UKM Indonesia

​Inflasi

Penulis : Putri Intan N.F.
Editor : Banu Rinaldi
25 Agustus 2022
Lama Baca : menit

Hand holding growth arrow with coins

Pernahkah Sahabat Wirausaha memperhatikan kegiatan transaksi ketika membeli permen? Di tahun 2022 ini, berapa banyak permen yang bisa didapatkan dengan uang seribu rupiah, dua, tiga, atau lima?

Baca Juga: Indeks Harga

Bandingkan dengan awal tahun 2000-an atleast 22 tahun yang lalu. Dengan seribu rupiah, bisa jadi Sahabat Wirausaha masih mendapatkan delapan hingga sepuluh biji permen. Mengapa hal demikian bisa terjadi? hal ini terjadi sebab adanya inflasi. Apa itu inflasi?.


Pengertian Inflasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, inflasi merupakan penurunan nilai mata uang yang disebabkan oleh banyaknya jumlah uang yang beredar di masyarakat sehingga mengakibatkan kenaikan harga barang.

Sementara jika dilansir dari laman Bank Indonesia, inflasi dapat diartikan sebagai kenaikan harga barang dan jasa secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Secara sistematis pengukuran inflasi dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Baca Juga: Produk Domestik Bruto

Apabila terjadi kenaikan harga terhadap satu atau dua barang belum dapat dikatakan sebagai inflasi, kecuali jika kenaikan harga barang tersebut meluas dan berdampak pada barang lainnya.


Penyebab Inflasi

Terjadinya inflasi di sebuah negara tentu didasari oleh beberapa penyebab. Mengutip dari laman Bank Indonesia, penyebab terjadinya inflasi dikarenakan adanya tekanan dari sisi supply (cost push inflation), yang merupakan peningkatan biaya produksi.

Penyebab inflasi lainnya ialah ketidakseimbangan antara jumlah permintaan dengan penawaran, bertambahnya uang yang beredar di masyarakat, selain itu kekacauan ekonomi serta politik juga dapat mempengaruhi tingkat inflasi.


Dampak Inflasi

Inflasi dapat berdampak pada banyak hal, salah satunya terhadap daya beli masyarakat terkait produk tertentu seperti sembako, yang sempat kritis beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga: Devaluasi

Selain itu, inflasi juga dapat merugikan konsumen dikarenakan gaji menjadi stagnan, sehingga nantinya dapat membuat tagihan keuangan membengkak. Keberadaan inflasi yang tidak stabil, juga akan mempengaruhi aktivitas konsumsi, investasi dan produksi yang dapat menurunkan pertumbuhan ekonomi.


Cara Atasi Inflasi

Menyadari inflasi dapat mempengaruhi nilai mata uang, maka Sahabat Wirausaha perlu mengambil langkah bijak untuk menyelamatkan keuangan. Secara singkat ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi laju inflasi, yaitu:

  1. Berinvestasi Deposito
  2. Memiliki Tabungan
  3. Menyiapkan Dana Darurat

Inflasi dapat terjadi di semua negara termasuk Indonesia, tentu keberadaan inflasi ini mempengaruhi stabilitas ekonomi, sehingga Sahabat Wirausaha dihimbau untuk bisa menguasai laju inflasi yang tengah terjadi.

Baca Juga: Suku Bunga Tetap

Tidak perlu takut, apabila sudah memahami inflasi dan dampaknya bagi keuangan, Sahabat Wirausaha bisa menerapkan tips tersebut sehingga bisa meminimalisir dampak inflasi dimasa mendeatang.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: