Sumber: Educba.com
Di dalam dunia bisnis banyak dikenal berbagai istilah bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan salah satunya ialah Market Entry Strategy, istilah ini merupakan strategi perusahaan untuk memasuki segmen pasar yang baru bagi produknya. Sebagai bagian dari teknik pemasaran produk strategi berperan penting dalam perkembangan bisnis di perusahaan.
Penerapan strategi yang tepat tentunya akan membawa dampak positif terhadap kemajuan serta perkembangan perusahaan, begitupun sebaliknya. Penentuan strategi yang tepat tentu akan meningkatkan omset perusahaan, namun apa yang terjadi jika produk berupa barang dan jasa milik Sahabat Wirausaha belum dikenal orang secara luas padahal sudah memproduksi dalam jumlah yang besar?
Baca Juga: Mengenal NFT dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Tentunya hal ini akan berakibat buruk dengan potensi kebangkrutan di depan mata. Karena hal itulah dapat dikatakan bahwa strategi marketing adalah hal dasar dan menjadi fundamental bagi sebuah bisnis di perusahaan.
Apa Itu Market Entry Strategy?
Dalam istilah bahasa Indonesia Market Entry Strategy merupakan sebuah bagian dari strategi pemasaran. Secara universal Market Entry Strategy adalah strategi yang diterapkan oleh sebuah perusahaan untuk memasuki segmen pasar yang baru bagi produknya sesuai dengan target market yang telah ditentukan. Strategi ini bisa saja diterapkan dengan cara membeli sebuah perusahaan, mengembangkan potensi lain yang dimiliki perusahaan hingga melakukan kerjasama dengan perusahaan lain.
Baca Juga: Mengenal Psikologi Konsumen Untuk Mengambil Keputusan Pemasaran
Pengimplementasian strategi pemasaran yang tepat akan secara efektif membantu perusahaan untuk mengenalkan produknya secara luas kepada konsumen. Membuat konsumen mengenali dengan baik produk yang dimiliki perusahaan merupakan kunci kesuksesan bagi sebuah perusahaan.
Mengapa Penerapan Market Entry Strategy Perlu Dilakukan?
Sebagus apapun sebuah perusahaan akan tetap tertinggal apabila perusahaan tersebut hanya diam dan enggan untuk berkembang. Ditambah lagi semakin banyaknya perusahaan serupa akan meningkatkan rivalitas atas kompetitor hingga menuntut sebuah inovasi mutakhir dalam hal pemasaran.
Pelanggan setia pun akan tetap pergi apabila mendapati produk serupa dari brand lain memiliki kualitas produk yang lebih bagus. Kualitas produk disini belum tentu menggambarkan kondisi mutu yang sesungguhnya bisa jadi hal ini dikarenakan keberhasilan teknik pemasaran yang diterapkan.
Dengan memasukan produk perusahaan ke dalam beberapa segmen tertentu serta disesuaikan dengan target market yang telah ditentukan pasti akan menambah peluang peningkatan konsumen yang berarti dapat pula meningkatkan omset bisnis perusahaan. Dari sini sedikit banyak Sahabat Wirausaha sudah mengetahui pentingnya penerapan sebuah strategi dalam pemasaran.
Bagaimana Cara Menerapkan Market Entry Strategy?
Setelah membaca berbagai informasi terkait Market Entry Strategy diatas kini Sahabat Wirausaha juga harus mengetahui cara menerapkan Market Entry Strategy untuk meningkatkan serta mengembangkan penjualan perusahaan. Secara umum perusahaan dapat menerapkan strategi ini dengan beberapa cara berikut:
1. Membeli Perusahaan Lain
Langkah awal dalam menerapkan Market Entry Strategy ini ialah dengan membeli perusahaan lain karena lebih mudah pengoperasiannya serta lebih cepat mendapatkan hasilnya, mengapa? perusahaan yang telah dibeli sebelumnya tentu sudah memiliki segmen maupun target pasar tersendiri sehingga Sahabat Wirausaha hanya tinggal melanjutkan dan melihat prospek kedepannya.
Baca Juga: Mengenal Costumer Acquisition
2. Mengembangkan Potensi Perusahaan
Berbanding terbalik dengan penerapan Market Entry Strategy diawal, bisa juga sebuah perusahaan mengembangkan potensi yang dimilikinya untuk memasuki segmen pasar yang baru yang tentu harus diperhitungkan sebelumnya.
3. Melakukan Kerjasama dengan Perusahaan Lain
Tindakan yang satu ini harus dilakukan dengan cara yang cermat, mengapa? karena opsi yang satu ini akan melibatkan orang lain dalam berinovasi untuk menerapkan strategi pemasaran, sehingga masing-masing perusahaan harus memberikan sumber daya maupun skill perusahaan yang terbaik.
Baca Juga: Mengenal Istilah Social Media Campaign
Semoga dengan membaca artikel ini, Sahabat Wirausaha jadi lebih semangat yah untuk dapat memperluas pasar. Skala nasional maupun internasional pasti bisa diraih jika mau terus belajar dan berusaha.
Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.