Khakikakiku - Brand sepatu lokal yang satu ini tentu telah akrab di kalangan para wanita. Dengan menyuguhkan desain yang tidak hanya unik, tetapi juga menghadirkan material yang ringan, tahan lama, dan nyaman dalam berbagai varian produknya. Brand ini berhasil mengukuhkan eksistensinya sebagai pilihan berkualitas, tidak kalah dengan merek global lainnya. Iya betul, kita sedang berbicara tentang brand Khakikakiku.

Tak hanya dikenal dengan produknya yang stylish, Khakikakiku juga siap berbagi panduan berharga bagi mereka yang tertarik mengembangkan bisnis sepatu. Berbagi pengalaman yang telah mereka dapatkan selama bertahun-tahun. Apakah Sahabat Wirausaha penasaran dengan tipsnya? Mari kita ikuti tips mengembangkan bisnis sepatu ala Khakikakiku untuk meraih inspirasi dan pengetahuan baru dalam mengembangkan bisnis sepatu kalian!


Sejarah Brand Khakikakiku

Khakikakiku didirikan dari sebuah outlet kecil di Paris Van Java Shopping Mall di tengah kota Bandung pada bulan September 2010. Pemiliknya merupakan pasangan suami istri yaitu Esther dan Rudi. Sebelum memulai bisnis sepatu, awalnya, Esther dan Rudi hanya menjual produk berupa tas dan aksesoris yang dijual ke outlet, kantor, dan sekitaran kampus. Melakukan inovasi, akhirnya lahirlah Khakikakiku dengan produk utama yaitu sepatu wanita.

Sama dengan bisnis lainnya, bisnis sepatu Khakikakiku juga mengalami beberapa kendala di saat awal merintis. Rudi bercerita, salah salah satu masalah yang dihadapi saat awal memulai Khakikakiku adalah sulitnya menemukan bahan kulit yang disukai konsumen. Tidak menyerah, Esther dan Rudi menjadikan saran konsumen sebagai bahan evaluasi sehingga brand Khakikakiku terus eksis sampai saat ini.

Dengan sejarah perjalanannya yang dimulai sejak tahun 2010, brand ini kini telah membuka beberapa cabang di kota-kota besar seperti Jakarta, Tangerang, dan Bandung. Kehadirannya yang semakin meluas menunjukkan bahwa Khakikakiku telah diterima dan diakui oleh pasar dengan antusiasme yang tinggi.

Baca Juga: Catat! Ini Cara dan Panduan Membuat Ukuran Sepatu yang Tepat untuk Pelanggan


Tips Mengembangkan Bisnis ala Khakikakiku

Esther dan Rudi memberikan beberapa saran penting dalam proses pengembangan bisnis, antara lain: 

1. Menerima Masukan Konsumen Sebagai Evaluasi Bisnis

Ketika memulai perjalanan bisnisnya, Rudi sangat memperhatikan masukan dari para konsumen yang mengharapkan penggunaan bahan sepatu yang memiliki keunggulan seperti anti gores, kemudahan dalam pembersihan, dan tentu saja kenyamanan tinggi saat digunakan. Sahabat Wirausaha dapat mengambil contoh sikap yang bijak dari pemilik Khakikakiku untuk bisa menghargai konsumen.

Pak Rudi menunjukkan ketertarikan dalam menerima kritik dan saran dari pelanggan, menganggapnya sebagai sumber informasi yang berharga, dan kemudian memasukkannya ke dalam proses evaluasi bisnis. Pendekatan ini membuktikan bahwa kebijaksanaan dalam menerima umpan balik konsumen dapat menjadi pondasi kuat untuk terus memajukan dan mengembangkan bisnis.

2. Bekerjasama dengan Pihak Profesional Untuk Mengembangkan Bisnis

Menjalani peran sebagai single fighter (pejuang tunggal) dalam perjalanan merintis bisnis adalah hal yang umum. Hal ini juga dialami Esther dan Rudi yaitu mengawali perjalanan Khakikakiku dengan mengurus sendiri segala aspek seperti pemasaran dan produksi. Seiring berjalannya waktu, mereka kemudian melibatkan tenaga profesional untuk membantu dalam mengelola pemasaran produk mereka.

Awalnya, fokus pemasaran difokuskan melalui media sosial seperti Instagram, Whatsapp, yang kemudian berkembang ke berbagai platform marketplace. Mereka juga merintis Website resmi sebagai strategi untuk ekspansi dalam memperluas jangkauan pasar.

3. Mengoptimalkan Digital Marketing dengan Iklan

Rudi juga bercerita bahwa pentingnya mengikuti perubahan zaman. Pandemi yang terjadi menyebabkan beberapa konter yang dimiliki harus tutup. Dulu, keuntungan penjualan offline bisa sebesar 55 persen dan sisanya dari penjualan online. Sekarang, penjualan online bisa menyumbang sebesar hamper 80 persen. 

Alhasil, mau tak mau, Rudi harus berinovasi dalam mengembangkan bisnisnya.  Mengikuti perkembangan perubahan strategi pemasaran yaitu digital marketing dan penjualan online, serta menjadikan penggunaan advertisements atau iklan dari media sosial sangat menunjang perkembangan bisnis Khakikakiku. Tentu saja, hal ini didukung dengan bekerjasama dengan tenaga profesional di bidang pemasaran online.

Baca Juga: Kembangkan Resep Turun Temurun, Kisah Rempah Karsa yang Berbisnis Jamu Hingga Pasar Eropa  

4. Mengoptimalkan Konten

Salah satu strategi utama yang banyak digunakan oleh pemilik Khakikakiku dalam mengembangkan bisnis sepatunya adalah memfokuskan upaya dalam penguatan konten produk. Esther dan Rudi berkomitmen untuk menampilkan sisi keunggulan produk dengan jujur dan transparan atau apa adanya. Sebagai contoh, kualitas yang diungkapkan dalam konten harus sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya.

Sahabat Wirausaha bisa melihat bahwa, melalui pendekatan ini, pemilik Khakikakiku berupaya agar konsumen dapat mempercayai informasi yang disajikan. Sehingga ketika membeli produk, pelanggan tidak merasa kecewa dan mendapatkan kualitas produk yang sesuai dengan harapan mereka.

5. Memilih Nama Brand yang Mudah Diingat

Memilih dan menemukan nama brand bisa menjadi tantangan tersendiri, tetapi Esther dan Rudi memiliki pendekatan yang sederhana namun cerdas. Mengingat fokus penjualan pada produk sepatu adalah untuk memang untuk kaki, mereka memilih nama brand yang mencerminkan esensi produk mereka, yaitu ‘kaki-kaki’. Kemudian, dengan cara kreatif, mereka membuatnya menjadi Khakikakiku.

Pendekatan ini bisa dijadikan inspirasi bagi Sahabat Wirausaha dalam memilih nama brand untuk produk sepatu kalian sendiri, memastikan bahwa nama tersebut tidak hanya mencerminkan produk tetapi juga memiliki daya tarik kuat yang dapat mudah diingat konsumen.

6. Bertahap dalam Mengembangkan Bisnis

Pemilik Khakikakiku memberikan tips berharga sebelum memulai usaha, terutama dalam bisnis sepatu, yaitu menghargai konsumen. Karena konsumen sudah cerdas dan jeli dalam memilih produk. Selain itu, Rudi menekankan pentingnya mengetahui arah passion bisnis, karena pemahaman terhadap passion tersebut menjadi kunci untuk mengembangkannya. 

Setelah menemukan passion, langkah selanjutnya adalah mendalami pengetahuan untuk memperluas cakupan dan pengaruh bisnis tersebut. Penting untuk diingat bahwa kesuksesan tidak dapat diraih  secara instan, harus dipertimbangkan secara matang. Misalnya, memasarkan produk melalui media sosial disarankan secara bertahap, jangan menghabiskan modal secara besar-besaran karena menurut Rudi hal ini tidak efektif.

Itu dia sejumlah tips berharga yang telah diberikan dari pemilik Khakikakiku terkait pengembangan bisnis sepatu mereka. Perjalanan menuju kesuksesan yang mereka tempuh tidaklah mudah, namun pesan yang ingin disampaikan adalah pentingnya memiliki strategi cadangan ketika menghadapi kegagalan. Selain itu, miliki passion yang kuat dan tak kalah penting adalah bisnis Sahabat Wirausaha menawarkan produk berkualitas yang dapat melebihi nilai harga jualnya.

Sebelum memulai usaha sepatu, Yuk ikuti tips dalam memilih sepatu dari Khakikakiku yang pas untuk Sahabat Wirausaha berikut ini:

Baca Juga: Ingin Buat Terobosan Bisnis? Simak 9 Cara Mengembangkan Produk Baru


Tips Memilih Sepatu Khakikakiku yang Sesuai

1. Kenali Bahan-bahan yang Digunakan

Ada berbagai jenis bahan yang digunakan Khakikakiku, seperti Premium Synthetic Leather K+ untuk sepatu yang awet dan tahan gores, Lala Foam untuk kenyamanan saat melangkah, serta Kanvas  dan Scuba.

2. Pilih Jenis Sepatu yang Sesuai dengan Tampilan

Sahabat Wirausaha suka bergaya casual dan sporty, maka pilihlah sepatu berjenis sneakers. Tidak suka yang ribet?  Maka pilihlah sepatu berjenis Slip On. Suka bergaya unik? Mungkin sepatu boots cocok untuk kalian.

3. Perhatikan Ukuran Sepatu

Sebelum membeli, ukurlah panjang kaki Sahabat Wirausaha dari tumit sampai jari terpanjang. Sebaiknya mengukur saat malam hari karena kaki saat malam berada di ukuran yang maksimal. Jika Sahabat Wirausaha memiliki kaki yang cenderung melebar, pilihlah satu nomor lebih besar agar kaki tetap muat dalam sepatu.

Pemilik Khakikakiku mengajak Sahabat Wirausaha untuk tidak ragu dalam memulai bisnis sepatu, walaupun dimulai dari produk lokal. Mereka menekankan bahwa kualitas yang unggul akan selalu menjadi daya saing yang signifikan, bahkan bisa melampaui produk luar negeri.

Sesuai dengan semangat Khakikakiku, setiap pembelian dari produk mereka diartikan sebagai dukungan terhadap pemberdayaan produk lokal terutama di tengah krisis ekonomi global. Oleh karena itu, ayo dukung UMKM!

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi:

  1. https://www.youtube.com/watch?v=KR91vbJ_BR
  2. https://khakikakiku.com/
  3. https://id.my-best.com/136956