Omnichannel Marketing - Pernah nggak sih Sahabat Wirausaha merasa bingung atau kewalahan dalam mengelola banyak platform bisnis? Jika jawabannya ‘pernah’, maka Sahabat Wirausaha perlu kenalan dulu nih dengan aplikasi multifungsi yaitu Omnichannel Marketing. Hanya dengan satu aplikasi omnichannel saja, Sahabat Wirausaha dapat mengelola semua platform bisnis dengan mudah dan tanpa ribet!
Aplikasi omnichannel marketing memiliki keunggulan khusus yang membedakannya dengan multichannel marketing. Aplikasi tersebut memiliki beberapa fitur canggih yang dapat membantu Sahabat Wirausaha untuk menjalankan bisnis, baik online maupun offline. Penasaran apa saja fitur dan manfaatnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.
Omnichannel Marketing, 6 Fitur Terbaiknya
Aplikasi omnichannel memiliki fitur beragam, yang masing-masing memiliki fungsi sebagai berikut :
1. Fitur Messaging Channels & Integrations
Salah satu keunggulan aplikasi omnichannel adalah mampu menghubungkan dan mengintegrasikan semua saluran pemasaran seperti WhatsApp Business, Facebook Messenger, Instagram Business, WeChat Official, LINE Business, Telegram, Viber, SMS, dan Live Chat Widget dengan berbagai marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Shopify, Bukalapak, Blibli.com, dan lainnya.
Baca Juga: Multichannel Marketing
Fitur messaging channels & integrations memiliki fungsi yang sama dengan fitur inbox. Melalui fitur ini, pemilik bisnis dapat mengirim dan membalas setiap pesan dari pelanggan dan calon pembeli dari berbagai saluran dan marketplace dalam satu tempat saja. Tidak perlu ribet untuk berpindah-pindah saluran lagi. Lebih mudah dan praktis, bukan?
2. Fitur Inbox
Fitur inbox atau kotak masuk adalah fitur yang berfungsi untuk menggabungkan semua saluran percakapan antara pemilik bisnis dengan pelanggan atau calon pembeli. Semua percakapan di berbagai aplikasi, terintegrasi ke dalam satu aplikasi CRM sehingga para pemilik bisnis dapat memberikan layanan yang efisien kepada para pelanggan.
Nah, jika sebelumnya Sahabat Wirausaha harus berpindah-pindah tab untuk membalas setiap pesan pelanggan yang masuk dari berbagai aplikasi atau toko online, kini Sahabat Wirausaha tidak perlu ribet lagi. Dengan menggunakan fitur inbox ini, semua pesan dapat direspon dengan mudah dan cepat dalam satu halaman aplikasi saja loh.
3. Fitur Social CRM
Fitur Social CRM adalah fitur khusus untuk media sosial yang berbasis sistem Customer Relationship Management (CRM). CRM merupakan sebuah sistem yang membantu pemilik bisnis dalam mengelola hubungan dengan pelanggan maupun calon pelanggan. Dengan fitur CRM, pemilik bisnis semakin mudah untuk melakukan beberapa hal seperti berikut ini.
- Mengelompokkan pelanggan ke dalam beberapa segmen berdasarkan perilaku berbelanja, demografi, atau lainnya.
- Menganalisis aktivitas dan interaksi pelanggan di media sosial.
- Mengevaluasi kinerja tim secara berkala untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Dari kumpulan informasi dan data yang diperoleh tersebut, Sahabat Wirausaha dapat lebih mudah melakukan perbandingan dan analisis, menyusun strategi bisnis, serta mengambil keputusan demi mengelola hubungan yang baik dengan pelanggan.
Baca Juga: Strategi Branding
4. Fitur Marketing & Broadcast Campaign
Fitur marketing & broadcast campaign atau fitur kampanye pemasaran memungkinkan pemilik bisnis untuk mengirimkan pesan broadcast WhatsApp secara serentak kepada para pelanggan. Caranya mudah yaitu pemilik bisnis hanya perlu mengimpor semua daftar kontak pelanggan yang ada di file spreadsheet ke CRM Tools pada aplikasi omnichannel. Selanjutnya, pemilik bisnis dapat menyesuaikan isi pesan broadcast pada template yang sudah tersedia di aplikasi omnichannel.
Setelah mengklik tombol ‘publish’ atau ‘send’, sistem akan mengirimkan pesan broadcast secara otomatis kepada semua daftar kontak yang telah diimpor sebelumnya, sehingga setiap pesan berisi nama pelanggan yang berbeda-beda. Hal ini membuat pesan broadcast menjadi lebih personal dan para pelanggan dapat merasa seperti sedang berbicara dengan teman dekat.
5. Fitur Automations & Chatbot Solutions
Fitur automations & chatbot solutions adalah fitur yang berfungsi untuk memudahkan pemilik bisnis dalam merespon setiap pesan dari pelanggan atau membalas komentar di postingan media sosial secara otomatis. Selain itu, pemilik bisnis dapat membuat dan mengatur chatbot untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan dan calon pembeli.
Chatbot merupakan program komputer yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan dengan pengguna (manusia), terutama melalui internet, baik melalui audio maupun teks. Nah, bentuknya sama seperti menggunakan WhatsApp Auto Reply loh. Dengan menggunakan fitur ini, pemilik bisnis tidak akan kewalahan lagi dalam membalas setiap pesan dan komentar dari para pelanggan.
6. Fitur In-Chat Payment Links
Fitur in-chat payment links atau fitur tautan pembayaran berfungsi untuk memudahkan transaksi pembayaran. Pemilik bisnis dapat membuat link khusus untuk menerima pembayaran dari pelanggan. Sesuai dengan namanya, pembayaran tersebut dapat diterima melalui kolom chat pada halaman aplikasi omnichannel.
Pemilik bisnis hanya perlu menghubungkan toko di e-commerce, kemudian pilih produk di chat untuk membuat link pembayaran dengan mengklik tombol “generate link”. Setelah itu, link tersebut dibagikan kepada pelanggan atau calon pembeli melalui chat. Proses pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan Apple Pay, Google Pay, atau kartu kredit.
Baca Juga: Mengenal QRIS, Metode Pembayaran yang Memudahkan Transaksi Bisnis UKM
Manfaat Fitur Aplikasi Omnichannel
Fitur-fitur dalam aplikasi omnichannel memang cukup beragam dan masing-masing memiliki manfaat penting bagi para pemilik bisnis, antara lain :
- Membantu para pemilik bisnis untuk mengelola produk di berbagai marketplace secara bersamaan.
- Memudahkan para pemilik bisnis untuk mengelola semua pesanan pelanggan/pembeli yang masuk dari marketplace yang berbeda-beda.
- Membantu para pemilik bisnis untuk mengelola stok barang dari toko online maupun offline.
- Memudahkan para pemilik bisnis untuk mengenal pelanggan dan mempelajari perilaku belanja mereka melalui sistem Customer Relationship Management (CRM).
- Membantu para pemilik bisnis untuk menganalisis laporan keuangan dan laporan penjualan dari semua toko marketplace-nya.
- Membantu para pemilik bisnis untuk menghemat waktu, biaya, dan tenaga.
- Membantu para pemilik bisnis untuk meningkatkan penjualan serta pertumbuhan bisnisnya.
Menarik, bukan? Nah, aplikasi omnichannel sendiri jumlahnya sudah cukup banyak di Indonesia dan dapat digunakan untuk segala ukuran bisnis baik start-up, UMKM, hingga bisnis berskala besar. Seluruh fitur omnichannel bermanfaat dalam memudahkan pemilik bisnis untuk mengelola pesanan, stok, dan pelanggan. Alhasil, pemilik bisnis dapat menghemat waktu, biaya, serta tenaga.
Jika masih bingung mau memilih aplikasi yang mana, maka Sahabat Wirausaha dapat menggunakan Aplikasi Omnichannel SleekFlow. SleekFlow merupakan aplikasi omnichannel berbasis sistem CRM yang dapat membantu pemilik bisnis untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan. Sahabat Wirausaha tidak perlu ragu menggunakan aplikasi ini karena harganya cukup terjangkau dan tersedia untuk periode bulanan maupun tahunan. Nah, informasi harga selengkapnya dapat dilihat melalui link ini ya.
Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, beralih ke aplikasi omnichannel sekarang.
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.
Referensi Web : SleekFlow Indonesia, Wikipedia.