Event Bisnis UMKM – Tahukah Sahabat Wirausaha, Hari UMKM Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Agustus, ternyata dipilih berdasarkan tanggal lahir Drs. Mohammad Hatta loh. Beliau adalah Bapak Koperasi Indonesia dan pernah menjabat sebagai Wakil Presiden RI yang pertama.
Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah agar produk-produk unggulan UMKM dapat dikenal oleh masyarakat luas serta mendorong pertumbuhan UMKM. Salah satunya yaitu dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan pameran UMKM. Lantas, apa saja sih pameran-pameran UMKM tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini ya.
1. INACRAFT
Dilansir dari laman web kemlu.go.id, INACRAFT (International Handicraft Trade Fair) merupakan pameran dagang kerajinan tangan bertaraf internasional yang diselenggarakan setiap tahun. INACRAFT juga merupakan salah satu pameran dagang kerajinan tangan terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara loh.
Dalam kegiatan INACRAFT, terdapat pameran produk-produk buatan tangan dan manufaktur Indonesia seperti aneka kerajinan tangan, aneka kain batik, busana border, berbagai jenis aksesoris, perhiasan, barang-barang dekoratif, peralatan rumah tangga, hingga barang-barang yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Indonesia.
Dihadiri lebih dari 1.200 peserta pameran, 772 booth, dan 1.500 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia, INACRAFT ke-23 telah diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 1–5 Maret 2023. Penyelenggaranya adalah The Association of Exporters and Producers of Indonesian Handicraft (ASEPHI) atau Asosiasi Eksportir dan Produsen Kerajinan Indonesia.
Baca Juga: Mengenal Sobat Istimewa: Program Khusus Pertamina Bagi Wirausaha Difabel
Mungkin Sahabat Wirausaha bertanya-tanya, ‘bagaimana sih caranya biar bisa ikutan pameran INACRAFT?’. Dilansir dari asephi.com, ada 5 prosedur umum yang harus diikuti khusus untuk Non Anggota ASEPHI yaitu sebagai berikut.
- Siapkan company profile yang sudah dilengkapi dengan foto produk dan kegiatan usaha.
- Kirimkan berkas company profile tersebut melalui email: bpp@asephi.id, atau melalui kantor pos dengan alamat tujuan: Ketua Umum ASEPHI cq. Tim Kurasi, Jl. Wijaya I/3A Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kode Pos: 12170.
- Kunjungi kantor ASEPHI setempat (sesuai lokasi usaha) untuk mengambil surat rekomendasi dan memperoleh informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan kuota stand INACRAFT. Daftar alamat kantor ASEPHI dapat dilihat melalui laman web asephi.com.
- Sebagai catatan: Penerimaan peserta INACRAFT akan diprioritaskan kepada Anggota ASEPHI terlebih dahulu. Setelah semua Anggota ASEPHI terdaftar, Non Anggota ASEPHI dapat diterima dan ditempatkan sesuai ketersediaan kuota stand INACRAFT dan ketentuan kepesertaan yang berlaku.
- Bagi calon peserta yang baru pertama kali mendaftar, perlu membawa contoh produk usaha (jika diperlukan) pada tahap kurasi.
Nah, bagi Sahabat Wirausaha yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kegiatan INACRAFT di tahun mendatang, dapat mengunjungi laman web inacraft.co ya.
2. Trade Expo Indonesia
Dilansir dari laman web kemlu.go.id, Trade Expo Indonesia (TEI) merupakan salah satu pameran produk ekspor ‘business to business’ (B2B) terbesar di Indonesia. TEI menampilkan berbagai macam barang dan jasa ekspor premium Indonesia yang dipamerkan di area pameran.
Tak hanya itu, para pengunjung khususnya yang berasal dari berbagai negara, akan disuguhi sentuhan pengalaman budaya dan keramahtamahan khas Indonesia, gaya busana dan aksesoris, serta kekayaan kuliner untuk dijelajahi dan dinikmati.
Salah satu alasan mengapa Sahabat Wirausaha perlu mengunjungi Trade Expo Indonesia yaitu Sahabat Wirausaha dapat mengikuti berbagai kegiatan paralel yang komprehensif berupa seminar internasional, forum bisnis, serta one-on-one business match. TEI tidak hanya diselenggarakan secara on site, tapi juga dilaksanakan secara online loh.
Sahabat Wirausaha dapat memperoleh pengalaman jaringan luar biasa dan kesempatan untuk bertemu dengan para pejabat tinggi pemerintah serta para pemimpin bisnis.
Nah, apakah Sahabat Wirausaha berminat untuk menjadi peserta Trade Expo Indonesia di tahun mendatang? Jika ya, yuk cek prosedur pendaftarannya berikut ini ya.
- Untuk calon peserta pameran, silahkan mengunjungi link ini.
- Silahkan mengisi Formulir Permintaan Peserta Pameran (Exhibitor Request Form).
- Mengikuti proses kurasi sesuai ketentuan Tim Kurasi.
- Membayar kelengkapan administrasi berupa biaya kepesertaan yang meliputi:
- Biaya Sewa Booth Prime Area Rp2.300.000/sqm (belum termasuk pajak).
- Biaya Sewa Booth Reguler Area Rp2.100.000/sqm (belum termasuk pajak).
Sementara itu, untuk pembeli dan pengunjung, dapat mendaftar melalui link ini. Informasi lebih lanjut mengenai rangkaian kegiatan Trade Expo Indonesia dapat diakses melalui laman web kemlu.go.id dan tradexpoindonesia.com.
Baca Juga: Trade Expo Indonesia, Mengenal Pameran Dagang Terbesar di Indonesia
3. SIAL InterFOOD
Dilansir dari sialinterfood.com, SIAL InterFOOD merupakan pameran makanan dan minuman bertaraf internasional dan terkemuka di Indonesia. Tahukah Sahabat Wirausaha, pameran ini bahkan telah diselenggarakan selama 24 tahun yaitu sejak tahun 1999 loh. Cukup lama, bukan?
Pameran ini juga merupakan platform menarik yang dapat membantu perusahaan makanan dan minuman di Indonesia untuk melebarkan sayap ke pasar ASEAN yang lebih menjanjikan. Di tahun lalu, tercatat lebih dari 1500 peserta pameran, lebih dari 85000 pengunjung, serta lebih dari 30 negara perwakilan yang hadir dalam kegiatan pameran SIAL InterFOOD. Lantas, apa saja yang ditampilkan dalam kegiatan pameran ini?
Para peserta pameran SIAL InterFOOD menampilkan berbagai macam produk unggulan antara lain sebagai berikut.
- Makanan dan Minuman, meliputi produk dan teknologi.
- Toko Roti dan Kembang Gula (Bakery & Confectionery), meliputi mesin, peralatan, dan persediaan bahan roti.
- Bahan Makanan, meliputi bahan tambahan untuk makanan, bahan kimia makanan, dan bahan material.
- Bahan Makanan dan Perhotelan, meliputi minuman anggur dan minuman keras, peralatan, persediaan, penyimpanan, serta layanan dan teknologi yang berkaitan dengan hotel, katering, restoran, kafe, dan supermarket.
- Makanan Herbal dan Sehat (Herbal and Health Food), meliputi aneka makanan herbal, makanan sehat, dan aneka suplemen makanan.
- Ritel dan Waralaba, meliputi waralaba dan lisensi.
- Kopi, Teh, dan Kakao.
- Buah Segar dan Olahan.
- Produk Pertanian.
- Produk Makanan Kesehatan Halal, Organik dan Alami.
- Makanan beku, Makanan Laut, dan Produk Daging.
Bagi Sahabat Wirausaha yang berminat mendaftar untuk menjadi peserta pameran, bisa dilakukan secara online loh. Caranya yaitu silahkan kunjungi link ini. Selanjutnya, isi formulir pendaftarannya dan tunggu informasi lebih lanjut mengenai biaya pendaftaran. Setelah itu, Sahabat Wirausaha harus mengikuti proses kurasi dari Tim Kurasi SIAL InterFOOD.
Jika Sahabat Wirausaha ingin mengetahui informasi selengkapnya mengenai pameran SIAL InterFOOD di tahun mendatang, dapat langsung mengunjungi laman web sialinterfood.com ya.
4. Pertamina SMEXPO (Small Medium Enterprise Expo)
Pertamina SMEXPO yaitu pameran UMKM yang diselenggarakan oleh Pertamina, baik secara online di laman web smexpo.pertamina.com maupun secara offline di beberapa daerah di Indonesia. Dilansir dari website resmi Pertamina, pameran ini merupakan sarana dan ruang bagi UMKM untuk belajar menggunakan marketplace sebagai alat untuk meningkatkan jangkauan pasar.
Terdapat sekitar 100 UMKM peserta pameran dari berbagai kategori seperti fashion, food and beverage, furnitur, kriya, dan agrobisnis. Selain pameran, para pengunjung juga dapat melihat berbagai rangkaian kegiatan seperti business forum, coaching, marketplace, fashion show, hingga penampilan live music dari artis-artis ibu kota.
Pertamina SMEXPO mengambil tema besar yaitu ‘melangkah dari lokal ke global’, sesuai dengan harapan Pertamina agar produk-produk unggulan dari para pelaku UMKM Indonesia dapat menembus pasar global. Nah, untuk memperoleh informasi lebih lanjut, Sahabat Wirausaha dapat mengunjungi laman web smexpo.pertamina.com ya.
Baca Juga: Mengenal SMESCO dan Cara Mendaftarkan Produk di Galerinya
5. BRILIANPRENEUR
BRILIANPRENEUR yaitu merupakan kegiatan pameran UMKM tahunan yang diselenggarakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai Bank terbesar di Indonesia. Kegiatan Brilianpreneur dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian BRI terhadap para pelaku UMKM. Hal ini karena UMKM memiliki peranan penting yaitu sebagai salah satu penyokong ekonomi Indonesia.
Di tahun 2023 ini, kegiatan pameran Brilianpreneur akan diselenggarakan pada tanggal 7-10 Desember mendatang di bawah tema ‘Crafting Global Connection’ (membangun koneksi global). Tema ini sesuai dengan tujuan pelaksanaan Brilianpreneur 2023 yaitu untuk mendorong para pelaku UMKM agar bisa go international.
Tahun ini, sebanyak lebih dari 500 UMKM terpilih akan hadir sebagai peserta pameran dengan 5 kategori utama yaitu Home Decor & Craft (Dekorasi dan Kerajinan Rumah), Food & Beverage (Makanan dan Minuman), Accessories & Beauty (Aksesoris dan Kecantikan), Fashion & Wastra (Gaya Busana dan Aneka Kain Tradisional), serta Healthcare (Kesehatan).
Tak hanya itu, Brilianpreneur 2023 juga akan menampilkan berbagai kegiatan menarik seperti Pojok Konsultasi, UMKM Award, Expo Showcase UMKM, Bazaar, Business Matching, Entertainment & Art Installation, Live Shopping, Creative Lab, dan Community Activation. Nah, untuk melihat daftar UMKM mana saja yang menjadi partisipan serta informasi lainnya, Sahabat Wirausaha dapat mengunjungi laman web brilianpreneur.com ya.
Demikian ulasan singkat mengenai daftar event khusus UMKM di Indonesia. Nah, dari daftar event tersebut, Sahabat Wirausaha sudah mengunjungi event yang mana nih?
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.
Referensi : asephi.com, brilianpreneur.com, cnbcindonesia.com, inacraft.co, kemlu.go.id, pertamina.com, sialinterfood.com, smexpo.pertamina.com, tradexpoindonesia.com.