Peluang Bisnis Parfum – Pernahkah Sahabat Wirausaha melihat iklan parfum berseliweran di beranda-beranda media sosial? Nah iya. Saat ini bisnis parfum sedang digemari oleh anak muda dan menjadi tren kekinian. Selain karena adanya kesadaran personal branding, anak muda semakin menyadari pentingnya penampilan dan citra diri, termasuk aroma tubuh.
Di samping itu, pengaruh media sosial mulai mempopulerkan produk kecantikan dan gaya hidup, termasuk parfum. Munculnya parfum dengan aroma unik dan kemasan menarik yang ditargetkan untuk pasar anak muda. Bisa disimpulkan, peluang bisnis parfum saat ini cukup segar. Kira-kira kenapa bisnis parfum bisa menjadi primadona? Mari disimak!
Meningkatnya Tren Peluang Bisnis Parfum di Kalangan Anak Muda
Tahukah Sahabat Wirausaha bahwa tren anak muda terjun ke bisnis parfum ini terjadi karena beberapa alasan. Pertama, peluang bisnis parfum menawarkan ruang bagi kreativitas dan personalisasi diri yang memang lebih cenderung digemari oleh anak muda. Banyak generasi muda saat ini tertarik menciptakan ide aroma yang unik dan beragam yang mencerminkan kepribadian dirinya dan mewakili identitasnya.
Ketiga, peluang bisnis parfum dianggap menguntungkan (profitable). Kenyataannya, margin keuntungan dalam industri parfum cenderung tinggi. Produk parfum, terutama yang dipasarkan sebagai produk premium, memiliki harga jual yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan biaya produksi.
Dilansir dari Kontan.id, tahun 2023 lalu, Tokopedia mengaku mencatat kenaikan penjualan produk parfum hingga 2 kali lipat, jika dibandingkan dengan tahun 2020. Di sisi lain, data internal TikTok juga melaporkan nilai transaksi lewat Shop Tokopedia pada Januari 2023 mengalami kenaikan 100% dibanding tahun sebelumnya. Artinya, peluang bisnis parfum di platform online juga punya potensi besar untuk dijajal.
Di samping itu, produk parfum diminati sepanjang tahun dan tidak berkaitan dengan musim tertentu, sehingga permintaan terhitung stabil. Inovasi serta pemasaran digital memberikan peluang besar bagi pengusaha parfum untuk menjangkau audiens dan konsumen yang lebih luas dengan biaya yang relatif rendah.
Baca Juga: Cuannya Semerbak, Inilah 7 Cara Memulai Usaha Parfum Refill
Faktor-faktor yang Menyebabkan Anak Muda Terjun ke Bisnis Parfum
Tingginya tren peluang bisnis parfum dipengaruhi oleh berbagai faktor yang menjadikan bisnis ini terus meningkat digemari, terutama di kalangan anak muda. Berikut adalah beberapa faktor yang menjelaskan fenomena ini:
1. Kreativitas dan Personal Branding
Bagi kalangan anak muda yang cenderung kreatif dan ingin mengekspresikan diri mereka. Bisnis parfum memungkinkan mereka untuk menciptakan produk unik yang dapat mencerminkan identitas pribadi mereka. Kecenderungan ini memberikan pengaruh besar bagi meningkatnya peminat muda dalam berbisnis.
Di sisi lain, perkembangan teknologi juga memberikan kemudahan dalam pengembangan bisnis parfum seperti dalam hal pembuatan aroma baru hingga strategi pengemasan yang lebih menarik dan efektif
2. Modal Awal yang Relatif Terjangkau
Bagi Sahabat Wirausaha yang berminat membuka bisnis parfum. Memulai bisnis parfum bisa dilakukan dengan modal yang relatif kecil, terutama jika memproduksi dalam skala kecil dan memanfaatkan platform digital untuk pemasaran. Modal awal yang dibutuhkan untuk bisnis parfum ini sekitar Rp 10 juta- Rp12 Juta untuk kebutuhan pembelian bibit parfum dan peralatannya.
3. Pengaruh Media Sosial
Peluang bisnis parfum juga diperluas dengan jangkauan promosi via media sosial yang memudahkan promosi dan branding produk parfum. Banyak influencer dan selebriti muda yang sukses memasarkan produk parfum mereka melalui Instagram, TikTok, dan platform lainnya. Pengaruh media sosial juga besar dalam menentukan tren dan menciptakan peluang pasar baru sehingga lebih fleksibel dan efektif
4. Tingginya Permintaan Akan Produk Custom
Tingginya kesadaran terhadap Kesehatan dan kecantikan juga meningkatkan minat konsumen saat ini untuk cenderung mencari produk yang dipersonalisasi. Anak muda dapat menawarkan parfum dengan pilihan aroma yang disesuaikan dengan keinginan pelanggan.
Di sisi lain, peluang bisnis parfum dengan berbagai bahan-bahan alami dan aman untuk kulit membantu konsumen untuk memilih sesuai selera mereka sehingga meningkatkan potensi penjualan.
Baca Juga: 6 Perusahaan Maklon Parfum Buat Kamu yang Tertarik Mulai Bisnis dengan Brand Sendiri
Mengapa Peluang Bisnis Parfum Dikatakan Profitable?
Tren yang terus meningkat dan kesempatan yang cukup besar menjadi salah satu alasan mengapa bisnis parfum cukup profitable atau menguntungkan. Namun, terdapat alasan lain kenapa bisnis ini berpotensi cuan cukup tinggi. Ini dia diantaranya:
1. Biaya Produksi yang Terkendali
Peluang bisnis parfum bisa dicoba dengan modal awal sekitar Rp 12 juta. Jika mampu memasok bahan baku yang tersedia dan proses produksi yang efisien, biaya produksi parfum bisa tetap rendah.
Rincian kebutuhan awal bisnis parfum di antaranya; Bibit parfum dengan saran pembelian 150 jenis dan volume ±100 ml. 150 jenis bibit ini dapat diracik menjadi berbagai macam aroma. Pembelian bibit tersebut sekitar (Rp 10 Juta), botol aluminium (Rp 1,5 Juta), pelarut absolut prima/etanol (Rp110.000), pencuci absolut 1 liter (Rp20.000), DPG/solviol 1 liter (Rp57.000), Aquadest 5 liter (Rp32.000).
2. Margin Keuntungan yang Tinggi
Produk parfum biasanya dijual dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan biaya produksi. Ini memberikan margin keuntungan yang signifikan. Margin keuntungan yang Sahabat Wirausaha bisa dapat dengan berbisnis parfum sekitar 30% hingga 100% terutama bagi bisnis parfum refill atau isi ulang.
Perkiraan keuntungan dalam bisnis parfum dengan estimasi modal di atas, Sahabat Wirausaha dapat menjual 1 botol parfum ukuran 50 ml dengan perkiraan biaya produksi Rp11.000 dan menjualnya dengan harga per 50 ml Rp35.000. Perkiraan keuntungan yang Sahabat Wirausaha dapatkan sekitar Rp24.000 (keuntungan kotor/bruto mencapai ±223%).
3. Pasar yang Luas dan Terus Berkembang
Peluang bisnis parfum terus berkembang seiring dengan peningkatan kesadaran akan perawatan diri dan gaya hidup. Produk parfum sering menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari. Terutama meningkatnya gaya hidup dan tren kecantikan, sehingga bisnis parfum menjadi komoditi yang terus berkembang.
Di samping itu, potensi pasar yang hampir tidak terbatas dengan adanya digitalisasi membuat bisnis parfum ini terus bertahan dari tingkat lokal hingga global. Pemanfaatan peluang pasar global yang sudah dapat dijangkau dengan smartphone memungkinkan Sahabat Wirausaha menjangkau lebih banyak konsumen.
Baca Juga: 14 Cara Memulai Bisnis Parfum Brand Sendiri, Simak Langkahnya!
Sasaran Konsumen Bisnis Parfum dari Semua Kalangan
Meningkatnya kesadaran dan minat terhadap kecantikan dan keindahan membuat peluang bisnis parfum selalu menemukan target pasarnya. Siapa saja sasaran konsumen bisnis parfum?
1. Generasi Muda
Generasi milenial dan Gen Z adalah konsumen utama, karena mereka sangat peduli dengan penampilan dan gaya hidup. Kecenderungan untuk unjuk jati diri sangat didominasi oleh kalangan anak muda sehingga keunikan dan kekhasan aroma parfum cocok dengan kepribadian dan bentuk ekspresi karakter generasi muda.
2. Wanita dan Pria dari Berbagai Kalangan
Parfum bukan hanya kebutuhan wanita, tetapi juga pria. Saat ini, banyak parfum yang dirancang khusus untuk pria dengan berbagai aroma yang maskulin. Berbagai aroma yang unik dan bahkan dapat disesuaikan dengan selera konsumen menjadi nilai tawar yang menarik. Di sisi lain, bahkan menjadi suatu kebutuhan seperti di angkutan umum hingga menjadi faktor untuk meningkatkan kepercayaan diri.
3. Konsumen yang Mencari Produk Premium dan Personalisasi
Peluang bisnis parfum bisa kita mainkan di kalangan konsumen menengah ke atas. Nyatanya, ada segmen konsumen yang bersedia membayar lebih untuk produk yang menawarkan personalisasi dan kualitas premium. Beberapa kalangan bahkan berusaha memiliki aroma khas sehingga mencari aroma parfum yang tidak sama dengan yang lain dan sebagai bentuk personalisasi.
Bisnis parfum menjadi pilihan menarik bagi anak muda karena memungkinkan ekspresi kreativitas, memiliki modal awal yang relatif terjangkau, serta didukung oleh potensi margin keuntungan yang tinggi dan pasar yang terus berkembang. Dengan strategi pemasaran yang tepat dan memahami preferensi konsumen, kesempatan untuk sukses dalam peluang bisnis parfum cukup besar.
Jika tulisan ini bermanfaat, silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM.
Referensi:
- https://www.growthink.com/businessplan/help-center/how-to-start-a-perfume-business
- https://dannam.co/blogs/journal/how-to-start-a-perfume-business
- https://www.nichepursuits.com/perfume-business-ideas/
- https://majoo.id/solusi/detail/bisnis-parfum