Ketika Sahabat Wirausaha mulai kesulitan dalam mengatur konten untuk kebutuhan marketing melalui website atau media sosial, itu artinya kita sudah harus mengenal apa itu kalender editorial. Berikut penjelasannya.


Apa Itu Kalender Editorial?

Tak jauh berbeda dengan namanya, kalender editorial merupakan cara tepat dalam mengatur rangkaian konten dalam rangka meningkatkan penjualan melalui jalur marketing. Cara kalender ini bekerja dengan mengatur jenis konten, platform, pembuat konten, dan tanggal tayang konten baik itu harian, mingguan sampai bulanan.

Baca juga: Strategi Mengunggah Konten di Instagram

Tak hanya itu, dengan kalender editorial juga, tugas-tugas seperti membuat daftar konten untuk dipublikasikan berdasarkan strategi konten, mengatur daftar tugas dalam rangka pembuatan dan menerbitkan konten, membuat jadwal pembuatan tayang konten, sampai mengetahui daftar platform apa yang nantinya kita gunakan dapat dilakukan terjadwal hanya dengan bantuan kalender editorial.


Cara Membuat Kalender Editorial

Hingga saat ini ada 3 cara membuat kalender editorial. Yang pertama tetapkan tujuan, melakukan riset topik dan konten dan yang terakhir membuat ide dan jadwal konten.

Baca juga: Tren dalam Instagram yang Penting Bagi Digital Marketing

1.Tetapkan Tujuan

Dengan melakukan langkah ini harapannya kalender editorial yang kita buat dapat mendorong lebih banyak lagi lalu lintas ke website. ujung-ujungnya tentu untuk meningkatkan search engine optimization (SEO), brand awareness, hingga loyalitas pengikut terutama bagi pelanggan baru.

2. Riset Topik dan Konten

Setelah sampai ke tahapan ini hal yang kita lakukan adalah menyesuaikan jenis dan topik konten yang akan dibuat. Hal yang terpenting pada tahapan ini kita sudah mendapatkan gambaran dalam pembuatan konten. Misalnya, jika kita ingin menambah pelanggan baru, maka buatlah konten yang berkaitan dengan informasi produk dengan melakukan webinar atau sejenisnya.

Baca Juga: Marketing Campaign, Seberapa Efektif Meningkatkan Penjualan?

Pahami juga jenis konten yang lagi hit. Caranya, cari tahu jenis konten apa yang paling banyak dibagikan, judul yang paling menarik perhatian, topik sampai format konten. Inti pada tahapan ini adalah mendapatkan banyak informasi sebelum kita membuat konten.

3. Membuat Ide Konten dan Jadwal

Pada tahapan yang terakhir ini ajak sebanyak-banyaknya karyawan, tim, atau orang yang paling mendukung usaha kita. Tujuannya untuk saling bertukar ide dan gagasan. Upaya ini agar konten dapat membantu kita dalam mencapai tujuan. Buat juga jadwal proses editorial yang tadi sudah kita susun, mulai dari pembuatan hingga finalisasi konten.

Baca Juga: Komponen Konten Pemasaran

Yuk, Sudah saatnya kita membuat kalender editorial untuk kebutuhan marketing. Cara memulainya ada 3 tahap. Yang pertama menetapkan tujuan, melakukan riset topik dan konten, dan yang terakhir membuat ide konten dan jadwal.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.