UKM Indonesia

​Kisah UKM LaRissso ID, Saus Pasta Lokal yang Pernah Mengikuti Pameran Skala Global



Sahabat wirausaha, apakah sahabat pernah atau bahkan gemar mengonsumsi makanan Italia? Jika iya, maka sahabat pasti mengenal beberapa jenis makanannya, seperti pizza, pasta, atau lainnya. Nah, tahukah sahabat kalau ada salah satu UKM yang memproduksi saus pastanya sendiri di Indonesia, lho! tepatnya di Sukoharjo, Jawa Tengah. UKM yang bernama “LaRissso ID” atau biasa disebut LaRissso ini menyediakan berbagai macam saus pasta yang siap untuk dinikmati bersama makanan Italia pada umumnya. Misalnya seperti ravioli, spaghetti, dan lain-lain. Tetapi, siapa sangka bahwa produk LaRissso juga bisa dinikmati dengan hidangan seperti nasi goreng, sahabat. Tentunya sahabat wirausaha ingin tahu bagaimana proses kreatifnya, bukan? Mari kita cari tahu pada artikel berikut ini.


Awal Mula Ide Usaha “LaRissso”

Mulanya, usaha LaRissso ini dilatarbelakangi oleh seorang penyuka pasta bernama Ibu Arieffy Syafati dan suaminya. Suatu ketika, pada tahun 2015 atau sekitar 7 tahun yang lalu di daerah Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, mereka melihat betapa melimpahnya potensi tomat lokal Indonesia di daerah tersebut. Namun, sayangnya masih banyak yang hasil tomat yang terbuang, terutama pada saat panen raya.

Baca Juga: Sambal Mbegor : Citarasa Unik Dengan Aroma Asap Yang Khas

Pada saat itu, yang dilakukan oleh mereka adalah membeli hasil tomat dari petani di daerah itu secukupnya, kemudian diolah menjadi saus pasta. “Saya yakin, dengan mengolah tomat-tomat tersebut, maka otomatis membantu memperpanjang umur simpannya dan menaikkan harga jualnya.” ungkap Ibu Arieffy atau yang biasa disapa Ibu Riri ini. Kemudian, saus pasta LaRissso memulai bisnisnya sejak tahun 2016, atau sekitar 6 tahun yang lalu.


Pengalaman LaRissso ketika Pameran: Menarik perhatian chef Internasional!

Ibu Riri juga mengaku bahwa LaRissso sudah beberapa kali mengikuti pameran UKM, salah satunya LaRissso pernah berkesempatan untuk ikut serta dalam pameran “SIAL Interfood” yang difasilitasi oleh Kementerian Koperasi dan UMKM. Di sana, Ibu Riri tidak hanya bertemu dengan calon buyer atau pembeli lokal, tetapi juga dari luar negeri yang sangat antusias terhadap usaha kuliner lokal.

Baca Juga: Prospek Usaha Sambal

Pada saat itu, tidak jauh dari stand pameran LaRissso ada juga stand kuliner dari Italia yang cukup besar, sampai membuat Ibu Riri “minder” karena saus pastanya harus bersaing dengan produknya. Tidak disangka, justru ternyata ada seseorang yang datang dan mencoba saus pasta LaRissso dan mengatakan bahwa sausnya enak sekali. Tidak lama kemudian, beliau datang membawa 5 orang temannya yang ternyata adalah chef dari stand Italia tersebut! “Wah... deg-degan banget waktu mereka mencoba saus pasta LaRissso saya. Saat menunggu respons mereka, saya lihat raut wajahnya dan akhirnya salah satu dari chef itu bilang “this is good!””ujar Ibu Riri. Ia merasa senang sekali, produksi saus pasta yang awalnya hanya menargetkan pasar lokal, ternyata bisa menarik perhatian calon buyer dari luar negeri!


Pemasaran LaRissso Sauce: Pernah Mengikuti Expo di Dubai

LaRissso melakukan pemasaran secara offline dan online. Dari pemasaran offline, saus LaRissso bisa didapatkan di beberapa retail modern seperti Mbloc Market atau sebagainya. Selain itu, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, LaRissso juga sering mengikuti berbagai pameran / expo. Hampir semua pameran yang tersedia didaftarkan oleh LaRissso, baik yang skalanya lokal maupun global. Tentunya, pamerannya dikhususkan untuk kuliner atau UKM ya.

Baca Juga: Jenis-jenis Promosi Paling Pas Untuk Bisnis Kuliner

Pada bulan November 2021 hingga Maret 2022 yang lalu, LaRissso berkesempatan untuk mengikuti Expo 2020 di Dubai dalam program Indonesia “Spice Up the World.” Wah, keren banget ya sahabat wirausaha!

Kemudian, dari segi pemasaran online, LaRissso memanfaatkan beberapa platform sosial media seperti Instagram, Facebook, serta YouTube dengan nama akun “LaRissso Sauce”. Saus pasta LaRissso juga bisa dibeli online melalui marketplace seperti Tokopedia, Shopee, serta BliBli dengan nama akun yang sama yaitu “LaRissso Sauce”.


Ciri Khas LaRissso Sauce: Saus Pasta Bercita Rasa Lokal yang Cocok untuk Orang Indonesia

Ibu Riri selaku owner dari LaRissso juga menceritakan bahwa yang membedakan saus pasta LaRissso dengan saus pasta yang ada di pasaran adalah cita rasanya. Saus pasta LaRissso diolah dari tomat segar yang dipanen langsung oleh petani di lereng Gunung Merapi, Jawa Tengah. Lalu, tomat tersebut diolah dengan daging asli, serta perpaduan antara rempah lokal dan Italian herbs sehingga menciptakan cita rasa yang unik yang sesuai dengan rasa Indonesia.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Yang Bisa Dimulai Dari Rumah dan Tips Suksesnya

Selain itu, saus pasta LaRissso dipasarkan dalam keadaan sudah siap untuk disajikan. Jadi, sangat mudah untuk dikonsumsi. Cukup dengan merebus pasta, kemudian tuang saus pasta LaRissso ke atas pasta yang sudah matang. Tidak hanya bisa digunakan untuk pasta saja, saus LaRissso juga bisa digunakan sebagai olesan roti, pendamping nachos atau keripik, bahkan French Fries atau kentang goreng. Bisa juga digunakan sebagai bumbu nasi goreng, lho!. Saus ini sepertinya benar-benar cocok untuk sahabat wirausaha di Indonesia, ya.


Perjalanan Usaha LaRissso: Aktif dengan Sesama Pelaku UKM hingga Mengikuti Berbagai Pelatihan

Perjalanan 6 tahun yang luar biasa, bagi LaRissso adalah sebuah pencapaian yang besar. Naik turun dan jatuh bangun dilewati dengan suka duka oleh Ibu Riri. Mulai dari memulai usaha, mengurus perizinan, hingga bisa memasarkan produknya. Dalam perjalanannya juga, LaRissso banyak sekali dibantu oleh para stakeholder, mentor, serta teman-teman sesama pelaku UMKM yang saling support dan saling berbagi informasi. Termasuk juga LaRissso sangat terbantu dengan adanya UKM Indonesia dengan artikel-artikelnya, serta pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh UKM Indonesia. Contohnya seperti penyusunan Company Profile standar GRI, hingga cara pemasaran produk UKM untuk skala Go Global. Keren banget ya, sahabat!

Baca Juga: Mengidentifikasi Peta Persaingan Supaya Bisnis Tetap Unggul

Saat ini, tim LaRissso masih relatif minim tenaga SDM (Sumber Daya Manusia). Ibu Riri mengaku bahwa ia bertanggung jawab untuk marketing dan keuangan, 3 orang di bagian produksi, dan satu orang bertanggung jawab di social media marketing. Ibu Riri berharap, dengan LaRissso Sauce ini dapat membawa kearifan kuliner Indonesia dengan saus pasta ke seluruh penjuru dunia. “Sesuai dengan tagline kami, “bring Indonesian taste to the whole world” dengan begitu, kami akan menyerap lebih banyak lagi hasil panen dari para petani, sehingga tidak ada lagi hasil panen yang terabaikan, terutama pada saat panen raya.” pungkasnya.


Kesimpulan

Usaha LaRissso ID atau LaRissso ini terbilang cukup unik. Bagaimana tidak, LaRissso menawarkan saus pasta dengan sentuhan “Italian Dish, Indonesian Taste.” Artinya, LaRissso adalah lokal bisnis yang menjual hidangan khas Italia yaitu saus pasta, dengan cita rasa Indonesia. Berawal dari mengolah saus pasta dari petani lokal, kemudian karena banyaknya permintaan dari luar kota maupun penjuru dunia, LaRissso terus berinovasi dengan membuat produk homemade sauce atau saus pasta rumahan yang dipasarkan secara nasional maupun Internasional.

Baca Juga: Melirik Peluang Bisnis di Sektor Pertanian Lewat Inovasi

Kira-kira, bagaimana pendapat atau tanggapan sahabat wirausaha dengan cerita inspirasi kali ini? Pastinya sahabat merasa kagum ya, dengan pencapaian UKM lokal yang memproduksi saus pastanya sendiri dan memasarkannya hingga ke mancanegara. Semoga cerita di atas menginspirasi ya, sahabat wirausaha. Tenang, sahabat wirausaha juga bisa kok menciptakan ciri khas sahabat sendiri dalam berwirausaha, sama seperti UKM LaRissso ini. Asalkan sahabat tetap semangat dan gigih dalam mengembangkan usahanya. Sampai jumpa di artikel-artikel lainnya, sahabat wirausaha!

Kontak “LaRissso Sauce ID”

Jika sahabat wirausaha ingin mengetahui lebih lanjut atau menghubungi usaha saus pasta dari Larissso ID, sahabat bisa langsung mengunjungi situs website atau link di bawah ini:

Website : https://larisssoindonesia.business.site/

Instagram : https://www.instagram.com/larisssosauce/

Facebook : https://www.facebook.com/larisssosauce/

Tokopedia : https://www.tokopedia.com/larisssosauce/

Shopee : https://shopee.co.id/larisssosauce/

Narasumber : Ibu Arieffy Syafati (Riri), Owner dari Larissso ID

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: