Zaman digital seperti saat ini, kegiatan endorse bukanlah hal yang sulit untuk Sahabat Wirausaha temui. Kegiatan ini sering dilakukan oleh hampir seluruh akun artis atau selebgram di sosial media. Mereka melakukan promosi dari berbagai macam produk barang dan jasa. Bentuk promonya pun beragam, mulai dilakukan dengan terang-terangan dan dibalut dengan caption berisikan kalimat bersifat persuasif. Hingga endorse yang diminta untuk melakukan promosi secara natural.
Baca Juga: Tips Memilih Endorser/Influencer yang Tepat
Apa Itu Endorser?
Endorse itu sendiri diserap dari bahasa Inggris yang artinya dukungan, pengesahan atau persetujuan atas segala sesuatu. Biasanya, endorsement menggunakan tokoh atau selebriti terkenal yang memiliki banyak follower atau sedang hits karena suatu alasan.
Sudah jelas, tujuan utama dari endorse tentu saja adalah mempengaruhi target pasar dan meningkatkan penjualan sahabat Wirausaha. Semakin terkenal seorang endorser, semakin tinggi kemungkinan produk tersebut terjual dan semakin mahal pula tarifnya.
Proses kesepakatan dari kegiatan endorsement cukup praktis, loh! Yaitu dengan melakukan kegiatan transaksi dengan pesan singkat atau bahkan fitur direct message yang ada pada media sosial itu sendiri. Setelah menyetujui aturan yang dibuat oleh pihak artis, maka penjual hanya harus mengirimkan foto ataupun video serta caption yang ingin ditampilkan di dalam postingan endorser tersebut.
Siapa yang Bisa di Endorse?
Sebetulnya, seluruh pebisnis bebas untuk menentukan siapa saja yang akan mereka manfaatkan untuk kegiatan endorse. Tapi, tentunya mereka akan memiliki banyak pertimbangan yang harus dipikirkan jika kegiatan endorsement ini ingin berjalan sukses. Jika Sahabat Wirausaha ingin melakukan endorsement, perhatikan beberapa hal penting ini ya :
- Jumlah follower
Jumlah followers tentu saja akan memberikan dampak yang besar pada jumlah viewers di media sosial. Jadi, jika Sahabat Wirausaha melakukan endorse dengan artis ataupun selebgram yang jumlahnya satu juta, ada kemungkinan iklan Sahabat Wirausaha tersebut akan dilihat oleh satu juta orang.
- Engagement rate
Kenyataan di lapangan membuktikan bahwa tidak semua followers artis atau selebgram mau melihat produk atau jasa yang Sahabat Wirausaha iklankan. Karena, algoritma dari suatu post di sosial media tidak bisa ditentukan oleh banyaknya jumlah followers, tetapi lewat engagement rate.
Jadi, engagement rate adalah nilai persentase antara jumlah followers yang aktif berinteraksi dengan akun media sosial dengan dibandingkan total jumlah followers.
Semakin tinggi engagement rate maka akan semakin besar juga peluang iklan Sahabat Wirausaha untuk dilihat oleh banyak orang. Untuk itu, sebelum Sahabat Wirausaha mempromosikan produk kepada artis atau selebgram, ada baiknya untuk menanyakan terlebih dahulu terkait engagement akun calon endorser.
- Waspadai jumlah followers palsu
Engagement rate bisa menyelamatkan Sahabat Wirausaha dari jumlah akun yang memiliki followers fake atau palsu dan pasif. Karena banyak juga artis atau selebgram yang membeli followers untuk meningkatkan harga endorsement mereka.
- Sosok representatif
Sahabat Wirausaha juga harus memperhatikan sosok yang akan Sahabat Wirausaha endorse. Mereka yang pantas untuk di endorse adalah mereka yang sesuai dengan pangsa produk Sahabat Wirausaha. Untuk mengetahui hal tersebut, Sahabat Wirausaha bisa melihat dari intensitas postingan yang disajikan oleh pemilik akun tersebut.
Baca Juga: Social Media Influencer
Sahabat Wirausaha juga harus memperhatikan rata-rata usia dan jenis kelamin followers artis atau selebgram yang Sahabat Wirausaha akan manfaatkan. Karena, hal tersebut juga akan mempengaruhi keefektifitasan promosi yang akan Sahabat Wirausaha lakukan.
- Harga
Setiap artis atau selebgram tentu memiliki rate yang berbeda-beda. Bisanya, artis atau selebgram yang memiliki engagement rate tinggi akan mematok harga yang lebih tinggi pula. Dari hal tersebut, Sahabat Wirausaha harus menyesuaikan anggaran dan juga keinginan yang akan dicapai.
Jika Sahabat Wirausaha sudah merasa yakin untuk menggunakan jasa endorser, maka kemungkinan keuntungan atau laba yang Sahabat Wirausaha dapatkan akan menjadi lebih banyak. Jadi, sudah siap memasarkan produk melalui promo bersama endorser?
Referensi: