Sahabat Wirausaha pernah cek trafik websitenya? Ada kalanya, website Anda sudah berada di halaman pertama hasil pencarian Google untuk berbagai kata kunci. Namun, jumlah trafiknya belum mencapai yang diharapkan. Hal ini pertanda bahwa website Sahabat memiliki click through rate yang rendah. Apa itu click through rate, apa manfaat mengimplementasikan metode click through rate untuk bisnis Sahabat Wirausaha, hingga bagaimana cara menghitungnya? Simak artikelnya ini ya.

Baca Juga: Mengenal Istilah Social Media Campaign

Gambar 1. Click Through Rate


Mengenal Apa itu Click Through Rate

Click through rate atau yang biasa disingkat CTR adalah rasio jumlah klik terhadap jumlah impression. Jika Sahabat Wirausaha belum familiar, impression adalah jumlah munculnya halaman website di hasil pencarian Google. Secara sederhana, CTR adalah persentase orang yang melihat halaman web yang mengklik iklan tertentu yang muncul di halaman tersebut. Dilansir dari Investopedia, rasio klik per tayangan mengukur seberapa sukses sebuah iklan Sahabat dalam menangkap minat pengguna. Artinya, semakin tinggi CTR atau rasio klik tayang, semakin sukses pula iklan tersebut.

Baca Juga: Marketing Campaign, Seberapa Efektif Meningkatkan Penjualan?


Manfaat Click Through Rate

Perlu Sahabat Wirausaha ketahui bahwa CTR yang tinggi bukan jaminan bahwa promosi atau iklan kampanye Sahabat sukses dan menghasilkan konversi penjualan tinggi. Mengapa demikian? karena bisa saja pengunjung mengklik iklan hanya karena penasaran tanpa ada sedikitpun niat membeli.

Namun setidaknya, dengan mengetahui click through rate, Sahabat Wirausaha dapat menganalisis bounce rate nya, yaitu berapa banyak pengunjung yang berinteraksi seperti membaca konten, berkomentar, scrolling, dan lain sebagainya di website Sahabat.


Cara Menghitung Click Through Rate

Teknik penghitungan CTR sangat sederhana, yaitu dengan membagi membagi “jumlah orang yang mengklik link atau iklan Sahabat dengan jumlah total tayangan, kemudian hasilnya dikalikan dengan 100%”.

Sebagai contoh, iklan online Sahabat Wirausaha telah di klik sebanyak 100 kali setelah ditayangkan 2.000 kali, dan kemudian dikalikan 100 persen, rasio yang dihasilkan dari iklan tersebut sebesar 5 persen dengan menggunakan rumus tersebut [(100/2.000x100=5%)]. Mudah, bukan?

Gambar 2. Rumus CTR

Baca Juga: Apa itu Social Media Influencer?

Sahabat Wirausaha, itulah penjelasan singkat terkait click through rate. Selamat mencoba dan semoga dapat menambah wawasan, selamat bertumbuh!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

Niagahoster. 5 Rahasia Meningkatkan CTR.