Waroeng Spesial Sambal SS - Apakah Sahabat Wirausaha adalah penyuka sambal yang merasa tidak lengkap makan tanpa sambal? Atau barangkali Sahabat Wirausaha juga termasuk orang-orang yang berburu kuliner karena rasa sambalnya yang enak? Jika iya, tulisan ini akan mengulas bisnis sambal yang sudah terkenal dengan cita rasa sambalnya dan memulai bisnisnya dari hobi memasak sambal

Ini dia Waroeng Spesial Sambal SS, sebuah bisnis waralaba yang sudah memiliki cabang hingga ke Kuala Lumpur dan sudah memiliki lebih dari 4000 karyawan di 96 cabang se -Indonesia dan Malaysia. Kira-kira bagaimana tips bisnis Warung SS yang sudah berdiri hampir 22 tahun ini? Mari disimak ulasannya!


Sejarah Waroeng Spesial Sambal SS Dari Teknik Mesin Hingga Pengusaha

Waroeng Spesial Sambal SS merupakan bisnis kuliner yang berdiri pada tanggal 20 Agustus 2002. Warung SS ini dibangun oleh Yoyok Heri Wahyono, seorang pria asal Boyolali. Ia awalnya merupakan seorang mahasiswa Teknik mesin Universitas Gadjah Mada (UGM) namun memutuskan berhenti setelah 20 semester tidak kunjung lulus.

Berawal dari hobi memasak dan mengulek sambal untuk teman-teman kosnya Yoyok kemudian mulai berpikir untuk membuka usaha kuliner setelah menguburkan cita-citanya menjadi engineer. Dimulai dengan bertempat di sebelah Barat Graha Saba Pramana kampus UGM Yogyakarta, Yoyok mendirikan warungnya dengan konsep tenda kaki lima.

Yoyok juga mengaku bahwa modal awal yang ia gunakan dalam membuka bisnis Waroeng Spesial Sambal SS adalah 9 juta. Modal tersebut ia gunakan pertama kali sejak mengusung konsep warung kaki lima di pinggiran kampus.

Sejak berdiri pertama kali, sekitar satu tahun setelahnya, yakni pada 2003 Yoyok membuka cabang kedua di pusat keramaian Kota Yogyakarta dan disusul dengan membuka cabang-cabang lain dari Yogyakarta hingga Solo. Baru kemudian mulai tersebar ke kota Tangerang, Semarang, Purwokerto dan kota-kota lain di Jawa Timur.

Baca Juga: Pentingnya Keamanan Pangan Untuk Bisnis Kuliner, Inilah Alasan dan Cara Penerapannya


Tonjolkan Konsep Makanan Pedas

Sebagai seorang yang juga gemar mengkonsumsi sambal, ia mulai mengumpulkan ide dan survei kuliner di sekitar kampus hingga akhirnya memutuskan untuk membuka bisnis yang fokus pada sambal. Yoyok merasa bahwa sambal merupakan menu yang paling efektif dan efisien. Di sisi lain, bisnis yang dimulai di kota Yogyakarta ini cepat mendapatkan hati pelanggan penyuka pedas karena notabene sambal di Jogja cenderung berasa manis.

Bisnis kuliner sambal dengan jargon “pedas panas mantap” ini sudah memiliki berbagai jenis menu diantaranya 35 jenis sambal, 33 jenis lauk, 19 macam sayur-sayuran, 34 macam minuman dan 5 macam buah-buahan. Harga yang ditawarkan mulai dari harga Rp.2000 hingga Rp.7000 sedangkan harga lauk dari yang kisaran Rp3.500 hingga Rp32.000.

Konsep yang diusung oleh Waroeng Spesial Sambal SS milik Yoyok ini menggunakan konsep tidak formal, santai dan kreatif. Saat ini Waroeng Spesial Sambal SS sudah memiliki 96 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dan Malaysia selama kurun waktu 20 tahun.

Saat awal berdiri, Waroeng Spesial Sambal SS hanya menyediakan 15 jenis sambal, dan saat ini sudah berkembang menjadi 32 jenis. Waroeng Spesial Sambal SS memfokuskan diri keunggulan kompetitif pada kualitas rasa dan harga. Jadi pelanggan selain mendapatkan rasa yang enak juga harganya tidak mahal, karena yang dijual Waroeng Spesial Sambal SS adalah menu harian bukan makanan rekreatif yang biasa dikunjungi pelanggan seminggu atau sebulan sekali.


Strategi Bisnis Warungs SS: Mengusung Konsep Spiritual Company 

Waroeng Spesial Sambal SS ini memiliki strategi khusus dalam mengembangkan bisnisnya. Di antara prinsip yang dipegang teguh oleh Yoyok selaku pemilik bisnis kuliner ini adalah landasan spiritual dan landasan bisnis. Dua landasan tadi menjadi prinsip yang dipegang teguh oleh pemilik Waroeng Spesial Sambal SS.

Maksud dari landasan tersebut yaitu; Pertama, landasan spiritual yang dimaksud adalah kiat berbagi dan sedekah. Bagi Yoyok, harus ada keseimbangan antara faktor dunia dan akhirat dalam menjalankan suatu usaha. Kedua, Waroeng Spesial Sambal SS sangat berkomitmen dalam menjalankan bisnis dengan menjaga kualitas dan bertanggungjawab untuk mensejahterakan karyawannya.

Motivasi terbesar ketika Waroeng Spesial Sambal SS diterpa rintangan dan hambatan, baik cabang yang rugi hingga pandemic beberapa tahun silam adalah tidak menyerah. Menurut Yoyok, menyerah itu hanya ketika sudah tidak berdaya, apabila masih bisa dibantu melalui penghasilan di berbagai cabang lainnya, ia berusaha untuk tetap bertahan. Meskipun salah satu solusi yang ia tempuh adalah merelokasi cabang yang cenderung rugi. Namun, ia mengaku tidak mau sampai mem-PHK karyawan bagaimanapun kondisinya.

Kira-kira bagaimana upaya Waroeng Spesial Sambal SS menjaga standar kualitas hingga menjadi kuliner sambal andalan? Yuk disimak!

Baca Juga: Kisah Sukses Abdurrahman bin Auf, Merintis Bisnis dari Nol Hingga Jadi Miliarder Lewat Wirausaha


Upaya Waroeng Spesial Sambal SS Menjaga Kualitas Sambal hingga Menjadi Kuliner Andalan

Menjaga kualitas hingga bertahan dalam dunia bisnis kuliner selama 22 tahun merupakan prestasi yang luar biasa. Bagi Sahabat Wirausaha yang kini tengah menggeluti usaha kuliner sekalipun masih dalam skala mikro, sejumlah hal yang diperhatikan betul oleh Waroeng Spesial Sambal SS berikut bisa coba diterapkan:

1. Aspek Bahan Baku

Menurut Yoyok, salah satu strategi bisnis yang ia gunakan dalam mempertahankan kualitas makanannya adalah dengan menjaga kualitas bahan baku. Penyediaan stok bahan baku sambal Warung SS ini memperhatikan jenis cabe, tingkat kesegaran cabe dan bahan² lainnya.

Waroeng Spesial Sambal SS di semua cabang yang tersebar di seluruh Indonesia diupayakan memiliki cita rasa yang sama sehingga pelanggan tidak kecewa dan tidak meragukan kualitas rasa di semua cabang. Salah satu rahasianya adalah menjaga kualitas bahan baku

Meniru jejak Waroeng Spesial Sambal SS, Sahabat Wirausaha yang adalah pelaku bisnis UMKM untuk sektor kuliner bisa menerapkannya. Kendati bisnis masih skala mikro, pemilihan bahan baku berkualitas adalah kewajiban demi menjaga cita rasa.

2. Aspek Resep dan Peralatan

Di Samping bahan baku, Yoyok juga menekankan standar proses dan produksi untuk menjaga agar kualitas rasa tetap terjaga. Di semua cabang, Yoyok menerapkan aturan mulai dari cara memasak, lama memasak, cara membolak balik makanan, takaran bumbu hingga peralatan yang digunakan.

Standar proses dan produksi mengatur segala hal yang berkaitan dengan proses memasak. Bahkan, sambal disajikan tidak lebih dari 20 menit untuk menjaga kualitas rasanya. Sehingga salah satu pelayanan yang terkenal di Warungs SS adalah Made by Order. Hal itu agar cita rasa tetap terjaga.

Bagi Sahabat Wirausaha yang kini bergelut dalam aspek kuliner, menjaga resep dan peralatan menjadi faktor yang tidak dapat diabaikan. Baik UMKM sektor kecil dan menengah tentunya perlu mempertimbangkan resep menu andalan sebagai cita rasa dan kekhasan kuliner, serta peralatan sebagai aspek pendukung juga berperan penting bagi kualitas dan cita rasa makanan.

3. Aspek Manusia (SDM)

Waroeng Spesial Sambal SS sangat memperhatikan kesejahteraan pekerja, namun di samping itu pola kerja hingga menjadi karyawan Waroeng Spesial Sambal SS harus mengikuti berbagai pelatihan. Mulai dari pelatihan memasak hingga pelayanan lainnya. Hal itu adalah upaya agar semua cabang Waroeng Spesial Sambal SS, memiliki kualitas SDM yang sama, tentunya agar kualitas rasa terjamin.

Tentu bagi Sahabat Wirausaha memahami bahwa sektor sumber daya manusia sangat penting. Melalui insirasi dari Warungs SS, kita menyadari bahwa resep dan peralatan juga bergantung pada cara memasak atau skill memasak. Sehingga pastikan bahwa Sahabat Wirausaha yang telah membuka outlet atau cabang menjaga kualitas makanan, salah satunya dengan memastikan cita rasa tetap sama.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Warteg untuk Pemula

4. Terus Berinovasi

Dalam perjalanan bisnis, tentu Sahabat Wirausaha akan menghadapi berbagai rintangan, hambatan dan tantangan yang beragam. Salah satu upaya agar bisnis terus mampu bertahan dan semakin meningkat adalah terus berinovasi. Hal itu juga yang menjadi strategi khusus Waroeng Spesial Sambal SS dalam kesuksesan bisnis kuliner sambalnya.

Mulai dari inovasi sebagai bisnis kuliner sambal pertama yang terjun dan mengenalkan sambal sebagai produk kuliner merupakan inovasi yang luar biasa. Meski demikian, Waroeng Spesial Sambal SS tetap berinovasi untuk menjaga kualitas bisnisnya dengan berbagai aneka rasa sambal dan makanan. Mulai dari sambal bajak hingga sambal teri.

Melalui tips dan pengalaman bisnis kuliner Waroeng Spesial Sambal SS, kita belajar bahwa bagi UMKM yang bergerak dibidang kuliner bahwa terus berinovasi adalah cara agar bisnis Sahabat Wirausaha terus bertahan sebagaimana Waroeng Spesial Sambal SS bertahan hingga puluhan tahun. hal itu juga merupakan upaya bisnis kita terus mampu bertahan ditengah bisnis baru yang semakin beragam.

Melalui gambaran strategi bisnis Waroeng Spesial Sambal SS , Sahabat Wirausaha bisa mengambil insight bisnis kuliner bagi yang sedang menekuni bisnis kuliner. Strategi bisnis tersebut dimulai dari passion dan ditekuni hingga menjadi bisnis besar. Menjaga kualitas produk dan pelayanan hingga peningkatan SDM menjadi salah satu kunci kesuksesan Waroeng Spesial Sambal SS yang dapat Sahabat Wirausaha ambil.

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM.

Referensi:

  1. https://kagama.id/inspirasi-kagama-5-membangun-bisnis-ala-pemilik-waroeng-spesial-sambal-ss-indonesia/
  2. https://visitingjogja.jogjaprov.go.id/31714/mengulik-sejarah-perjuangan-warung-spesial-sambal/
  3. https://www.youtube.com/watch?v=yhoGBVF-0ys