Mudah dapat pelanggan baru – Saat ini, WhatsApp Business telah menjadi salah satu “media” yang sangat bermanfaat bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam mempromosikan produk dan jasa mereka. Sementara itu, pengguna aplikasi WhatsApp sendiri telah memiliki total lebih dari 2 miliar pengguna aktif setiap minggunya di seluruh dunia, menjadikannya sebagai platform aplikasi yang sangat populer. 

Di tahun 2023 ini, sejumlah UKM di Indonesia turut menyumbang kontribusi yang cukup besar untuk Penghasilan Domestik Bruto (PDB) nasional hingga 61% dan mempekerjakan 97% dari total tenaga kerja. Selain itu, 2 dari 3 UKM di Indonesia mengatakan bahwa WhatsApp membantu bisnis mereka dalam meningkatkan akses terhadap pelanggan baru dan menambah kepuasan pelanggan. 

Dari data tersebut, tentunya Sahabat Wirausaha ingin tahu kan kira-kira seperti apa peran WhatsApp sebagai platform promosi bagi UKM? Mari kita bahas jawabannya pada artikel ini, yang dirangkum dari Sesi WhatsApp Business Summit 2023: SMB Track oleh Esther Samboh sebagai Public Policy Manager WhatsApp Indonesia. Yuk, disimak!


Data dan Inovasi Fitur WhatsApp Business 2023

Pada event WhatsApp Business Summit: SMB Track kali ini, Esther mengungkapkan bahwa pelanggan sebuah bisnis yang memiliki WhatsApp, menginginkan layanan percakapan pesan (messaging) yang sederhana dan nyaman. Hal ini dibuktikan dengan data yang disajikan olehnya, yaitu:

  • 89% pelanggan di Indonesia merasa lebih terhubung dengan sebuah bisnis yang memiliki fitur pengiriman pesan secara langsung; dan
  • 81% pelanggan di Indonesia juga cenderung berinteraksi atau membeli barang dari suatu bisnis yang dapat dihubungi dengan mengirim pesan.

Bagi para pelaku UKM, aplikasi WhatsApp juga dapat menunjang kegiatan bisnis dengan WhatsApp Business (WAB). WAB turut membantu pelaku UKM dalam menciptakan pengalaman komunikasi lewat pesan yang berharga kepada pelanggan. Adapun pengalaman tersebut dapat diwujudkan pada WA Bisnis dengan menampilkan katalog produk, jam operasional, serta fitur yang paling sering digunakan, yaitu balas cepat/quick replies.

Baca Juga: Mengenal WhatsApp Business dan Segudang Manfaatnya, Bantu UMKM Naik Kelas!

Saat ini, aplikasi WhatsApp Business sudah diunduh oleh 200 juta pengguna di seluruh dunia. Maka, yuk manfaatkan potensi dari tingginya angka tersebut untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang dapat mendorong perkembangan bisnis kita! Caranya bisa kita pelajari melalui beberapa fitur dari WA Bisnis berikut ini. 


Iklan yang Mengarahkan ke WhatsApp: Bangun Database Pelanggan Kita di WhatsApp

Pertama, kita bisa memanfaatkan fitur iklan yang mengarahkan ke WhatsApp. Iklan ini bisa dibuat dengan menambahkan tombol ajakan CTA (Call-to-Action) di iklan Facebook dan Instagram kita. Saat diklik, iklan tersebut akan membuka laman bisnis kita di WhatsApp. Iklan yang mengarahkan ke WhatsApp dapat ditempatkan di Facebook dan Instagram (Beranda, Cerita/Story, dan Marketplace) dan membantu mendukung tujuan bisnis yang akan dikembangkan.

Selain itu, kita juga bisa membuat iklan secara end-to-end di WhatsApp Business (WAB) secara langsung. Adapun salah satu keuntungannya adalah kita bisa membangun database pelanggan kita di WAB tanpa perlu keluar dari aplikasi, dengan memilih langsung audiens yang akan ditargetkan untuk iklan tersebut.

Gambar: Database Pelanggan di WhatsApp

Namun, kita juga perlu mengetahui beberapa hal tentang iklan yang mengarahkan ke WhatsApp sebagai syarat disetujuinya iklan yang akan dirilis, yaitu:

  • Sebuah bisnis dapat membuat iklan yang mengarahkan ke WhatsApp secara langsung melalui Aplikasi WhatsApp Business di bagian katalog aplikasi WhatsApp Business.
  • Sebuah bisnis harus setidaknya memiliki 1 (satu) item atau barang yang disetujui di katalog dan sudah menautkan akun WhatsApp mereka ke halaman Facebook.

Fitur Baru: Pesan Marketing di Aplikasi WhatsApp Business

WhatsApp Business juga meluncurkan fitur baru yaitu pesan pemasaran atau marketing messages untuk menjangkau audiens yang tepat. Pesan pemasaran ini bisa dibilang sebagai “kampanye” atau campaign yang menyampaikan narasi pemasaran yang dikirim langsung ke pelanggan (secara personal). Pesan pemasaran ini dapat digunakan untuk mengirimkan penawaran dan pengumuman terkait produk yang ditawarkan.

Gambar: Fitur Baru Pesan Marketing di Aplikasi WhatsApp Business

Baca Juga: Saatnya Naik Kelas! Ini 6 Keunggulan WhatsApp Business Untuk Tingkatkan Omzet UMKM


Apa Saja yang Dibawakan Pada Fitur Pesan Marketing ini?

Pesan pemasaran/marketing WhatsApp menjadi lebih bermakna dari sekadar pesan teks sederhana. Hal ini dikarenakan fiturnya yang sangat mendukung kegiatan pemasaran bisnis, seperti:

1. Template Langsung

Pada fitur ini, WhatsApp menawarkan beragam template yang dapat digunakan dalam kampanye bisnis kita. Template langsung ini juga dapat diubah-ubah, bahkan saat digunakan sekalipun. Hal ini memungkinkan kita untuk menyesuaikan kampanye dan membantu mendorong peningkatan engagement dengan pelanggan.

2. Segmentasi Audiens

Seperti yang kita ketahui, ada berbagai macam jenis pelanggan yang akan ditargetkan. Kita dapat menggunakan WhatsApp Business ini untuk mengambil data pelanggan yang sudah ada, dan membuat daftar audiens khusus agar pesannya tepat sasaran. Audiens khusus ini dapat digunakan untuk membantu kita merumuskan iklan lainnya untuk setiap target audiens, segmentasi performa/insight, dan mengidentifikasi prospek dari target audiens yang potensial.

3. Performa/Insight Pesan yang Dikirimkan

WhatsApp juga menawarkan dasbor (dashboard) yang dapat disesuaikan yang menunjukkan insights data yang penting untuk dianalisis. Hasil kampanye atau campaign juga bisa digunakan dalam mengambil keputusan untuk pesan marketing selanjutnya. Berikut adalah beberapa jenis data analitik yang dapat dilihat di dasbor WhatsApp Business kita, seperti campaign status, cost per click, CTR, conversions, dan lainnya.

Nah, dari semua fitur tadi, WhatsApp Business bisa menjadi platform promosi yang sangat efektif dan efisien untuk UKM. Seperti iklan yang menggunakan target audiens, iklan yang mengarahkan ke WhatsApp (dari Facebook/Instagram), serta pesan marketing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Melalui penggunaan yang bijak, UKM dapat meningkatkan visibilitas mereka, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam persaingan dunia bisnis. Raih pelanggan baru, tampilkan produk kita, dan tingkatkan penjualan!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagikan atau share kepada teman dekat atau kerabat Kita. Jangan lupa juga untuk like dan berikan komentar pada artikel ini ya, Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. WhatsApp Business Summit 2023: SMB Track @Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, 01 November 2023
  2. https://Business.WhatsApp.com/products/ads-that-click-to-WhatsApp?lang=id_ID 
  3. https://Business.WhatsApp.com/blog/marketing-messaging-quick-guide