Sumber: Freepik

Strategi pemasaran terdiri dari tiga tahapan yaitu segmenting, targeting, dan positioning. Segmenting yang merupakan tahap awal strategi pemasaran dilakukan untuk mengenal dan mengkategorikan konsumen berdasarkan karakteristiknya sehingga kita bisa menentukan konsumen dengan karakteristik seperti apa yang paling potensial membeli produk kita.

Nah Sahabat Wirausaha, setelah mengetahui siapa saja segmen konsumen yang berada di suatu pasar, strategi pemasaran berikutnya adalah targeting atau menetapkan konsumen yang menjadi target pemasaran kita. Apa itu targeting? Apa fungsinya dalam strategi pemasaran? Bagaimana menentukannya? Mari temukan penjelasannya dalam kamus bisnis berikut.

Baca Juga: Mengenal NFT dan Manfaatnya Bagi Bisnis


Definisi

Targeting adalah menetapkan segmen konsumen yang akan disasar. Targeting dilakukan setelah perusahaan mengidentifikasi karakteristik dan kebutuhan konsumen pada tahap segmenting. Melalui proses ini, perusahaan mengevaluasi karakteristik konsumen yang ada di pasar, memahami apa yang membuat konsumen tertarik, lalu memilih satu atau lebih segmen untuk dimasuki.

Baca Juga: Jawa Classic, Mengulik Limbah Menjadi Apik dan Menarik

Dengan menetapkan target pasar, perusahaan dapat mengarahkan sumber dayanya untuk menjalankan strategi pemasaran yang paling menguntungkan perusahaan. Media Neliti mengungkapkan bahwa ada beberapa strategi yang dapat dipilih perusahaan setelah menentukan target pasar, antara lain sebagai berikut :

  1. Undifferentiated Marketing /Mass Marketing yaitu perusahaan memutuskan untuk mengabaikan perbedaan segmen pasar dan memenuhi keseluruhan pasar dengan satu tawaran. Strategi ini difokuskan pada kebutuhan konsumen secara umum dibandingkan hal lain.
  2. Differentiated Marketing yaitu perusahaan menargetkan beberapa segmen pasar dan mendesain tawaran yang terpisah kepada setiap segmen pasar. Dengan menawarkan berbagai variasi produk kepada setiap segmen pasar, perusahaan berharap mencapai target penjualan lebih tinggi dan posisi yang kuat di setiap segmen pasar.
  3. Concentrated Marketing yaitu perusahaan hanya fokus memasarkan produknya kepada satu atau beberapa kelompok pembeli saja sehingga pemasaran hanya ditujukan kepada kelompok pembeli yang paling berpotensi.
  4. Micromarketing yaitu perusahaan menghasilkan produk untuk individu yang spesifik dan pada lokasi tertentu.

Baca Juga: Cerita Dibalik Perjalanan Bisnis Aisyah Cake and Cookies


Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Target Pasar

Meraih keuntungan tertinggi merupakan pilihan rasional bagi perusahaan saat merencanakan strategi pemasaran. Namun setiap perusahaan tentu memiliki keterbatasan sumber daya sehingga startegi yang diputuskan harus juga mempertimbangkan kemampuan perusahaan.

Dikutip dari Jurnal Entrepreneur, sebelum memilih target pasar, pelaku usaha perlu mempertimbangkan tiga hal berikut :

Pertama, membidik segmen pasar yang paling menguntungkan. Setelah mengkategorikan segmen pasar, kita perlu mempertimbangkan segmen pasar mana yang akan mendatangkan keuntungan paling besar. Memilih segmen pasar terbesar yang potensial merupakan pilihan rasional perusahaan, namun tidak menutup kemungkinan segmen pasar yang kecil pun memiliki prospek menguntungkan di masa mendatang. Pelaku usaha harus mempertimbangkan hal ini secara mendalam sebelum mengambil keputusan.

Baca Juga: Peluang Pasar Produk Mainan Anak

Kedua, didasarkan pada keunggulan kompetitif perusahaan. Pelaku usaha perlu menilai apakah perusahaan memiliki kekuatan dan keahlian yang cukup untuk menguasai segmen pasar yang dituju, dan apakah produk yang ditawarkan relevan dengan kebutuhan segmen konsumen. Perusahaan juga perlu menganalisis apakah segmen pasar yang dipilih telah sejalan dan mendukung tujuan jangka panjang perusahaan.

Ketiga, pertimbangkan situasi persaingan yang ada. Segmen konsumen yang menjadi target memiliki kemungkinan sudah menjadi target kompetitor lain sehingga pelaku usaha perlu mempertimbangkan situasi persaingan karena pasti akan berpengaruh terhadap targeting perusahaan.

Baca Juga: Apa itu Affiliated Marketing?

Targeting merupakan tahapan dalam strategi pemasaran untuk membidik target pasar yang paling potensial bagi perusahaan. Menetapkan target pasar memberi manfaat bagi perusahaan untuk merencanakan keputusan pemasaran yang dapat menarik segmen pasar terpilih sehingga perusahaan memperoleh nilai penjualan yang semakin tinggi.

Semoga artikel ini membuka wawasan Sahabat Wirausaha akan pentingnya menentukan target pasar dalam strategi pemasaran.