Pameran telah menjadi media komunikasi bagi UMKM dalam memperkenalkan dan memasarkan produk kepada konsumen secara luas. Pameran menjadi sarana yang baik dalam membangun brand dan jaringan pemasaran bagi UMKM karena bukan hanya terhubung dengan konsumen potensial, namun juga berkesempatan terhubung dengan pemasok (suppliers) dan investor.
Di tingkat nasional, pameran digunakan untuk menghubungkan UMKM di seluruh Indonesia untuk mendapatkan akses informasi secara luas dari berbagai pemangku kepentingan.
Baca Juga: Membedah Pameran Domestik Untuk Produk Kecantikan
Pameran nasional memiliki banyak jenis dan masing-masingnya memiliki tujuan berbeda pula. Mengutip buku “Menimbang Ruang Menata Rupa” karya Mikke Susanto, menjelaskan jenis-jenis pameran sebagai berikut.
Jenis Pameran Berdasarkan Jumlah Peserta Pameran
Pameran berdasarkan jumlah peserta dibagi dari seberapa banyak UMKM yang mengikuti pemeran tersebut. Menurut jumlah peserta, pameran dibagi menjadi dua jenis yaitu:
1. Pameran Tunggal
Pameran Tunggal adalah pameran yang hanya diikuti oleh satu peserta. Dalam hal ini hanya ada satu UMKM pada pameran tersebut. Pameran ini biasanya dilakukan oleh UMKM itu sendiri.
Pameran ini dimaksudkan untuk memperkenalkan sebuah produk atau layanan tertentu secara eksklusif ke kelompok orang tertentu dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Baca Juga: Tips Sukses Mengikuti Pameran dan Meningkatkan Kualitas Produk Ala Kultiva Co
Contohnya, Perusahaan A telah membuat produk baru dan ingin memperkenalkan secara eksklusif pada konsumen lansia, maka mereka hanya akan memamerkan produk baru tersebut dan hanya akan memamerkannya kepada konsumen lansia.
2. Pameran Bersama
Pameran Bersama adalah pameran yang diikuti oleh lebih dari satu orang. Pameran ini biasanya diadakan oleh pemerintah dan komunitas yang memiliki minat dan kepentingan yang sama.
Pameran ini dimaksudkan untuk memperkenalkan sebuah produk pada bidang tertentu. Contohnya, Dinas Perikanan membuat sebuah pameran untuk beberapa UMKM yang memiliki produk seafood untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas.
Jenis Pameran Berdasarkan Waktu Pelaksanaan
1. Annual
Pameran ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun, biasanya dalam rangka memperingati hari-hari tertentu. Contohnya pameran yang diadakan saat akan memperingati hari Idul Fitri dengan mengundang UMKM kue kering dan busana muslim.
Baca Juga: Tips Jitu Untuk Sukses di Pameran Internasional
2. Biennale
Biennale berasal dari bahasa Italia yang berarti “setiap tahun lainnya”. Pameran yang diadakan setiap dua tahun. Istilah biennale digunakan paling sering dalam dunia seni rupa untuk mendeskripsikan pameran seni kontemporer berskala internasional. Biennale Jogja adalah salah satu perhelatan seni berskala internasional yang diikuti seniman dari berbagai negara untuk menampilkan karya seni mereka.
3. Triennale
Pameran ini diadakan setiap tiga tahun sekali yang berstandar internasional dan telah mendapatkan dukungan dari pemerintah beberapa negara kawasan. SEA+ (South East Asia Plus) adalah salah satu contoh triennale.
SEA+ adalah pameran seni visual dari berbagai seniman dari Asia Tenggara (plus) dengan negara-negara yang diundang sesuai dengan tema yang berbeda setiap tahunnya.
Pameran diatas dapat Sahabat Wirausaha manfaatkan guna memperkenalkan produk dan/atau layanan Anda lebih luas, terutama apabila pameran yang diadakan telah berskala internasional maka akan sangat berdampak pada brand Anda.
Baca Juga: Seleksi dan Kurasi Pameran Ambiente 2021 di Frankfurt, Jerman
Jenis Pameran Berdasarkan Tujuan Pelaksanaan
1. Pemeran Seni
Pameran seni bertujuan sebagai media pertunjukan sebuah produk atau program dengan maksud meningkatkan proses apresiasi dan sosialisasi. Pada dasarnya, pameran ini lebih mengutamakan sebuah apresiasi produk tertentu dan sosialisasi terhadap kemajuan sebuah program.
Pameran jenis ini tidak mengutamakan adanya proses transaksi penjualan. Misalnya pameran hasil pertanian, pameran perkembangan teknologi terkini, pameran lukisan, dan lain sebagainya.
2. Pameran Dagang
Pameran dagang bertujuan untuk adanya transaksi penjualan terhadap produk yang dipamerkan. Dalam prosesnya, promosi pameran dilakukan secara masif dengan mengundang para pembeli khusus, dari pengecer hingga distribtor besar. Pada Pameran dagang skala Internasional juga mengundang perusahaan multinasional dan pemerintah untuk meningkatkan penjualan dan berkesempatan untuk melakukan kerjasama bisnis
Kenapa UMKM Harus Mengikuti Pameran Dagang?
Pameran adalah alat pemasaran yang efektif bagi UMKM. Pameran dagang memungkinkan UMKM untuk bertemu dengan pelanggan potensial secara langsung sehingga dapat terjadi transaksi penjualan dan memicu kerjasama bisnis. Pameran dagang membuka banyak kesempatan dan kesepakatan bisnis bagi UMKM.
Baca Juga: Fasilitasi Stand UKM Untuk Pameran Dalam dan Luar Negeri
Setiap tahun kurang lebih 700 pameran dagang diadakan di Indonesia, mulai dari skala lokal hingga skala internasional, baik yang dilaksanakan oleh komunitas hingga pemerintah.
Pameran dagang ini dilaksanakan guna memberikan fasilitas kepada UMKM untuk media promosi dan penjualan, menghubungkan dengan pemasok, hingga pemodal ventura (venture capital) sehingga harapannya dapat memacu pertumbuhan bisnis UMKM yang pada akhirnya juga akan memacu pertumbukan ekonomi nasional.
Jadwal Pameran Nasional November dan Desember 2021
1. BATAM TIIATEX EXPO 2021 (4-7 November 2021)
BATAM TIIATEX (Trade Investment Industry Agriculture Tourism & Export) EXPO adalah sebuah pameran skala nasional yang diselenggarakan di Batam. Pameran ini bertujuan untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional melalui UMKM di bidang pariwisata, ekonomi kreatif, pertanian, dan export.
Baca Juga: Membedah Pameran Internasional dari Pemerintah Indonesia
BATAM TIIATEX EXPO diinisiasi oleh PT. Pelangi Internusa Mediatama pada tanggal 4-7 November 2021. Pameran ini diharapkan menjadi media penyebaran informasi, promosi, transaksi penjualan produk dan jasa yang menjadi bagian penting dalam pemulihan ekonomi secara nasional.
2. JIATTEC EXPO 2021 (4-7 November 2021)
JIATTEC (Jogja Investment, Agriculture, Tourism, Trade & Export Commodity) EXPO adalah sebuah pameran skala nasional yang diselenggarakan oleh PT. Visi Sinergi Antarnusa di Malioboro Mall, Yogyakarta.
Pameran ini merupakan pameran dagang yang bertujuan mempromosikan potensi daerah berupa komoditas, serta potensi investasi dan export pada produk pertanian dan pariwisata.
Bukan hanya mempromosikan produk dan jasa, selama pameran akan ditampilkan pentas seni dan pagelaran budaya dari berbagai daerah dan juga akan diadakan talk show dan seminar.
Baca Juga: Rahida Cookies, Menjadi Binaan Bank Indonesia Hingga Ikut Trade Expo Internasional
3. Wedding Expo Karanganyar 2021 (5-7 November 2021)
Wediding Expo Karanganyar merupakan pameran yang memamerkan konsep pernikahan yang dihadiri oleh vendor pernikahan terbaik di Solo Raya. Pameran ini diadakan oleh Kusuma Kreasi Utama bersama Cafe New Normal pada tanggal 5-7 November 2021 dengan tema Culture in Marriage.
Pameran pernikahan ini mengusung pernikahan dengan konsep budaya dari beberapa daerah dan dikemas secara modern dan kekinian. Pameran ini akan dihadiri oleh calon pengantin, para vendor pernikahan, dan beberapa organisasi terkait.
4. Indonesia International Book Fair (17-21 November 2021)
Indonesia International Book Fair (IIBF) merupakan pameran yang diadakan secara rutin setiap tahunnya dengan mengundang penerbit Indonesia dan negara lain untuk berpartisipasi dan mempromosikan buku yang telah diterbitkan. Pameran ini diadakan secara daring (online) dengan menggandeng Shopee sebagai marketplace penjualan bukunya.
Baca Juga: 10 Wirausaha Sosial Nasional yang Menginspirasi
Pameran ini menghadirkan buku dari berbagai penerbit dan dari berbagai genre. IIBF yang diadakan pada tahun 2020, Buku karya penulis dari 10 negara turut meramaikan pameran tersebut. Setidaknya terdapat 150 stan virtual dan satu juta buku telah tersedia pada IIBF 2020. Diproyeksikan pameran pada tahun ini akan lebih besar.
Berdasarkan data yang dihimpun Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) terdapat lebih dari 1.700 penerbit yang telah terdaftar dan terdapat 40.000 judul buku yang telah diterbitkan setiap tahunnya dan telah terjual ke berbagai negara.
Harapan dari adanya IIBF ini adalah semakin berkembangnya industri penerbit dan dapat meningkatkan literasi masyarakat dalam membaca buku. Ini adalah momentum yang baik bagi penerbit untuk mempromosikan karya tulis yang telah diterbitkannya.
5. Jogja TITAF Expo 2021 (18-21 November 2021)
Jogja TITAF (Trade Investment Industry Tourism Agriculture Marine-Fishery & Forestry) adalah sebuah pameran yang bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional ditengah pandemi.
Pameran ini diinisiasi oleh PT. Pelangi Internusa Mediatama dengan didukung oleh Pemerintah Provinsi Yogyakarta yang akan diadakan pada tanggal 18-21 November 2021 di Jogja City Mall.
Jogja TITAF Expo menghadirkan UMKM, pelaku pariwisata, BUMN, Asosiasi, hingga investor turut diundang untuk berpartisipasi dalam pameran ini. Dengan adanya pameran ini, diharapkan dapat memacu ekonomi nasional untuk dapat bertumbuh ditengah pandemi, serta menjadi media informasi dan penjualan yang membantu UMKM dapat bertumbuh dan berinovasi.
Baca Juga: Mengenal Standar PSAK Untuk Pencatatan dan Pelaporan Keuangan
6. Indonesia Inventors Day 2021 (26-29 November 2021)
Indonesia Inventors Day adalah sebuah pameran berskala internasional bagi para penemu dan peneliti untuk memamerkan inovasi dan penemuan mereka. Pameran ini diinisiasi oleh INNOPA dengan metode Hybrid Exhibition System, yang artinya pameran diadakan secara daring dan luring. Luring dikhusukan bagi partisipan lokal sedangkan daring untuk partisipan internasional.
Tujuan pameran ini adalah mengapresiasi penemu dan peneliti yang berdedikasi untuk menciptakan ide baru dan cemerlang. Fokus pada pameran ini adalah partisipan dapat membawa produk akhir, sample, dan prototipe untuk dipresentasikan di pameran tersebut.
7. JATENG Fair 2021 (26 November – 5 Desember 2021)
JATENG Fair merupakan pesta rakyat yang rutin diadakan setiap tahunnya sejak 1980-an. Pameran ini menjadi salah satu media promosi Provinsi Jawa Tengah dengan fokus memamerkan produk UMKM, Industri, Pariwisata, dan Kerajinan rakyat.
JATENG Fair pada tahun ini mengusung tema “Inspiring Batik” karena batik salah satu warisan kebudayaan Indonesia yang telah ditetapkan UNESCO. Selain itu, batik juga memiliki motif yang menggambarkan harapan, kebaikan, keindahan, dan masyarakat yang kaya akan warisan leluhur.
Harapan dari adanya pameran ini adalah dapat memberi manfaat positif dan keunggulan daerah bagi pembangunan Provinsi Jawa Tengah. Selain itu juga diharapkan pameran ini menjadi media hiburan yang memberi pengetahuan mengenai budaya dan potensi yang ada di Provinsi Jawa Tengah.
8. JOGJA SMEITT Expo 2021 (2-5 Desember 2021)
JOGJA SMEITT (Small Medium Enterprise Investment Trade Tourism) adalah pameran yang dikhususkan bagi UMKM sebagai media informasi, promosi, dan penjualan produk. Pameran ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.
Pameran ini diadakan oleh PT. Pelangi Internusa Mediatama dengan didukung oleh Pemerintah Provinsi Yogyakarta yang akan diselenggarakan pada tanggal 2-5 Desember 2021.
Pameran ini mengusung tema “Jogja Wajar Anyar” yang merupakan istilah lain dari new normal. Pemerintah Kota Yogyakarta dan pelaku industri wisata yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) telah gencar mempromosikan slogan Jogja Wajar Anyar sebagai media untuk menarik wisatawan domestik mengunjungi Yogyakarta.
9. BIATTEX Expo 2021 (2-5 Desember 2021)
BIATTEX (Bandung Investment Agriculture Tourism & Trade Expo) adalah pameran berskala nasional untuk mendukung pelaku usaha di bidang investasi, pariwisata dan perdagangan.
Pameran ini diadakan pada tanggal 2-5 Desember 2021 di Braga City Walk, Bandung. Tahun ini adalah tahun kelima diadakannya BIATTEX. Tujuan diadakannya pameran ini adalah sebagai media informasi peluang investasi, pariwisata, dan perdagangan di Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
10. FBC Festival (3-5 Desember 2021)
FBC (Food Beverage & Chef) Festival adalah pameran yang dirancang dan didedikasikan khusus untuk para inovator dan produsen kreatif makanan dan minuman. Pameran ini diadakan pada tanggal 3-5 Desember 2021 di De Tjolomadoe, Solo, Jawa Tengah.
Pameran ini mengundang peserta yang terdiri dari produsen makanan dan minuman, pemasok peralatan makan, pemasok bahan makanan, produsen makanan ringan dan manis, produsen kemasan makanan serta produsen mesin pengolahan makanan dan minuman.
Baca Juga: Menyiapkan Company Profile, Rencana Usaha, dan Proposal Bisnis Untuk Mengundang Investor
Profil pengunjung pameran pun beragam, mulai dari para koki dan profesional kuliner, pelaku bisnis perhotelan dan restoran, sekolah memasak, pengecer makanan, komunitas dan asosiasi F&B, media dan publikasi, serta masyarakat umum yang tertarik di dunia kuliner.
11. Muslim Life Fest 2021 (31 Desember 2021 – 2 Januari 2022)
Muslim Life Fest adalah pameran berskala nasional yang menjadi media promosi bagi bisnis yang mengusung konsep islami. Pameran ini merupakan pameran yang terbesar dan komperhensif bagi gaya hidup islami dan halal di Indonesia. Pameran ini telah dijadwal ulang dan diselenggarakan pada tanggal 31 Desember 2021 – 2 Januari 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).
Muslim Life Fest menghadirkan berbagai pelaku usaha yang menhadirkan produk dan layanan dengan konsep islami, mulai dari fasyen dan aksesoris muslim, makanan dan herbal halal, travel haji dan umroh, hingga perencana pernikahan muslim.
Harapan diselenggaranya pameran ini adalah dapat meningkatkan animo masyarakat terhadap produk dan layanan berkonsep islami dan mendukung pelaku bisnis yang bergerak di berbagai bidang yang juga mengusung konsep islami sebagai inti nilai usaha mereka.
Kesimpulan
Kini Sahabat Wirausaha telah mengetahui ragam dan jenis-jenis pameran nasional serta jadwal pemeran nasional dan internasional di bulan November dan Desember 2021. Pada dasarnya pameran sangat bermanfaat bagi UMKM dalam mempromosikan produk dan layanan secara langsung dan luas.
Pameran juga dapat dijadikan sebagai media informasi antar pelaku bisnis sejenis, dan menghubungkan para pemangku kepentingan, baik pemerintah, pemasok, dan investor yang sangat berguna bagi pertumbuhan bisnis UMKM.
Jadwal Pameran diatas juga berguna bagi Sahabat Wirausaha untuk mencari informasi terkini. Harapan dengan adanya pameran nasional adalah mendukung UMKM untuk tumbuh dan memiliki akses informasi yang lebih luas.
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.
Referensi:
- Jenis-Jenis Pameran Berdasarkan Ciri-ciri dan Karakteristiknya | Kumparan
- Exhibitions - The Important Economic Tool for SMEs | Entrepreneur Asia Pacific
- Jadwal Pameran di Tahun 2021 | Jadwal Event