Sumber: Vecteezy/jongcreative

Sahabat Wirausaha, di zaman serba online seperti saat ini, keberadaan website bagi sebuah bisnis tentu sangat penting. Bahkan sekalipun bisnis yang Anda geluti masihlah skala kecil yakni UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), memiliki website adalah kewajiban.

Sebagai etalase online, website bisnis tentu akan membuat calon pembeli mengetahui informasi produk. Sahabat Wirausaha juga bisa memberikan navigasi transaksi yang tentunya akan mempermudah terjadinya pembelian. Nah, untuk melihat seberapa efektifnya website itu terhadap kelangsungan bisnis, Anda harus tahu yang namanya conversion rate.

Baca Juga: Mengenal Consumer Acquisition


Definisi

Dikutip dari Glints.com, conversion rate merupakan persentase efektivitas yang tercatat dalam halaman website bisnis dengan tujuan menarik pengunjung melakukan aksi.

Beberapa aksi itu bisa pembelian, mengirimkan email, melakukan subscribe atau mendaftar newsletter hingga lainnya. Di mana aksi ini jelas menjadi bukti kalau konten dalam website memang berhasil menarik pengunjung internet untuk akhirnya menjadi calon pembeli, dan pembeli. Untuk itulah conversion rate sangat penting bagi pebisnis yang ingin menilai sukses tidaknya pemasaran online mereka.

Baca Juga: Mengenal Istilah Social Media Campaign

Seperti yang Sahabat Wirausaha tahu, pemasaran alias marketing adalah tulang punggung sebuah bisnis sehingga jika mengetahui conversion rate, maka dapat dijadikan pedoman dalam kegiatan digital marketing karena dianggap jauh lebih akurat dibandingkan pendapat pribadi.

Untuk mengetahui seberapa besar tingkat konversi ini, Anda bisa menghitungnya dengan mudah. Di mana Sahabat Wirausaha tinggal membagi jumlah konversi dalam suatu halaman website bisnis dengan total pengunjung yang ada, lalu dikalikan 100.

Baca Juga: Apa itu Affiliated Marketing?

Menurut Redcomm.co.id, saat ini rata-rata conversion rate dari seluruh jenis industri adalah 2,35%. Kendati begitu ada sekitar 25% pelaku bisnis online mampu mencapai tingkat konversi 5,31% dari website mereka. Bahkan 10% lainnya mampu mencapai conversion rate hingga 11,45%.


Cara Meningkatkan Conversion Rate

Melihat bagaimana conversion rate dapat menjadi indikator kesuksesan digital marketing, tentu Sahabat Wirausaha ingin memperoleh angka yang tinggi. Nah, bagi Anda yang mau mewujudkan hal tersebut, beberapa cara berikut ini dapat dicoba:

1. Landing Page Harus Menarik

Bisa dibilang ini merupakan elemen terkuat dalam meningkatkan conversion rate. Landing page pada umumnya berisi menu sederhana agar pengunjung internet bisa dengan mudah menemukan kebutuhannya. Landing page yang informatif jelas akan dipahami dan aksi dapat terjadi efektif.

Baca Juga: Komponen Konten Pemasaran

2. Lakukan Remarketing

Menampilkan kembali konten iklan secara langsung dikenal juga sebagai remarketing dan ternyata mampu membuat tingkat konversi makin bagus. Iklan berulang ini bisa muncul bagi seluruh pengunjung website baik hendak melakukan aksi atau tidak.

3. Diberi Pesan Pop-Up

Sahabat Wirausaha tentu pernah mengunjungi website dan kemudian ada pesan pop up yang muncul. Fitur ini rupanya dapat meningkatkan conversion rate karena obyek yang mendadak muncul di halaman website ketika pengunjung bakal pergi, mereka otomatis akan membacanya dan melakukan sebuah aksi.

Baca Juga: Unique Selling Proposition

4. CS Wajib Optimal

Hal berikutnya yang wajib ada kalau ingin conversion rate meningkat adalah dengan memaksimalkan CS (Customer Service). Karena bagaimanapun juga, calon pelanggan akan sangat terbantu jika CS begitu ramah, informatif dan aktif dalam memberikan penjelasan soal produk atau layanan. Dengan begitu, mereka bakal tertarik dan melakukan transaksi.

5. CTA yang Kuat

Dan inilah hal terakhir yang bisa Sahabat Wirausaha lakukan agar conversion rate sesuai dengan harapan. Anda harus meletakkan CTA (Call To Action) baik berupa teks, gambar atau tombol di halaman website dengan tepat, sehingga memberikan dampak maksimal. CTA juga bisa dipasang pada artikel-artikel potensial dalam website yang punya traffic tinggi.

Baca Juga: Tips Membuat Foto Konten yang Menarik untuk Produk Fashion

Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan meningkatkan conversion rate? Asalkan Sahabat Wirausaha menerapkan langkah-langkah di atas, website tentu akan menjadi makin optimal dalam menjalankan strategi pemasaran dan berimbas ke omzet bisnis melimpah.

Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.