Omnichannel Marketing Platform - Sahabat Wirausaha, data tahun 2022 menunjukkan bahwa sebanyak 50% penduduk Indonesia menggunakan media sosial untuk mencari barang yang akan dibeli dan sebanyak 36,2% mencari produk untuk dibeli secara online (We Are Social, 2022). Hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat Indonesia untuk melakukan pembelian produk secara online masih cukup tinggi.
Oleh sebab itu, para pelaku usaha tentu harus cepat tanggap dalam meningkatkan kualitas pelayanan mereka, baik online maupun offline, agar hubungan baik dengan pelanggan tetap terjaga. Namun, tampaknya hal tersebut masih menjadi masalah umum di kalangan para pelaku usaha. Lantas, bagaimana cara membangun hubungan baik dengan pelanggan?
Baca Juga: 7 Strategi Mengelola Hubungan Baik Dengan Konsumen
Salah satu caranya adalah dengan menggunakan omnichannel marketing platform. Bagaimana cara kerjanya dan apa saja solusi yang ditawarkan kepada para pelaku usaha? Berikut ulasannya.
Omnichannel Marketing Platform, Kenali Masalah Umum Yang Kerap Dialami Pelaku Usaha
Saat menjalankan bisnis secara online, setiap pelaku usaha akan dihadapkan dengan beberapa masalah bisnis salah satunya adalah masalah terkait pelayanan terhadap pelanggan. Apa saja?
- Kewalahan melayani setiap pesan yang masuk dari pelanggan dan calon pembeli. Apalagi jika pelaku usaha menggunakan sarana komunikasi berupa SMS, Whatsapp, serta direct message dari beberapa media sosial sekaligus. Tentu, pelaku usaha akan kebingungan dan kewalahan untuk membalas setiap pesan tersebut.
- Masih belum mampu mengumpulkan data pelanggan krusial untuk keperluan kampanye promosi atau pemasaran produk. Misalnya, promosi loyalty program. Nah, pelaku usaha akan memberitahukan informasi tersebut kepada pelanggannya melalui e-mail marketing, kontak Whatsapp, atau SMS sehingga sangat penting untuk mengumpulkan data tersebut.
- Belum tahu cara membuat pesan kampanye (campaign message) yang efektif kepada pelanggan. Mulai dari cara menyusun kalimat yang baik hingga cara mengirimkannya kepada kontak setiap pelanggan. Padahal pesan kampanye sangat penting untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
Lantas, bagaimana solusi permasalahan tersebut agar hubungan baik dengan pelanggan bisa terjalin optimal? Nah, Sahabat Wirausaha dapat menerapkan beberapa cara berikut ini.
- Selalu cepat dalam merespon setiap pesan yang masuk dari pelanggan di setiap saluran pemasaran yang digunakan seperti saluran telepon, media sosial, dan situs web. Alasannya, pelanggan tentu tidak suka menunggu terlalu lama untuk memperoleh informasi.
- Mengumpulkan dan mengelola semua data pelanggan dengan baik. Hal ini bertujuan untuk memudahkan setiap pelaku usaha untuk mengirimkan pesan kampanye promosi, informasi peluncuran produk/layanan terbaru, bonus/hadiah, event khusus, dan lainnya.
- Mengirimkan pesan kampanye melalui e-mail marketing. Ini merupakan salah satu cara paling ampuh untuk memelihara hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Pelanggan akan merasa diperhatikan secara personal oleh Sahabat Wirausaha sebagai pelaku usaha.
Baca Juga: Tempa Hubungan Baik Dengan Mitra Bisnis Lewat 9 Cara Berikut
Kabar baiknya adalah ketiga cara tersebut dapat Sahabat Wirausaha lakukan melalui satu program aplikasi saja, yaitu Omnichannel Marketing. Mari kita simak bagaimana platform ini dapat membantu Sahabat Wirausaha atasi berbagai persoalan tersebut.
Mengenal Omnichannel Marketing Platform dan Cara Kerjanya
Omnichannel marketing platform adalah solusi terbaik bagi para pelaku usaha yang ingin menjalankan proses bisnis online seperti penjualan dan pemasaran dengan lebih mudah dan praktis. Omnichannel marketing platform ini berupa program aplikasi yang mampu mengintegrasikan saluran komunikasi yang dimiliki pelaku usaha, marketplace, situs web, serta toko online dan offline sehingga semuanya saling terhubung. Dengan menggunakan satu program aplikasi saja, Sahabat Wirausaha dapat menghemat biaya, waktu, serta tenaga.
Bagaimana cara kerjanya? Sederhananya, bisnis yang telah menerapkan omnichannel marketing akan mengarahkan pelanggan dan calon pembeli yang ada di media sosial mereka seperti Instagram dan TikTok untuk mengklik sebuah link/tautan di profil akun. Setelah pelanggan dan calon pembeli mengklik link/tautan tersebut maka akan muncul tampilan halaman yang berisi daftar marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, BliBli.com, JD.ID, Bukalapak, Zalora, dan lainnya. Selain itu, tersedia kontak Whatsapp Customer Service, situs web, serta media sosial bisnis tersebut.
Lebih lanjut, pelanggan dan calon pembeli dapat memilih marketplace mana yang ingin dituju untuk berbelanja. Jika ingin mengetahui informasi terkait proses jual beli produk atau ingin menyampaikan keluhan dan komplain, maka pelanggan dan calon pembeli dapat mengklik tulisan Customer Service. Pelanggan tidak perlu berpindah-pindah platform sosial mereka untuk membeli suatu produk karena semuanya telah terintegrasi di dalam satu program aplikasi saja. Nah, lebih mudah dan praktis, bukan? Pelanggan dapat memiliki pengalaman berbelanja yang menyenangkan tanpa ribet.
3 Kelebihan Omnichannel Marketing
Nah, setelah mengetahui tentang omnichannel marketing platform, berikut ini adalah sederet solusi yang ditawarkan aplikasi omnichannel kepada para pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan.
1. Kemudahan Komunikasi dan Interaksi dengan Pelanggan.
Apakah Sahabat Wirausaha mendapat banyak komentar dan pesan dari pengguna media sosial terkait harga produk? Bayangkan saja jika terdapat 20 sampai 30 komentar per hari di setiap akun media sosial, pastinya akan menguras tenaga dan waktu staf admin untuk membalas komentar dan pesan tersebut satu per satu, bukan?
Nah, dengan fitur automation atau auto reply pada program aplikasi omnichannel, pemilik usaha dapat membalas setiap pesan dan komentar di postingan yang ada di media sosial secara otomatis tanpa harus membalas satu per satu secara manual. Staf customer service juga dapat menjawab pertanyaan semua pelanggan dari berbagai saluran komunikasi dengan lebih efektif.
Baca Juga: Tips Mengelola Kontak untuk Membangun Hubungan Baik dengan Konsumen
2. Kemudahan Mengumpulkan Data Pelanggan.
Sahabat Wirausaha tidak perlu ribet untuk mengumpulkan data pelanggan secara manual karena program aplikasi omnichannel akan mengumpulkan setiap data pelanggan seperti alamat e-mail, kontak whatsapp, dan nomor telefon di dalam database serta membantu pelaku usaha untuk memahami perilaku konsumen.
3. Kemudahan Mengelola Pesan Kampanye (campaign message).
Program aplikasi omnichannel juga menyediakan template khusus bagi pelaku usaha untuk mengirimkan pesan kampanye atau pesan broadcast dengan mudah kepada seluruh pelanggan melalui Whatsapp atau e-mail marketing. Setelah mengirim pesan, pelaku usaha dapat memantau berapa banyak pesan yang berhasil terkirim dan berapa banyak pesan yang direspon pelanggan.
Di Indonesia kini telah banyak program aplikasi omnichannel yang dapat digunakan oleh Sahabat Wirausaha. Salah satu contohnya adalah Sleekflow Indonesia. Dengan menggunakan aplikasi Sleekflow, Sahabat Wirausaha dapat merasakan tiga kemudahan tersebut di atas dan masih banyak lagi loh fitur-fitur terbaik yang ada dalam aplikasi ini. Sleekflow Indonesia dapat membantu pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan dan layanan bantuan terhadap pelanggan serta meningkatkan kinerja bisnis. Sahabat Wirausaha dapat mengunjungi situs web, instagram, maupun youtube Sleekflow Indonesia untuk memperoleh informasi lebih lanjut.
Omnichannel marketing platform memang terbukti sangat membantu para pelaku usaha dalam meningkatkan kualitas pelayanan, baik online maupun offline, sehingga hubungan baik dengan pelanggan dapat terjaga. Mulai dari proses penjualan, pemasaran, hingga interaksi dengan pelanggan pun menjadi jauh lebih mudah dan praktis dengan menggunakan aplikasi omnichannel tersebut. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan aplikasi omnichannel sekarang juga.
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.
Referensi Web : We Are Social, Web Sleekflow, Youtube Sleekflow.