Apakah sahabat wirausaha ingin mendapatkan data pelanggan potensial yang mampu memberikan keuntungan berlipat? Untuk itu kita membutuhkan qualified lead. Berikut ulasannya.
Apa Itu Qualified Lead?
Qualified Lead merupakan teknik penyaringan pelanggan potensial agar menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi lagi. Qualified lead dibutuhkan karena sama-sama kita ketahui menarik pelanggan di dunia marketing terutama yang potensial itu terbilang mudah. Sayangnya, setelah fase itu berakhir, kita tidak bisa memastikan jika mereka adalah konsumen yang benar-benar memiliki kebutuhan, keinginan atau konsumen yang sanggup membayar. Untuk itulah dibutuhkan qualified lead. Sementara lead atau pelanggan potensial yang berpotensi membeli produk atau layanan yang kita tawarkan.
Sampai saat ini qualified lead dapat dibagi menjadi empat bagian yakni lead, Marketing Qualified Lead (MQL), Sales Qualified Lead (SQL) dan Product Qualified Lead (PQL).
- Lead
Lead dianggap paling dasar karena potensinya untuk menjadi konsumen juga paling kecil. Contohnya ketika kita tengah melihat pajangan sepatu yang berada di dalam mall maka itu sudah bisa disebut sebagai lead.
- Marketing Qualified Lead (MQL)
Pada poin ini, konsumen didapatkan dari aktivitas pemasaran yang memiliki kemampuan konversi lebih tinggi dari lead. Kekurangannya, kita harus menyediakan tenaga ekstra untuk membujuk mereka karena biasanya lead ini belum siap dengan produk yang kita tawarkan. Meskipun seperti itu, lead ini dianggap para marketing sebagai lead paling potensial untuk dijadikan sebagai konsumen karena dianggap memiliki ketertarikan untuk membeli produk yang ditawarkan. Apa yang mereka lakukan? biasanya, lead ini sudah mulai melakukan registrasi akun, mengikuti newsletter yang kita buat, sampai mencoba produk yang sedang dipajang.
Baca Juga: Mengenal Psikologi Konsumen Untuk Mengambil Keputusan Pemasaran
- Sales Qualified Lead (SQL)
Sementara untuk sales qualified lead, merupakan lead yang benar-benar siap bahkan untuk pindah pada saluran penjualan berbeda sekali pun. ciri-ciri lead ini kerap membutuhkan bantuan seles agar segera melakukan closing penjualan.
- Product Qualified Lead (PQL)
Urutan terakhir ada pada product qualified lead. Tipe lead kali ini cukup berbeda karena baru mau membeli produk jika sudah mencoba semua barang yang ditawarkan. Seperti misalnya produk dalam bentuk sampel sampai yang versi trial-nya.
Yuk, sudah saatnya kita mulai memikirkan konsumen potensial. Dari 4 yang disebutkan diatas, Marketing Qualified Lead (MQL) merupakan pilihan utama karena mampu memberikan keuntungan berlipat.
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.
Sumber foto:
Sumber artikel:
- https://inmarketing.id/marketing-qualified-lead-ad...
- https://toffeedev.com/blog/marketing-qualified-lea...