagai macam makanan dan minuman di pinggir jalan. Gerobak angkringan biasanya ditutupi dengan kain terpal plastik untuk melindungi dari hujan. Satu gerobak angkringan bisa memuat sekitar 8 orang pembeli.

Namun sering kita jumpai angkringan yang menyediakan tambahan tikar atau kursi untuk pembeli yang ramai. Angkringan biasanya beroperasi mulai sore hingga malam hari, bahkan ada beberapa yang sampai pagi hari. Beberapa angkringan yang masih tradisional, senter menjadi kitalan dalam penerangan. Makanan yang dijual di angkringan biasanya meliputi nasi kucing, gorengan, sate usus (ayam), sate telur puyuh, rambak dan aneka pelengkap hidangan lainnya. Minuman yang yang disediakan biasanya teh, jeruk, wedang jahe, kopi, tape dan susu (Admin, 2019).

KENAPA HARUS ANGKRINGAN?

Mungkin sekarang ini bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang mewabah di negeri ini. Dari bisnis ini telah banyak tercipta jutawan-jutawan berkat menuai kesuksesan dalam menjalankan bisnisnya. Berdasar hasil riset Statista, pendapatan bisnis kuliner diprediksi mengalami peningkatan sebesar 10,79% hingga 2025.

potensi pendapatan ide bisnis makanan

Bisnis kuliner sendiri memang cukup luas dan banyak jenisnya. Bisnis angkringan bisa jadi menjadi peluang yang bagus dalam bidang kuliner ini. Bisnis angkringan memang kian popular dan diminati oleh masyarakat Indonesia.

Bisnis kuliner dengan mengungsung konsep tradisional ini kian merajalela. Membuka bisnis angkringan memang merupakan solusi bagi seseorang untuk memiliki sebuah usaha kulier dengan modal terbatas. Namun dengan modal yang kecil bukan berarti bisnis angkringan tidak mampu mendatangkan untung yang besar. Bisnis angkringan merupakan bisnis yang dapat melipatkan kentungan. Dimana bisnis angkringan yang menjajakan makanan selalu dibutuhkan juga dicari oleh banyak orang.

Banyak masyarakat yang tertarik untuk makan di angkringan lantaran suasana yang berbeda, nyaman serta harga makanan yang dijual lebih terjangkau. Hal inilah yang membuat peluang dari bisnis angkringan sangat potensial untuk digali lebih dalam. Prospek dari bisnis angkringan bisa dikatakan sangat bagus, dimana dari waktu ke waktu bisnis ini tumbuh subur. Meski persaingan antara pelaku asaha angkringan terus meningkat namun tak membuat jumlah pengunjunag angkringan makin sepi. Potensi bisnis angkringan memang dikatakan sangat menjanjikan sehingga peluang bisnis ini dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya.

BAGAIMANA PELUANG BISNIS ANGKRINGAN?

Peluang untuk bisnis angkringan terbilang sangat bagus dan sangat cerah. Bisnis angkringan menjadi suatu pilihan bisnis rumah makan angkringan yang menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik menekuni bisnis tersebut. Peluang untuk bisnis rumah makan angkringan-angkringan masih terbuka lebar serta sangat menguntungkan oleh siapa saja.

Prospek dalam bisnis angkringan dapat dikatakan sangat cemerlang dan menguntungkan. Dimana melalui bisnis angkringan dapat mendatangkan keuntungan bombastis. Bisnis yang bergelut dengan olahan angkringan memiliki prospek sangat bagus dalam jangka ke depan. Bisnis angkringan yang sejak dahulu tumbuh hingga sekarang masih berkembang juga tak pernah sepi akan konsumen.

Ketika menjalankan bisnis angkringan memang dapat dimulai dengan langkah mudah dan gampang. Dalam menjalankan bisnis angkringan bisa dijalankan dalam kebutuhan modal kecil. Yang mana berkecinampungan bisnis angkringan bisa dilakukan dengan skala rumahan menggunakan modal yang tidak besar. Bisnis angkringan ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang yang ingin menginginkan bisnis rumah makan angkringan menguntungkan tersebut. Bagi siapa saja ingin menjalankan bisnis angkringan sangat mudah, proses produksi angkringan mudah juga laba menguntungkan.

Konsumen angkringan memang tidaklah sulit, suguhan sensasi nikmat yang disajikan angkringan mampu memikat banyak orang. Konsumen angkringan cukup besar dan tak terbatas mulai kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Dalam menjalankan bisnis angkringan memerlukan bahan baku untuk menu dalam pembuatannya. Untuk membuat angkringan yang nikmat membutuhkan bahan baku yakni nasi, ayam, daging, ikan, tahu, tempe, sayuran, bumbu-bumbu, minuman teh dan jeruk dan lainnya. Untuk mencari bahan baku menu angkringan bisa dijumpai di toko, pasar atau supermarket terdekat.

Dalam bisnis angkringan membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya gerobak, mesin angkringan, pan, kompor gas, wadah, nampan, serbet, piring, sendok, spatula dan peralatan lainnya. Dalam berjualan angkringan, kita bisa menentukan pilihan lokasi yang tepat, strategis dan ramai. Bisnis angkringan dapat membuka gerai, stand atau kios di pinggiran jalan, dekat sekolah, dekat rumah sakit, taman kota, kampus dan lainnya.

Karyawan dalam menjalankan bisnis angkringan bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan. Patokan harga untuk menu angkringan dapat kita buat dalam hitungan per porsi dimana harga mulai Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Pemasaran bisnis angkringan bisa dilakukan dengan membuat angkringan yang enak dan berbeda. Selain itu dapat memanfaatkan promosi rumah makan angkringanangkringan dari media sosial baik faceboook, path, whats app, bbm, instagram dan lainnya. Juga dapat pula menjalankan strategi pemasaran angkringan lewat menyebarkan berbagai brosur (Admin, 2021).

KEUNTUNGAN APA SAJA YANG DIDAPAT DARI BISNIS ANGKRINGAN?

Keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis ini kurang lebih berkisar 5 juta rupiah Tentu saja angka yang cukup fantastis di dapatkan dari hasil jualan yang lapaknya sederhana hanya berada di pinggir toko atau lahan kosong seadanya. Apabila hasil penjualannya konsisten, maka modal awal yang kita keluarkan bisa langsung kita kembalikan. Dengan hasil keuntungan tadi, kita bisa membuat usaha kita semakin maju dan berkembang (Admin, 2018)

KERUGIAN APA SAJA YANG DAPAT TERJADI DARI BISNIS ANGKRINGAN?

Sama seperti jualan lain pada umumnya, keuntungan yang didapat tidak terus menerus sesuai dengan yang diharapkan. Ada kalanya lapak sepi bahkan hanya beberapa orang yang membeli. Namun pasti ada kalanya juga pembeli lebih ramai ketimbang yang di harapkan. Laris atau sepinya pengunjung yang membeli menjadi hal yang wajar dalam berdagang. Terutama bagi kita yang masih menjadi pemula dalam berdagang angkringan pasti tidak langsung ramai pembeli. Namun, tidak usah berkecil hati karena usaha yang telah dilakukan akan membuahkan hasil (Admin, 2018).

GIMANA TIPS UNTUK MENJALANKAN BISNIS ANGKRINGAN?

Wah, setelah mengetahui peluang pasar angkringan ini, apakah dari Sahabat wirausaha sekalian sudah ada yang tertarik untuk memulai bisnisnya sendiri?

Nah, jika sudah ada, silahkan dibaca dan dicoba tips untuk menjalankan bisnis angkringan ini agar ke depannya bisnis teman-teman bisa sukses ya! Tips yang dapat dilakukan adalah pertama menentukan target pasar yang dituju. Usaha angkringan ini bisa memilih sasaran pasar kalangan menengah atas. Pada umunya pengunjung yang sering datang ke angkringan adalah kalangan mahasiswa, karyawan dan lain-lain. Kedua, memilih lokasi usaha yang sesuai dengan target pasaran. Lokasi usaha yang cocok untuk menjalankan usaha angkringan adalah lokasi usaha yang dekat dengan keramain, jadi akan memudahkan pengunjung yang akan datang ke angkringan hanya untuk sekedar nongkrong maupun untuk menikmati hidangan yang kita buat.

Untuk memberikan kenyamanan kepada konsumen kita, maka kita harus mendesain ruangan kita semenarik mungkin. Ketiga, mencari karyawan. Kita dapat mencari karyawan yang supel yang bisa diajak untuk berdiskusi. Keempat, memberikan fasilitas untuk pengunjung. Fasilitas yang diberikan dapat berupa kebersihan, kenyamanan, area parkir yang luas, wifi, toilet, televisi, dan lain sebagainya.

Dan yang terakhir adalah melengkapi makanan. Makanan yang tersedia di angkringan memang banyak diminati dan menjadi daya tarik tersendiri. Kita dapat menjual makanan buatan kita sendiri ataupun menjual makanan titipan dari orang lain (Admin, 2015).

KESIMPULAN

Dari beberapa penjelasan di atas, kita sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan pasar dalam dunia bisnis kemudian bagaimana cara melihat peluang dalam pasar dan alasan mengapa penting untuk dilakukan analisis pasar. Selain itu juga diberikan satu contoh kasus bisnis angkringan untuk menggambarkan peluangnya dalam pasar.

Setelah mengetahui itu semua, Sahabat wirausaha ada yang tertarik untuk membuka usaha angkringan? Lebih banyak keuntungan yang bisa didapatkan loh daripada kerugiannya? Kapan lagi bisa buka usaha dengan modal sedikit, tapi menghasilkan keuntungan yang berkali-kali lipat, hayoo!

Oke, Sahabat wirausaha terimakasih telah membaca dan menyimak artikel ini ya! Penulis berharap agar artikel ini memberikan manfaat yang banyak bagi teman-teman yang telah membaca artikel ini dan semoga tips yang penulis berikan untuk menjalankan bisnis angkringan dapat memberikan kesuksesan juga bagi usaha angkringan teman-teman semua.. Penulis minta maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan atau ada kesalahan dalam penulisan. See you on top, teman-teman semua!



Referensi :

Admin. (2018, 06). Analisa Peluang Usaha Angkringan (Perhitungan Modal dan Keuntungan). Retrieved 12 22, 2021, from Lokerpns.web.id: https://www.lokerpns.web.id/2018/06/peluang-usaha-...

Admin. (2019, 04 10). Angkringan, Pilihan Konkret Semua Kalangan. Retrieved 12 22, 2021, from KAGAMA.co: http://kagama.co/2019/04/10/angkringan-pilihan-kon...

Admin. (2021). Peluang Bisnis Angkringan dan Analisa Bisnisnya. Retrieved 12 22, 2021, from Toko Mesin Maksindo: https://www.tokomesin.com/peluang-bisnis-angkringa...

Admin. (2015). Peluang Usaha Angkringan Yang Cemerlang. Retrieved 12 22, 2021, from Pengusahasukses.com: http://www.pengusahasukses.com/peluang-usaha-angkr...

David, F. R. (2005). Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat.

Fauzi, A. (2020, 11 15). Pasar Bisnis : Pengertian, Faktor, dan Proses Pembelian Terlengkap. Retrieved 12 22, 2021, from Rajamanajemen.com: https://www.rajamanajemen.com/analisa-pasar-bisnis...

Fauzi, A. (2020, 11 05). Pasar Konsumen : Pengertian, Faktor, dan Proses Keputusan Pembelian. Retrieved 12 22, 2021, from Rajamanajemen.com: https://www.rajamanajemen.com/pasar-konsumen-dan-4...

Kotler, P. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Mekari. (2021). Pentingnya Analisa Pasar yang Tepat untuk Kesuksesan Bisnis. Retrieved 12 22, 2021, from Jurnal Enterpreneur: https://www.jurnal.id/id/blog/pentingnya-analisa-p...

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: