Sumber: Unsplash
“Kok bisnis saya segini-gini aja ya? Seperti jalan di tempat.”
“Kok saya selalu gagal ya untuk membangun sebuah bisnis?”
Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan seperti di atas yang muncul dari para pelaku bisnis yang belum memahami tentang marketing, khususnya perihal market trend.
Jika Sahabat Wirausaha menggeluti suatu bisnis, penting bagi kita mempelajari market trend yang ada di pasar demi kelangsungan hidup dan juga perkembangan bisnis kita nantinya.
Baca Juga: Ragam Jenis Endorser Dalam Pemasaran Digital
Apa Itu Market Trend (Tren Pasar)?
Secara sederhana, market trend adalah tren pasar yang sedang banyak diminati oleh masyarakat. Tentu saja hal ini tidak bisa dipatok dengan kriteria yang sama, sebab sangat besar kemungkinannya untuk berubah setiap waktu.
Contohnya dalam gaya berbusana di Indonesia saat ini. Plisket menjadi salah satu tren fashion yang sedang booming belakangan ini. Mulai dari kerudung hingga aksen kebaya, banyak wanita yang menggunakan rok dengan model plisket. Maka tidak heran, jika banyak toko busana baik offline maupun online yang menjual pakaian dengan aksen plisket ini. Karena memang peluang pasarnya terbilang besar. Rok plisket mampu menjadi market trend karena tidak hanya bisa digunakan oleh wanita berhijab, tapi juga bisa digunakan oleh wanita yang tidak berhijab.
Baca Juga: Mengenal Psikologi Konsumen Untuk Mengambil Keputusan Pemasaran
Pentingkah Mengikuti Market Trend?
Setelah mengetahui pengertian singkat tentang market trend, pertanyaan selanjutnya adalah seberapa pentingkah mengikuti trend ini? Bagaimana dampaknya pada usaha kita?
Penting atau tidaknya mengikuti trend ini, tentu kembali lagi pada pilihan Sahabat Wirausaha. Namun, tidak ada salahnya kita juga mempertimbangkan hal ini, kan? Bisa kita lihat, bagaimana geliat pengusaha kuliner belakangan ini. Mulai dari menjamurnya kedai kopi, kedai boba hingga kudapan seperti croffle banyak kita jumpai di pinggir-pinggir jalan. Tidak lain, karena pemilik usaha tersebut berusaha menjaring sebanyak mungkin konsumen sebab menangkap peluang bisnis yang besar ini.
Baca Juga: Apa itu Social Media Influencer?
Namun, harus diperhatikan juga ketika kita memutuskan mengikuti arus ini. Apa yang menjadi ciri khas kita? Karena inilah yang kemudian akan menjadi alasan usaha kita tetap bertahan meskipun euforia sudah berlalu. Jika memang kita ingin memilih haluan yang berlawanan, tentu tidak masalah. Namun, kita juga harus memiliki strategi yang matang, termasuk bersiap untuk kemungkinan terburuknya, yaitu tidak diterima pasar.
Penting atau tidaknya mengikuti market trend, tentu keputusan itu ada di tangan Sahabat Wirausaha. Namun ada baiknya Sahabat Wirausaha juga mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan. Seperti ciri khas bisnis, strategi pemasaran, hingga mempelajari bisnis kompetitor.
Masih ingat bukan dengan tren es kepal yang booming beberapa tahun lalu? Kini es kepal semakin ditinggalkan. Oleh karena itu penting mempelajari market trend mana yang bisa berlangsung lama atau hanya bersifat jangka pendek saja. Cobalah untuk berdiskusi dengan orang yang sudah lebih dulu terjun di dunia bisnis. Hal ini sebagai usaha mendapatkan banyak insight terkait market trend dan laju bisnis teman-teman.
Selamat berbisnis ya, apapun itu semoga bertahan dan membawa banyak value pada produk atau jasa yang Sahabat Wirausaha jalankan.
Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.