Tools Digital Marketing Gratis Untuk Usaha Rumahan – Sebagai pemilik usaha rumahan, kami paham betul bahwa budget untuk promosi seringkali terbatas. Tapi, jangan khawatir! Sekarang ini, ada banyak tools digital marketing gratis untuk pemilik usaha rumahan yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Tools ini tidak kalah efisien dengan versi berbayarnya, lho.
Kamu bisa menggunakan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, meningkatkan brand awareness, bahkan meningkatkan penjualan. Di artikel ini, kita akan membahas 7 tools digital marketing gratis yang wajib kamu coba. Yuk kita ulas, mulai dari fitur utama sampai cara pakainya. Dengan begitu, Sahabat Wirausaha bisa langsung menerapkannya untuk bisnis!
1. Google Analytics
Sebagai pemilik usaha rumahan, penting banget untuk tahu performa website bisnismu. Nah, Google Analytics ini adalah tools gratis dari Google yang bisa memberikan segudang informasi penting. Kamu bisa melihat berapa banyak orang yang mengunjungi website-mu, halaman apa saja yang paling sering dilihat, dari mana mereka datang (misalnya, dari media sosial, search engine atau website lain), dan masih banyak lagi.
Dengan data-data ini, kamu bisa menyusun strategi digital marketing yang lebih jitu. Misalnya, kalau ternyata banyak pengunjung datang dari Instagram, kamu bisa fokus untuk memperkuat konten di platform tersebut. Atau, kalau ada halaman website yang jarang dikunjungi, kamu bisa perbaiki kontennya agar lebih menarik. Google Analytics ini ibarat kompas yang memandu dalam menjalankan bisnis online.
Baca Juga: 10 Cara Membangun Brand yang Kuat dengan Budget Minim
2. Google Search Console
Selain Google Analytics, tools digital marketing gratis untuk pemilik usaha rumahan selanjutnya yaitu Google Search Console. Fungsinya untuk memastikan website kamu "bersahabat" dengan Google. Tools ini akan memberi tahu kalau ada masalah teknis di website yang membuat Google kesulitan mengindeksnya.
Sahabat Wirausaha juga bisa submit sitemap (daftar halaman website) ke Google melalui Search Console ini. Fungsinya agar Google bisa lebih cepat menemukan dan menampilkan halaman-halaman website-mu di hasil pencarian.
Selain itu, kamu juga bisa memantau kata kunci (keyword) apa saja yang membuat orang menemukan website-mu di Google. Dengan begitu, kamu bisa lebih optimal dalam menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnismu.
3. Canva
Siapa bilang bikin desain promosi yang menarik itu susah? Dengan Canva, Sahabat Wirausaha bisa membuat desain visual yang eye-catching tanpa perlu skill desain grafis sama sekali. Tools digital marketing gratis untuk pemilik usaha rumahan ini menyediakan ribuan template siap pakai yang bisa kamu modifikasi sesuai kebutuhan. Mau bikin postingan media sosial, banner website, brosur, flyer, atau bahkan logo? Semuanya bisa!
Canva sangat mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun. Kamu tinggal drag and drop elemen-elemen desain yang diinginkan, ganti warna, tambahkan teks, dan voila! Desain profesional siap untuk mempromosikan bisnismu. Tampilan visual yang menarik ini sangat penting untuk menarik perhatian calon pelanggan di dunia maya yang serba cepat.
Gabung jadi Member ukmindonesia.id buat update terus info seputar UMKM dan peluang usaha!
4. Mailchimp (Versi Gratis)
Mungkin kamu berpikir, "Email marketing? Apa nggak ketinggalan zaman?". Jangan salah! Email marketing masih menjadi salah satu cara paling efisien untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan. Tools digital marketing gratis untuk pemilik usaha rumahan ini adalah platform email marketing yang menyediakan versi gratis dengan fitur yang cukup lengkap.
Dengan Mailchimp, kamu bisa mengumpulkan email pelanggan (tentunya dengan izin mereka), membuat email newsletter yang menarik, mengirimkan promosi khusus, atau sekadar menyapa pelanggan setia. Versi gratis Mailchimp memang memiliki batasan jumlah subscriber dan pengiriman email, tapi tetap sangat bermanfaat untuk memulai email marketing.
5. Ubersuggest (Versi Gratis)
Ubersuggest adalah tools yang sangat berguna untuk riset kata kunci (keyword research) dan mencari ide konten. Sahabat Wirausaha bisa memasukkan kata kunci yang berkaitan dengan bisnismu, lalu Ubersuggest akan memberikan daftar kata kunci turunan, pertanyaan yang sering diajukan orang terkait kata kunci tersebut, dan ide-ide konten yang relevan.
Selain itu, kamu juga bisa "mengintip" strategi keyword kompetitor, lho. Dengan mengetahui kata kunci apa saja yang mereka gunakan, kamu bisa mencari celah dan peluang untuk bersaing. Ubersuggest versi gratis memang memiliki batasan, tapi sudah cukup untuk membantu membuat konten yang lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan target pasar mu.
6. Buffer (Versi Gratis)
Punya banyak akun media sosial untuk bisnis? Pasti repot banget kalau harus posting satu per satu di platform yang berbeda. Nah, tools digital marketing gratis untuk pemilik usaha rumahan ini bisa membantu kamu menjadwalkan postingan media sosial di berbagai platform, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn.
Kamu bisa mengatur jadwal posting untuk seminggu atau bahkan sebulan ke depan. Jadi, Sahabat Wirausaha nggak perlu lagi online setiap saat hanya untuk posting konten. Dengan Buffer, kamu bisa menghemat waktu dan tenaga, sehingga bisa fokus pada aspek bisnis lainnya. Versi gratis Buffer memang terbatas untuk jumlah akun media sosial dan postingan terjadwal, tapi sudah cukup untuk kebutuhan usaha rumahan.
Baca Juga: 7 Panduan Membuat Konten Viral untuk Promosi Usaha Rumahan
7. Google My Business (GMB)
Kalau usaha kamu punya lokasi fisik, seperti toko, workshop, atau rumah produksi, pastikan kamu mendaftarkan bisnismu di Google My Business (GMB). Tools gratis dari Google ini akan menampilkan profil bisnis kamu di Google Maps dan hasil pencarian lokal.
Ketika orang mencari produk atau jasa yang kamu tawarkan di sekitar lokasi mereka, profil GMB akan muncul. Profil ini bisa berisi informasi penting seperti alamat, nomor telepon, jam buka, website, foto-foto produk atau tempat usaha, serta review dari pelanggan. Dengan GMB, calon pelanggan bisa lebih mudah menemukan dan menghubungi kamu.
Itulah 7 tools digital marketing gratis untuk pemilik usaha rumahan yang sangat powerful dan wajib kamu coba. Dengan memanfaatkan tools ini, kamu bisa meningkatkan jangkauan pemasaran, membangun brand awareness, dan tentu saja, meningkatkan penjualan.
Jangan lupa, kunci keberhasilan dalam digital marketing adalah konsistensi. Teruslah mencoba, belajar, dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Digital marketing itu dinamis, akan selalu ada tools dan strategi baru yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan usaha. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!
Jika tulisan ini bermanfaat, silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM.