Dokumentasi Mamaibu

Sajian berbahan baku sayap ayam memang selalu menarik, karena terkenal lezat dan gurih hingga digemari oleh berbagai kalangan usia. Tidak heran bila saat ini, pilihan olahan sayap ayam atau chicken wings dapat dengan mudah kita temukan di pasaran.

Namun, ada yang berbeda dengan sayap ayam yang diolah dari dapur milik Vidi Damayanti. Mengusung label Mamaibu Chicken Wings and Sauce, Vidi mampu memanjakan pelanggan melalui saus istimewa karyanya, hingga tersaji santapan sayap ayam dengan siraman saus yang berbeda. Bagaimana perjalanan kesuksesan Mamaibu? Yuk, simak artikel ini lebih lanjut.

Baca Juga: Surat Keterangan Ekspor Kemasan Pangan


Perjalanan Berdirinya Mamaibu Chicken Wings and Sauce

Sumber: Dokumentasi Mamaibu

Vidi Damayanti sudah akrab dengan dunia masak dan pengolahan kue kering sejak usia belia. Seiring berjalannya waktu, keahlian dan feeling-nya terhadap racikan bumbu semakin terasah. Apalagi Vidi tergolong “enggan” meniru resep yang sudah tersedia, karena baginya meramu resep melahirkan kepuasan tersendiri dalam berkarya.

Chicken wings buatan Vidi menjadi salah satu makanan kesukaan keluarga Vidi, hingga setiap kali ada pertemuan keluarga besar, menu ini selalu dicari-cari. Perlahan, mulailah lingkungan teman mengenal kelezatan chicken wings dengan ekstra saus tersebut. Tak lama, permintaan pun mulai berdatangan.

Melihat hal ini, jiwa bisnis Vidi tergerak untuk mulai menyusun keseriusan dalam memproduksi chicken wings. Ide untuk memisahkan saus pun didapatkan dari banyaknya penggemar saus dasar chicken wings buatannya.

Baca Juga: Kesuksesan Ekspor Hitara Black Garlic Menciptakan Nilai Keunggulan Produk Bawang

Saus chicken wings khas Vidi, dinilai sebagai all multi-purposed sauce yang dapat dijadikan saus bumbu dasar untuk segala jenis masakan, seperti nasi goreng, steak dan lainnya. Vidi memang tak main-main meramu sausnya, dimana kandungan saus menggunakan 26 jenis rempah lokal dan impor dari berbagai negara dan 6 jenis lada. Ketekunan ini menjadikan sausnya memiliki olahan keunikan rasa yang dapat diterima berbagai kalangan.

Pada tahun 2017, Vidi resmi membangun usaha yang diberi nama Mamaibu Chicken Wings and Sauce, dengan menu utama sayap ayam dan signature sauce dalam kemasan botol. Penjualan pertama ditawarkan Vidi pada keluarga yang sudah kenal rasa masakan Vidi.

Lalu, bermodalkan database teman-teman ketika Vidi masih bekerja kantoran, Vidi merasa nekat mengolah 9 kilogram sayap ayam yang dianggap cukup banyak. Ternyata penjualan laris manis, jumlah tersebut malah tidak mencukupi permintaan pelanggan pada saat itu. Dari jumlah produksi 9 kilogram, Vidi mampu menaikkan kuantiti produk menjadi 340 kilogram, dan bertambah terus setiap minggunya.

Selain menghasilkan jumlah produksi yang semakin besar, Vidi juga sengaja menargetkan segmentasi target perempuan pekerja milenial, yang berkantor di kawasan Sudirman-Thamrin. Pemesanan bisa dilakukan kolektif karena lebih hemat dari sisi ongkos kirim. Perlahan Mamaibu Chicken Wings and Sauce semakin dikenal dengan semakin banyaknya pelanggan, dengan kualitas produk kategori premium dan masa kedaluwarsa yang cukup lama yaitu 12 bulan.


Tantangan yang Dihadapi

Sumber: Dokumentasi Mamaibu

Baca Juga: Tips Memilih Mitra Ahli Untuk Melakukan Inovasi

Baca Juga: Manfaat dan Kebijakan Pemberdayaan Perempuan bagi Usaha

Tiga tahun usaha Mamaibu Chicken Wings and Sauce berjalan, di tahun 2020 rumah tempat produksi semua olahan Mamaibu Chicken Wings and Sauce, terkena musibah banjir besar. Semua peralatan pendukung usaha mengalami kerusakan, hingga Vidi terpaksa menghentikan penjualan untuk sementara waktu.

Tetapi tanpa kenal lelah, Vidi terus membangun semangat untuk mempertahankan bisnisnya, bahkan sempat mengurus izin dari BPOM di tengah perjuangan untuk Kembali mengumpulkan investasi berupa peralatan kerja. Sayangnya, ketika sertifikat izin dari BPOM sudah diperoleh, tiba-tiba pandemi melanda dunia. Penjualan Mamaibu Chicken Wings and Sauce pun terkena dampaknya, menyusut secara drastis menyusul banyak pekerja kantor pelanggan Mamaibu Chicken Wings and Sauce yang harus bekerja dari rumah.

Vidi dan tim dapurnya tak kehilangan akal untuk mengupayakan agar Mamaibu Chicken Wings and Sauce tetap bergerak walau tertatih-tatih. Inovasi pun segera dilakukan, Vidi segera membuat varian baru chicken wings dan kemasan chicken wings beku, dengan kualitas terbaik yang selalu tetap dijaga sejak awal.

Walau sempat kehabisan modal usaha, tetapi Vidi menjaga agar semua karyawannya tidak kehilangan pekerjaan di Mamaibu Chicken Wings and Sauce. Vidi pun harus menguras seluruh tabungannya untuk menggaji karyawan. Di sisi lain, konsep dari usaha Vidi yang ingin memberdayakan perempuan menunjukkan hasil, dimana karyawan yang seluruhnya perempuan akhirnya mampu menjadi tulang punggung keluarga di masa-masa sulit itu.

Baca Juga: Potensi Ekspor Makanan Olahan Kemasan Dari Indonesia


Perjuangan Tak Akan Pernah Kalah

Sumber: Dokumentasi Mamaibu

Melalui semua peristiwa besar yang dialami Vidi bersama usahanya, satu yang sangat dipegang teguh Vidi adalah tekad kuat dalam memperjuangkan mimpi-mimpinya. Walau kadang Vidi merasa lelah dan ingin melepas semuanya, tapi Vidi kembali mengingatkan dirinya, bahwa perjalanan belumlah usai. Tak ada waktu untuk menyerah.

Kekuatan inilah yang membawa Mamaibu Chicken Wings and Sauce berhasil menembus ekspor pasar di Amerika Serikat, serta berpartisipasi dalam Foodex Expo di Osaka Jepang, Dubai Expo pada bulan Februari 2020 dan Goorita Company. Selain sudah mendapat izin BPOM MD, Mamaibu Chicken Wings and Sauce juga telah memiliki izin IUMK, NIB, Halal dan HAKI (dalam proses).

Baca Juga: Menembus Pasar Global Melalui Pemberdayaan Potensi Lokal Ala Salam Rancage

Bahan baku yang berkualitas dan bervariasi membuat Mamalbu signature sauce digemari hingga ke mancanegara. Vidi pun mendapat banyak masukkan terkait olahan sausnya, pasar Eropa termasuk Turki menyukai varian saus tanpa pemanis atau gula, sementara pasar Amerika dan Australia menyukai rasa original signature sauce yang memiliki sweet taste dari gula aren.

Hal ini menambah wawasan Vidi untuk menyesuaikan varian berdasarkan pasar pada negara yang dituju. Hingga saat ini produksi saus yang dihasilkan sudah mencapai 1000 produk, dijual di market place, juga toko offline di Food and Park Thamrin 10 dan Suntopia, Sunter Icon Food Point.

Demi menjaga kualitas, Vidi mewajibkan bahan baku ayam yang diperoleh harus dalam kondisi sudah ada jaminan bebas flu burung dan memiliki sertifikasi halal. Besaran potongan ayam juga memiliki standar khusus. Walau untuk itu Vidi harus merogoh kocek lebih besar, tapi Vidi merasa aman dalam menjual produk chicken wings.


Mimpi Besar Mamaibu Chicken Wings and Sauce

Sumber: Dokumentasi Mamaibu

Saat ini, mimpi Vidi adalah menjelajah ekspor untuk mengenalkan Mamaibu Chicken Wings and Sauce di mancanegara. Dengan pengalaman Expo sebelumnya, Vidi melihat potensi untuk produknya cukup besar di pasar global dan akan berdampak pada pemasaran di Indonesia.

Baca Juga: UKM Bisa Siap Ekspor Dengan Kenali 8 Hal ini

Untuk itulah Vidi aktif bergabung dengan komunitas pebisnis, ikut banyak pendampingan bisnis dan mulai mengarahkan bisnisnya ke arah sociopreneur, untuk dapat mewujudkan inclusive working space bagi kaum perempuan.

Vidi merasa sangat beruntung sempat mengikuti pendampingan bersama UKM Indonesia, karena membuka matanya bahwa sebagai pengusaha harus memiliki perpanjangan tangan atas bisnis yang dibangun, bukan semata sebagai pedagang. Konsep awal bisnis Mamaibu Chicken Wings and Sauce kini berubah karena mengusung pemberdayaan perempuan, dimana Vidi ingin menjalin banyak melakukan kolaborasi dengan banyak kaum perempuan.

Kiprahnya ini membuahkan hasil dengan meraih penghargaan dari International Women Day pada tahun 2021. Prestasi ini menambah semangat Vidi untuk semakin mengembangkan diri berbagi kisah perjalan hidupnya pada sesama kaum perempuan, untuk memberi semangat bahwa semua perempuan itu tangguh dan mampu berjuang dengan kedua kakinya.

Konsep baru ini menyadarkan Vidi, bahwa ternyata ada benefit lain dari misi mulia yang sedang dikembangkan, yaitu memudahkan bisnisnya dilirik oleh investor karena memiliki misi kepedulian kemanusiaan. Sebuah benefit yang sama sekali tidak pernah terbersit di benak Vidi sebelumnya, karena tujuan Vidi hanya ingin membantu banyak kaum perempuan untuk kehidupan yang lebih baik.


Kepuasan Pelanggan adalah Segalanya

Dalam menjaga hubungan dengan pelanggan, Vidi tidak ragu mengganti 100% jika ada produk yang dirasa tidak memadai bagi pelanggannya. Apabila ada pesanan berupa hampers dengan permintaan khusus, seperti permintaan adanya varian pedas dan tidak pedas, maka dengan senang hati Vidi memenuhi permintaan tersebut.

Baca Juga: Jitu Membidik Peluang Pasar dan Target Negara Ekspor

Baca Juga: Hj Nonoh Snack: Melinjo, Si Cemilan Lokal yang Go International

Pelanggan dimanjakan tidak hanya dengan rasa tetapi juga dengan memenuhi special custome. Vidi juga berusaha terbuka pada kritik, agar dirinya dan bisnis terus berkembang dengan baik dan menebar banyak manfaat.

Perjuangan memang tidak pernah mengkhianati hasil, ya Sahabat Wirausaha? Mamaibu Chicken Wings and Sauce, siap mengepakkan sayapnya untuk terbang tinggi mengenalkan produk lokal Indonesia yang tak kalah hebat dari produk negara lainnya. Sebuah perjalanan yang sangat tidak mudah tapi sangat memberi inspirasi bagi pelaku UMKM lainnya, bahwa pada setiap kesulitan selalu ada jalan untuk melewatinya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

(Wawancara langsung dengan Ibu Vidi Damayanti, owner dari UKM Mamaibu Chicken Wings and Sauce, pada 18 Mei 2022 melalui Zoom)