Apakah Sahabat Wirausaha sedang mencari cara untuk bagaimana meningkatkan keuntungan dengan biaya yang rendah? Apakah bisa? Jawabannya bisa. Namun untuk menjawab caranya seperti apa, Sahabat Wirausaha harus tahu terlebih dahulu terkait keunggulan biaya, karena ini berkaitan dengan pertanyaan di atas. Yuk, langsung kita simak penjelasan seputar cost advantage atau keunggulan biaya.

Baca Juga: Biaya Operasional Rata-Rata


Apa Itu Cost Advantage (Keunggulan Biaya)?

Cost advantage atau keunggulan biaya adalah istilah yang mengacu pada keunggulan kompetitif yang dapat diperoleh perusahaan di pasar terkait dengan biaya. Secara singkat, pelaku usaha atau perusahaan menawarkan harga yang lebih rendah untuk barang yang sama atau mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan memiliki biaya produksi yang lebih rendah.

Perusahaan yang lebih besar biasanya memiliki keunggulan biaya dibandingkan perusahaan yang lebih kecil, karena mereka dapat menghasilkan lebih banyak dan mendapat manfaat dari pembelian bahan baku dalam jumlah besar.

Baca Juga: Biaya Tidak Langsung

Baca Juga: Biaya Langsung

Beberapa bisnis atau perusahaan bahkan mungkin memiliki perusahaan produksi yang membuat bahan baku utama produk mereka, yang selanjutnya hal tersebut meningkatkan keunggulan biaya mereka.

Meningkatkan keunggulan biaya dapat dilakukan dengan menyesuaikan pengeluaran pada hal-hal berikut ::

  1. Biaya bahan: produk lebih murah dibuat karena memperoleh bahan baku dengan harga lebih rendah dari pada pesaing mereka.
  2. Proses: Ketika meningkatkan efisiensi misalnya dengan mengurangi kesalahan atau mengurangi waktu untuk produksi.
  3. Distribusi: mengurangi biaya distribusi dengan menggunakan teknologi baru atau menerapkan sistem yang lebih efisien.
  4. Manajemen: sistem manajemen yang berdedikasi dan terampil yang berfokus pada peningkatan keunggulan biaya.
  5. Otomasi: menggunakan teknologi untuk mengotomatisasi bagian-bagian dari proses produksi, distribusi, penjualan atau pemasaran.
  6. Paten: memiliki paten untuk teknologi, bahan, atau proses sehingga memberi keunggulan spesifik yang tidak dapat dimiliki pesaing mereka.

Bagaimana Bisnis Menggunakan Keunggulan Biaya?

Ada beberapa metode yang dapat digunakan pelaku usaha atau perusahaan untuk menerapkan peningkatan keunggulan biaya. Seperti berikut :

Baca Juga: Biaya Oportunitas

  1. Pertahankan harga yang sama tetapi turunkan biaya produksi. Menetapkan harga barang tidak jauh dengan pesaing, tetapi kemudian memperoleh lebih banyak keuntungan dengan mengurangi biaya produksi. Ini merupakan keunggulan komparatif. Sebuah bisnis dapat melakukan ini dengan mengurangi biaya bahan, proses dan distribusi.
  2. Dapatkan pangsa pasar dengan menurunkan harga. Ini bisa berhasil karena banyak konsumen memilih produk dengan harga lebih rendah ketika tidak ada banyak perbedaan antara pilihan. Ini adalah strategi penetrasi pasar yang menggunakan keunggulan biaya.
  3. Gabungkan keunggulan biaya dengan keunggulan komparatif untuk mengembangkan keunggulan kompetitif. Dengan begitu perusahaan dapat menciptakan basis konsumen yang loyal dan pangsa pasar yang andal.

Manfaat Keunggulan Biaya

Beberapa manfaat dengan meningkatkan keunggulan biaya adalah :

  1. Menghasilkan lebih banyak produk atau jasa
  2. Mendapatkan lebih banyak pelanggan jangka panjang
  3. Kemampuan untuk berkembang dan berkembang

Demikianlah penjelasan terkait cost advantage atau keunggulan biaya. Meningkatkan keunggulan biaya menjadi penting apabila Sahabat Wirausaha berusaha mengembangkan usaha dengan berusaha melebarkan sayap usaha ke pasar yang lebih luas. Semoga tulisan di atas sudah dapat menjawab apa itu keunggulan biaya dan bagaimana cara meningkatkan keunggulan biaya tersebut.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.