Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk memperkenalkan merek usaha kepada masyarakat/konsumen, salah satunya adalah dengan mengangkat seorang brand ambassador atau sering disebut juga sebagai duta merek.
Baca Juga : Key Opinion Leader (KOL)
Seperti apa sebenarnya peranan brand ambassador tersebut bagi perusahaan dan bagaimana tips memilih brand ambassador yang tepat bagi perusahaan Sahabat Wirausaha? Mari ketahui jawabannya dalam ulasan berikut ini.
Apa itu Brand Ambassador?
Brand Ambassador adalah seseorang yang mempromosikan Brand dan produk sebuah perusahaan ke jaringan mereka dengan tujuan meningkatkan Brand Awareness (pengetahuan suatu produk di kalangan masyarakat) dan mendorong penjualan. (glints.com)
Berbagai macam cara yang bisa dilakukan perusahaan Sahabat Wirausaha untuk memperkenalkan merek kepada khalayak, salah satunya adalah dengan mengangkat seorang brand ambassador atau sering disebut juga sebagai duta merek.
Seperti apa sebenarnya peranan brand ambassador tersebut bagi perusahaan Sahabat Wirausaha dan bagaimana tips memilih brand ambassador yang tepat?
Umumnya, brand ambassador ini berasal dari kalangan orang-orang yang memiliki pengaruh besar seperti selebriti atau tokoh yang memiliki banyak follower dan biasanya disebut sebagai influencer marketing. Seorang brand ambassador biasanya menggunakan media sosial mereka untuk membantu perusahaan Sahabat Wirausaha dalam mencapai tujuan dan dalam mempromosikan suatu produk.
Baca Juga : Digital Brand Ambasaador
Tugas dan tanggung jawab brand ambassador
Selain mempromosikan produk di sosial media, tugas, dan tanggung jawab lainnya dari brand ambassador yang harus Sahabat Wirausaha ketahui adalah:
- Membiasakan diri dengan visi, misi dan tujuan perusahaan.
- Membuat konten situs web atau media sosial untuk mendorong kesadaran merek dan menarik pelanggan baru.
- Mewakili perusahaan dalam peluncuran produk, acara dan pameran dagang.
- Menjadi pemimpin opini di komunitasnya.
- Memberikan umpan balik dan wawasan terkait dengan produk/layanan baru.
- Membangkitkan kesadaran merek melalui pemasaran dari mulut ke mulut.
- Mempertahankan citra positif merek.
Baca Juga : Influencer Rate Card
Skills yang harus dimiliki oleh seorang brand ambassador
- Kreativitas
- Pengetahuan dasar marketing
- Membangun jaringan
- Memberi umpan balik yang baik
- Kepimpinan
- Memiliki Pengaruh yang besar di media sosial
- Pengetahuan merek dan cinta terhadap merek
- Orisinalitas
- Profesionalitas
Manfaat Brand Ambassador
1. Menjaga reputasi
Reputasi sebuah brand bisa saja naik dan turun, tergantung situasi apa yang sedang terjadi. Salah satunya bisa tergantung bagaimana sebuah media meliput. Contohnya, jika media tertentu memberitakan hal yang kurang baik tentang sebuah brand, reputasi brand tersebut bisa saja jatuh. Untuk itu penting sekali bagi Sahabat Wirausaha untuk menjaga reputasi brand usaha.
Brand Ambassador juga bisa menjadi seseorang yang dapat mengangkat reputasi brand Sahabat Wirausaha. Karena seorang brand ambassador memiliki banyak pengikut yang percaya kepada mereka.
2. Mendekatkan brand pada customer
Mendekatkan brand pada customer bukanlah hal yang mudah. Dikutip dari Keyhole dan glints.com, 63% orang lebih percaya pada apa yang disampaikan oleh influencer atau brand ambassador dari pada apa yang dikatakan oleh brand itu sendiri. Di sinilah peran besar seorang brand ambassador. Mereka harus bisa menjadi jembatan penghubung antara brand dengan masyarakat.
Baca Juga : Strategi Pemasaran Digital Menggunakan Influencer
3. Memberikan review baik
Setiap orang bisa memberi review di media sosial. Review yang buruk tentu saja tidak bisa dihindari. Namun, seorang brand ambassador harus tetap profesional memberikan review yang baik dan jujur kepada pengikutnya. Karena hal ini biasanya sudah menjadi perjanjian antara brand ambassador dengan brand itu sendiri.
4. Meningkatkan citra brand
Brand ambassador adalah seseorang yang menjadi citra sebuah brand dan mampu membangun citra brand yang baik, karena brand ambassador adalah wajah sebuah brand. Maka, mereka harus menjaga citra tersebut dengan baik.
Itulah sedikit ulasan mengenai brand ambassador dan pengaruh yang begitu besar terhadap sebuah brand. Jika saat ini Sahabat Wirausaha tengah memikirkan alternatif cara untuk mempromosikan brand dengan efektif, maka Sahabat Wirausaha bisa melakukan kerja sama dengan brand ambassador yang mungkin bisa menjadi salah satu stratregi yang baik untuk dipertimbangkan.
Baca Juga : Tips Memilih Endorser/Influencer yang Tepat
Sebab, bila dipilih dengan tepat dan dijalankan dengan baik, keberadaan brand ambassador ini tidak hanya dapat membantu meningkatkan brand awareness namun juga meningkatkan daya jual produk atau layanan yang Anda tawarkan.
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.
Baca Juga : Influencer dan Key Opinion Leader, Samakah?