Sumber: Natalie Rhea/Unsplash.

Sebagai pelaku UKM, Sahabat Wirausaha tentu menyadari bahwa bisnis apapun tentu memiliki risiko. Namun risiko yang kita temukan pada suatu bisnis juga dapat dimitigasi atau diminimalisir sebaik mungkin dengan menerapkan manajemen risiko. Salah satu penerapan manajemen risiko adalah dengan melakukan diversifikasi produk maupun layanan. Lalu, apa yang dimaksud dengan diversifikasi? Yuk, simak penjelasan mengenai diversifikasi berikut ini.


Apa itu Diversifikasi?

Menurut Dr. Graham Kenny dalam bukunya yang berjudul Diversification Strategy, diversifikasi digambarkan sebagai keberagaman antar bisnis di dalam sebuah perusahaan yaitu berupa produk maupun layanan. Menurutnya, tingkat keberagaman tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti produk yang dihasilkan, tipe-tipe konsumen, teknologi yang digunakan, hingga mekanisme distribusi produk/layanan.

Baca Juga: Mengenal Standar K3 Untuk Produksi

Selain itu, bila ditelusuri melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian diversifikasi secara umum adalah penganekaragaman dan secara spesifik dalam bidang ekonomi, diversifikasi diartikan sebagai penganekaan usaha untuk menghindari ketergantungan pada ketunggalan kegiatan, produk, jasa, atau investasi.

Secara sederhana, pengertian diversifikasi tersebut dapat digambarkan dengan sebuah ilustrasi. Misalnya, alih-alih hanya bergantung pada bisnis A saja, umumnya perusahaan akan membuka bisnis B, C, dan lainnya sebagai langkah alternatif seandainya terjadi kendala pada bisnis A tersebut. Dengan demikian, perusahaan dapat memitigasi atau meminimalisir risiko kerugian dengan tidak menggantungkan nasib perusahaan dari satu bisnis saja. Selain meminimalisir risiko, perusahaan juga dapat meningkatkan keuntungan dengan menerapkan diversifikasi tersebut.

Baca Juga: Jawa Classic, Mengulik Limbah Menjadi Apik dan Menarik

Dalam dunia investasi, diversifikasi juga seringkali dikaitkan dengan istilah ‘jangan menaruh semua telur di dalam satu keranjang”. Logikanya, bila keranjang tersebut jatuh tentu semua telur akan hancur tak tersisa. Oleh sebab itu, untuk meminimalisir risiko hancurnya semua telur tersebut, perlu disiapkan beberapa keranjang sehingga telur dapat dibagi-bagi ke dalam keranjang tersebut. Bila investasi diibaratkan sebagai keranjang dan dana investasi diibaratkan sebagai telur, maka investor disarankan untuk tidak menaruh seluruh dananya ke satu instrumen investasi saja melainkan menyebarkan dananya ke beberapa instrumen investasi agar tidak merugi di kemudian hari.


Kisah Inspiratif Diversifikasi

Sahabat Wirausaha sebagai pelaku UKM pun dapat melakukan diversifikasi produk bahkan hingga ke pasar internasional loh. Dilansir dari sumber liputan6.com, di tahun 2020 terdapat 11 UKM di Indonesia yang telah berhasil melakukan diversifikasi produk dan memasarkannya secara global. Kisah inspiratif ini tentu dapat menginspirasi Sahabat Wirausaha untuk tetap berusaha dan berkembang meskipun berada dalam kondisi pandemik.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Pemilik dan Pengelola Perusahaan

Tahukah Sahabat Wirausaha bahwa perusahaan Netflix pun turut melakukan diversifikasi produk? Dilansir dari sumber media konten.co.id dan liputan6.com, perusahaan Netflix telah mengakuisisi perusahaan video gim Night School Studio dengan meluncurkan lima judul video gim yaitu Stranger Things 3: The Game, Stranger Things: 1984, Card Blast, Teeter (Up), dan Shooting Hoops bagi pelanggan Netflix di Spanyol dan Italia.

Selain video gim, perusahaan Netflix juga meluncurkan produk baru berupa Netflix Book Club dan akan bekerja sama dengan perusahaan Starbucks. Hal ini dipicu oleh ketatnya persaingan dalam bisnis streaming film dengan platform pesaingnya yaitu Disney+ dan HBO Max yang telah memperoleh pelanggan dengan cepat meskipun tergolong ‘pemain baru’. Sebagai pelaku usaha, kita memang harus cermat dalam melihat peluang bisnis yah.

Baca Juga: Lima Alasan Kenapa Budaya Inovasi Penting Bagi UMKM

Nah, Sahabat Wirausaha sebagai pelaku UKM juga jangan pernah ragu untuk berusaha yah. Tetap semangat untuk terus belajar dari kisah sukses para pelaku UKM yang telah berhasil melakukan diversifikasi. Semoga ulasan singkat mengenai diversifikasi ini dapat bermanfaat bagi Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. Konten
  2. Liputan 6
  3. KBBI Online
  4. Kenny, Graham. 2009. Diversification strategy : how to grow a business by diversifying successfully. United States: Kogan Page Limited.