Gambar: Youtube (GlobalLinker)

Pernahkan Sahabat Wirausaha berpikir untuk membuat produk baru? Mungkin saja Sahabat Wirausaha sedang ingin memulai usaha dengan menciptakan sebuah produk, atau bahkan usaha sudah berjalan namun Sahabat Wirausaha ingin membuat produk baru.

Tapi, pasti nanti akan muncul banyak pertanyaan. “Produknya akan disukai konsumen ga ya?”, “Konsumen sukanya produk yang seperti apa ya?”, “Gimana ya caranya buat produk baru ini?”, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya seputar itu.

Nah, itu artinya Sahabat Wirausaha butuh atau sedang melakukan sebuah proses yang namanya Research & Development (R&D), atau Riset dan Pengembangan. Apa itu R&D dan apa pentingnya? Yuk, simak terus artikel ini!

Baca Juga: Apa itu Product Adaptation?


Apa itu R&D?

Dilansir dari Shopify.com, R&D adalah sebuah proses pengumpulan informasi yang nantinya akan digunakan untuk membuat sebuah produk, jasa, teknologi, atau sistem baru untuk digunakan atau dijual oleh perusahaan. Jadi, ternyata R&D itu bukan cuma untuk riset produk saja, lho! Bisa saja sebuah perusahaan memerlukan sebuah teknologi baru untuk meningkatkan efisiensi operasi perusahaan.

Semua perusahaan pasti melakukan R&D. Sebagai contoh, Sahabat Wirausaha pasti sering melihat menu-menu baru di makanan cepat saji seperti McDonalds dan KFC. Mulai dari ayam goreng saus salted egg yang dulu sempat ramai dibicarakan, sampai menu nasi uduk di McDonalds. Produk-produk itu adalah hasil dari R&D mereka. Atau bahkan, bisa jadi menjual menu-menu baru itu malah merupakan kegiatan R&D itu sendiri, dengan cara mencari tahu apakah menu baru ini sesuai dengan selera konsumen atau tidak.

Baca Juga: Tips Sukses Mengikuti Pameran dan Meningkatkan Kualitas Produk Ala Kultiva Co

Tenang saja, meskipun terdengar seolah-olah R&D adalah sesuatu yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar, sejatinya usaha dalam skala apapun bisa melakukan R&D. Mulai dari kegiatan sekecil apapun, misalnya meminta pendapat konsumen apakah makanan yang disajikan di warteg sudah enak atau belum, atau meminta pendapat tetangga mengenai kue yang kemarin Sahabat Wirausaha jual kepadanya, semuanya adalah salah satu bentuk R&D juga, lho! Siapa tahu tanpa sadar justru Sahabat Wirausaha selama ini sudah melakukan R&D.


Mengapa R&D itu Penting?

Tentunya dalam berbisnis pasti Sahabat Wirausaha ingin agar produk atau jasanya selalu dinikmati dan disukai konsumen. Lebih jauh lagi bila bisa bersaing dan unggul dari produk kompetitor. R&D adalah kunci dari keberlanjutan hidupnya sebuah usaha.

Jangan sampai Sahabat Wirausaha menciptakan suatu produk yang kurang disukai konsumen karena tidak pernah bertanya atau meminta pendapat. Yang Sahabat Wirausaha sadari hanya semakin berkurangnya jumlah konsumen dari waktu ke waktu. Kalau begitu caranya, pasti usaha tidak akan bertahan lama.

Baca Juga: Cara Mendorong Kreativitas Dalam Berbisnis

Jadikanlah konsumen sebagai prioritas utama, cari tahu apa yang mereka suka dan mau. Bahkan sangat memungkinkan bila Sahabat Wirausaha meminta pendapat konsumen secara rutin, konsumen akan memberikan ide baru untuk Sahabat Wirausaha.

Misalkan Sahabat Wirausaha membuka warteg di daerah perkantoran, lalu ada konsumen yang mengeluhkan “Saya suka terburu-buru kalau makan di luar seperti ini, karena jam istirahat saya hanya sebentar”. Lalu keluhan itu memberikan Sahabat Wirausaha ide untuk memberikan layanan antar ke kantor melalui pesan WhatsApp agar konsumen bisa memesan makanan sejak sebelum jam istirahat dimulai dan bisa langsung menikmati makanan saat waktu istirahat dimulai. Tanpa diduga hal itu membuat warteg Sahabat Wirausaha jadi ramai menerima pesanan dari kantor-kantor sekitar.

Baca Juga: Cerita Inspirasi Koperasi Inka Bantul

Jadi, jangan lupa untuk menjadikan R&D sebagai bagian dari kegiatan usaha Sahabat Wirausaha ya! Karena itu bisa menjadi kunci dari suksesnya usaha.

Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. https://www.shopify.com/encyclopedia/research-and-development-r-d
  2. Youtube (GlobalLinker)