Instagram merupakan social media kedua yang paling banyak digunakan setelah Facebook dan masih terus berkembang. Saat ini, beriklan di Instagram adalah sebuah kewajiban bagi para digital marketer.
Instagram Ads adalah cara bagi brand atau bisnis untuk beriklan secara online dan menampilkan sisi kreatif mereka dengan menggunakan konten berupa gambar, video, dan konten visual lainnya sehingga menarik calon konsumen. Ada banyak cara berbeda untuk membuat kampanye iklan menarik di Instagram.
Baca Juga: Membuat Konten Interaktif Dengan Mengoptimalkan Fitur Instagram dan Facebook
Meluncurkan kampanye iklan di Instagram mengharuskan Sahabat Wirausaha untuk memiliki akun iklan Facebook (jika Sahabat Wirausaha sudah menggunakan Facebook untuk tujuan promosi, kamu dapat login pada akun yang sama), atau Sahabat Wirausaha dapat membuka akun bisnis Instagram.
Jenis Instagram Ads
Tidak semua Instagram Ads bekerja dengan cara yang sama, jadi penting untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep dan opsi dasar sebelum Sahabat Wirausaha mulai membuat kampanye.
Instagram Ads muncul di tautan pengguna yang kamu pilih untuk menjadi bagian dari audiens targetmu. Postingan ini akan diberi label dengan jelas sebagai “Disponsori.” Untuk memutuskan apakah iklan akan ditampilkan atau tidak, Instagram memiliki kriteria pemilihan berdasarkan tawaran dan relevansi dengan pengguna.
Baca Juga: Fitur-Fitur Instagram yang Bermanfaat Bagi Bisnis
Penting juga untuk mengetahui berbagai jenis Instagram Ads yang Sahabat Wirausaha inginkan. Bergantung pada sasaran bisnis kamu, beberapa iklan mungkin terbukti lebih bermanfaat atau relevan daripada yang lain.
1. Instagram Ads dengan Gambar
Seperti namanya, iklan ini merupakan elemen fotografi. Aspek visual Instagram sangat penting dan, berkat antarmuka platform yang bersih, gambar apa pun dapat diubah menjadi format yang jauh lebih menarik.
2. Instagram Ads dengan Video
Jika Sahabat Wirausaha ingin menawarkan pengalaman pengguna yang lebih mendalam, Instagram Ads berbasis video adalah pilihan yang fantastis. Parameter lainnya tetap sama tetapi, seperti namanya, alih-alih gambar, iklan terdiri dari video dan video ini akan menyesuaikan dengan target pasar kamu.
3. Iklan Berurutan di Instagram
Jika Sahabat Wirausaha ingin menunjukkan kepada audiens target kamu serangkaian gambar atau video, jenis Instagram Ads ini adalah pilihan terbaik untuk kamu.
Baca Juga: Tren Dalam Instagram yang Penting Bagi Digital Marketing
Cara Mempromosikan Brand Kamu dengan Instagram Ads
Setelah Sahabat Wirausaha mengetahui cara kerja Instagram Ads, akan sangat membantu jika kamu mengetahui bagaimana kamu dapat menggunakannya untuk mempromosikan bisnismu dengan sukses. Mari kita lihat beberapa manfaat yang mungkin bisa Sahabat Wirausaha nikmati ketika menggunakan Instagram Ads.
- Peningkatan dampak visual. Mendapatkan perhatian target audience kamu dengan tampil di tautan mereka benar-benar bisa dilakukan di Instagram. Peluang Sahabat Wirausaha untuk mencapai sangat besar jika kamu meluncurkan kampanye dengan gambar dan video berkualitas tinggi.
- Brand. Karena pentingnya visual dalam Instagram Ads, kampanye iklan di platform ini dapat secara signifikan meningkatkan kesadaran brand bisnis kamu secara keseluruhan di antara target audience kamu.
- Pertumbuhan komunitas. Instagram Ads juga dapat membantu Sahabat Wirausaha mengembangkan komunitas brand bisnismu.
- Kontes dan hadiah. Semua orang menyukai kontes yang bagus dan kontes serta hadiah sangat cocok untuk mendapatkan prospek yang nantinya dapat digunakan dalam strategi pemasaranmu lebih lanjut. Sebagai bonus tambahan, kontes dan hadiah atau yang lebih dikenal dengan istilah giveaway, dapat membantu meningkatkan kesadaran brand.
Baca Juga: Tips Beriklan di Instagram Ads
Sekarang setelah Sahabat Wirausaha mendapatkan wawasan tentang cara kerja Instagram Ads, hanya ada satu hal yang harus dilakukan, yaitu menerapkan apa yang telah kamu pelajari dengan membuat kampanye Instagram Ads pertamamu! Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.
Referensi: