Sumber: Rullybhaskara.com
Perkembangan dan kemajuan sebuah startup dapat dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah problem solution fit. Problem solution fit merupakan tahap awal dalam mendirikan suatu startup. Sebelum sampai ke tahap product market fit semua pendiri startup harus melewati problem solution fit terlebih dahulu.
Apa itu problem solution fit, mari kita bahas pada kamus bisnis berikut yah Sahabat Wirausaha.
Apa Itu Problem Solution Fit?
Problem solution fit adalah proses menerjemahkan masalah menjadi solusi. Istilah problem solution fit dan product market fit sebenarnya merupakan istilah yang berjalan beriringan dan tidak dapat dipisahkan pada proses pengembangan sebuah startup.
Baca Juga: Cara Tepat Menerima Kritik dan Saran Karyawan
Tidak semua masalah memiliki nilai yang proporsional untuk dicarikan solusi. Dalam problem solution fit ini juga demikian, hanya sebuah masalah yang nyata saja yang dapat diselesaikan, bukan merupakan masalah yang didasarkan pada opini semata. Lalu adakah pelanggan yang ingin membayar untuk menyelesaikan sebuah masalah tersebut? nah, disinilah target dari problem solution fit ini.
Setelah memiliki solusi yang “layak jual” serta mampu menemukan pelanggan yang bersedia menggunakan dan membayar solusi yang ditawarkan disinilah sebuah startup menemukan product market fit.
Baca Juga: Mengenal Perbedaan Pemilik dan Pengelola Perusahaan
Peran Problem Solution Fit dalam Perkembangan Sebuah Start Up
Menemukan sebuah solusi ditengah masalah yang sedang dihadapi pelanggan memanglah suatu hal yang penting. Bisa dikatakan bahwa problem solution fit adalah sebuah tahapan untuk menemukan solusi dari permasalahan yang tengah dihadapi serta harus sesuai dengan ekspektasi pelanggan.
Jika terdapat solusi yang ditawarkan namun tidak mampu serta tidak lebih efektif dibandingkan solusi yang sudah ada, meskipun dirasa solusi tersebut dapat menyelesaikan masalah, maka solusi tersebut tidak akan digunakan.
Baca Juga: Cara UMKM Menetapkan Target Usaha
Untuk mencapai problem solution fit, paling tidak ada beberapa pertanyaan yang harus pelaku bisnis jawab, pertanyaan tersebut adalah:
- Apa masalah yang ingin diselesaikan?
- Siapa target penjualannya?
- Bagaimana mereka mampu menuntaskan masalah tersebut?
- Apa solusi yang dapat ditawarkan?
- Bagaimana membuat solusi tersebut efektif?
Baca Juga: Meneropong Masa Depan Rantai Pasok
Melalui Pemanfaatan Teknologi
Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas akan membantu Sahabat Wirausaha sebagai startup untuk menemukan problem solution fit dan menemukan segmentasi pasar dengan keunikan yang dimiliki. Semoga dengan memahami fase-fase problem solution fit secara lebih maksimal, Sahabat Wirausaha akan mendapat product market fit yang lebih optimal.
Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.