Sahabat Wirausaha, dalam memasarkan produk kepada pelanggan, biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan promosi dalam rangka memperoleh pelanggan baru terbilang lebih mahal dibandingkan dengan biaya promosi untuk mempertahankan pelanggan lama.
Namun demikian, bagaimana jika sebuah bisnis membuat suatu program yang dapat mencapai dua hal tersebut sekaligus, yaitu mempertahankan pelanggan lama dan memperoleh pelanggan baru yang potensial? Program yang dimaksud adalah Customer Loyalty Program. Ketika program ini dijalankan secara tepat, maka dua hal tersebut dapat tercapai. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan Customer Loyalty Program?
Apa itu Customer Loyalty Program?
Disadur dari sumber Investopedia, Customer Loyalty Program merupakan sebuah program yang dibuat khusus untuk pelanggan setia berupa pemberian diskon khusus atau hadiah, dengan syarat dan ketentuan tertentu. Program ini merupakan bentuk penghargaan sebuah bisnis terhadap pelanggan yang selama ini begitu setia menggunakan produk atau layanannya dan melakukan pembelian berulang. Tujuan dilakukannya program ini bukanlah semata-mata untuk mempertahankan pelanggan saja, namun juga untuk memperoleh pelanggan baru.
Baca Juga: 7 Strategi Mengelola Hubungan Baik Dengan Konsumen
Contoh dari Customer Loyalty Program adalah program berhadiah dari platform belanja online Shopee yaitu Shopee Loyalty. Adapun syarat dan ketentuan untuk mengikuti program ini adalah pelanggan harus melakukan pemesanan produk dalam jumlah banyak dalam dua periode program (1 Januari hingga 30 Juni dan 1 Juli hingga 31 Desember).
Semakin banyak pesanan yang diselesaikan, pelanggan dapat meningkatkan status level keanggotan mulai dari level classic hingga platinum. Dengan demikian, peluang untuk memperoleh keuntungan pun semakin besar. Hadiah yang ditawarkan berupa aneka voucher seperti voucher gratis ongkos pengiriman barang, voucher ulang tahun, voucher cashback, dan lainnya. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa contoh program loyalitas konsumen terbaik lainnya yang bisa Sahabat Wirausaha baca melalui link ini.
Baca Juga : Menjamin Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Mitra Bisnis Lewat Kontrol Kualitas
Customer Loyalty Program yang dijalankan oleh sebuah bisnis dapat berbeda dengan bisnis lainnya. Namun, keberhasilan program ini turut dipengaruhi oleh kualitas konten yang disajikan kepada pelanggan. Nah, yang menjadi tantangan bagi sebuah bisnis adalah bagaimana sih caranya menyusun konten-konten yang menarik dan menonjol? Yuk, simak ulasan berikut ini!
Cara Menyusun Konten Untuk Membangun Kesetiaan Pelanggan
Menurut Tracy Dungo (pengusaha perhiasan merek Kalaki Riot), setiap bisnis membutuhkan strategi konten tidak peduli apakah bisnis tersebut menyediakan layanan atau menjual produk karena semua ini tentang bagaimana membangun kepercayaan pelanggan. Nah, ketika pelanggan telah menaruh kepercayaannya terhadap suatu brand (merek) maka lebih mudah untuk membangun kesetiaan pelanggan tersebut.
Disadur dari sumber unodostrae.com, terdapat 3 (tiga) ide konten yang dapat dibagikan kepada pelanggan yaitu antara lain sebagai berikut:
1. Konten berupa tutorial produk atau demo
Bagaimana seorang pelanggan dapat mempercayai sebuah brand (merek), jika pelanggan tersebut belum melihat cara kerja produknya, bentuknya, dan mengetahui manfaatnya secara langsung? Maka, sangat penting bagi sebuah bisnis –secara khusus bisnis berbasis produk— untuk memamerkan produk kepada pelanggan melalui konten tutorial atau pun demo yang dapat dilihat secara langsung oleh para pelanggan melalui media sosial maupun laman website.
Baca Juga: Mengidentifikasi Peta Persaingan Supaya Bisnis Tetap Unggul
Jika pelanggan benar-benar yakin maka tentu pelanggan tersebut akan mengambil keputusan untuk membeli produk Sahabat Wirausaha. Patut dicoba nih! Apalagi jika produk tersebut memang cocok dan sesuai dengan selera pelanggan, maka tentu hal ini akan membangun kesetiaan pelanggan tersebut.
2. Konten kemitraan merek (Peer Brand Partnerships)
Yaitu membuat konten kolaborasi dengan merek lainnya yang merupakan partner bisnis melalui program giveaway. Program ini dikenal dengan program bagi-bagi hadiah dengan sejumlah syarat dan ketentuan yang berlaku. Wah, yang ini seru nih! Sahabat Wirausaha pernah mengikuti program ini juga? Para pelanggan tentu menyukai hadiah! Jadi konten kemitraan seperti ini dapat membangun kesetiaan pelanggan untuk terus menjadi bagian dari bisnis Sahabat Wirausaha.
Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Customer Engagement Dalam Bisnis
3. Konten kolaborasi bersama influencer
Ingin produk bisnis dikenal secara luas? Bekerjasamalah dengan influencer melalui konten kolaborasi. Influencer yang diajak untuk berkolaborasi akan menjalankan perannya sebagai pengguna produk dan mempromosikan ragam keunggulan produk kepada pelanggan melalui media sosial influencer tersebut. Influencer memiliki jumlah pengikut yang sangat banyak, tentu peluang untuk memperoleh pelanggan potensial menjadi jauh lebih besar. Patut dicoba nih Sahabat Wirausaha!
Nah, setelah Sahabat Wirausaha menerapkan ide-ide konten tersebut dan berhasil memikat hati para pelanggan, maka Sahabat Wirausaha dapat menjalankan program kesetiaan pelanggan (Customer Loyalty Program) untuk mempertahankan pelanggan tersebut. Hal ini dilakukan agar pelanggan tidak beralih kepada pesaing.
Jenis Loyalty Program
Disadur dari sumber nrsplus.com, terdapat kurang lebih 9 (sembilan) jenis loyalty program yaitu Referral Incentive Programs, Punch Card Programs, Cash-Back Programs, Points Programs, Tiered Loyalty Programs, Coalition Loyalty Programs, Gamification Programs, Non-Monetary Rewards, dan Consumer Packaged Goods (CPG) Coupon Programs. Sahabat Wirausaha dapat memilih jenis loyalty program yang sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan saat ini.
Jadi, kesimpulannya adalah Sahabat Wirausaha perlu menyiapkan dan menyusun konten-konten menarik, informatif, dan inspiratif, terlebih dahulu agar dapat menarik perhatian para pelanggan untuk selalu setia mengikuti konten-konten yang dibagikan baik melalui media sosial, atau juga melalui laman website.
Setelah itu, dalam rangka mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan membangun kesetiaan pelanggan terhadap produk, Sahabat Wirausaha dapat menerapkan loyalty program yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan pelanggan saat ini. Sahabat Wirausaha dapat memilih salah satu dari 9 (sembilan) jenis loyalty program tersebut.
Selanjutnya, informasi mengenai program tersebut harus disebarluaskan melalui media sosial maupun laman website ya, tujuannya untuk menarik perhatian pelanggan yang baru. Sehingga melalui loyalty program yang diterapkan tersebut, Sahabat Wirausaha dapat mencapai 2 (dua) tujuan sekaligus yaitu mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan memperoleh pelanggan baru.
Nah, demikian ulasan mengenai cara menyusun konten untuk membangun kesetiaan pelanggan (Customer Loyalty Program). Semoga ulasan artikel ini dapat bermanfaat bagi Sahabat Wirausaha yah!
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.