Franchise Es Krim - Saat musim kemarau seperti saat ini, banyak orang yang menginginkan hidangan segar untuk melepas dahaga. Contohnya seperti es teh, jus buah, dan lainnya. Selain minuman tersebut, es krim bisa menjadi salah satu hidangan penutup yang lezat juga lho! Hal ini dibuktikan dengan maraknya franchise es krim yang ada di sekitar kita. Bahkan, ada yang menggunakan maskot boneka salju agar bisnis es krimnya bisa menarik perhatian.

Selain itu, hidangan es krim yang disajikan tidak hanya bergantung pada rasa saja, tetapi juga pada variasi, kualitas, dan pengalaman yang ditawarkan oleh para franchise es krim tersebut. Kira-kira, apa saja ya franchise es krim yang sedang populer saat ini? Serta berapa estimasi modal yang dibutuhkan jika ingin  bergabung ke franchise tersebut? Nah, pada artikel ini akan dibahas tentang 6 franchise es krim terkenal di Indonesia yang telah berhasil mencuri hati banyak orang dan berpotensi menghasilkan keuntungan. Yuk lanjut!

1. Ai-CHA

Pertama, franchise yang bermula dari produk teh ini membuka outlet pertamanya di Indonesia pada Agustus 2022. Nama Ai-CHA sendiri berasal dari huruf Mandarin yaitu “ài dan “chá. Huruf “ài) memiliki arti “suka/kecintaan” serta huruf “cháyaitu “teh”. Maka, Ai-CHA pun menggabungkannya sebagai branding untuk membagikan kecintaan terhadap produk teh agar menarik minat masyarakat. 

Selain produk teh, Ai-CHA juga menawarkan produk es krim yang sangat beragam, seperti es krim kacang merah, anggur, boba, dan masih banyak lagi. Kini, salah satu dari 6 franchise es krim ini  sudah memiliki lebih dari 40 varian produk yang akan terus bertambah di gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Jika tertarik memiliki franchise Ai-CHA ini, biaya modalnya berkisar mulai dari Rp297 juta hingga Rp293 juta. Kisaran biaya tersebut tentunya tergantung dari lokasi yang akan ditargetkan. Info lengkapnya bisa diakses di https://ai-chafood.com/

Baca Juga: 7 Franchise Kedai Kopi Paling Hits, Segini Kebutuhan Modalnya

2. Teman Ice Cream and Tea

Sesuai namanya, Teman Ice Cream and Tea hadir sebagai pendamping para konsumen yang ingin menikmati sajian es krim ataupun teh. Bagi para pengusaha yang berminat untuk membuka usaha franchise maupun kemitraan, Teman Ice Cream and Tea ini bisa menjadi salah satu pilihan. Franchise ini menawarkan produk Ice Cream & Tea dengan konsep “ceria” dengan menampilkan nuansa outlet yang menarik dan berbeda, yaitu berwarna terang dengan lampu-lampu estetik yang memanjakan mata. 

Bagi yang ingin gabung franchisenya, harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau, yaitu mulai dari Rp164 juta hingga Rp481 juta. Varian es krimnya terdiri dari boba sundae, red bean sundae, peach shake, bahkan chicken nugget finger juga tersedia di sini. Lengkapnya, bisa diakses di situs https://temanicecream.co.id/.

3. Momoyo

Didirikan pada tahun 2022 di bawah PT. JUNYILIFE, Momoyo hadir sebagai salah satu dari 6 franchise es krim untuk memberikan peluang bisnis yang menjanjikan bagi para calon franchisee yang ingin menghasilkan keuntungan di bidang pangan. Selain itu, ada sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan melalui franchise Momoyo ini. Mulai dari adanya dukungan dan pelatihan yang komprehensif dari pihak franchise, pemilihan lokasi yang strategis, perencanaan desain dan bangunan outlet, hingga pengelolaan stok. Wah paket lengkap ini!

Dengan produk es krim andalannya yaitu brown sugar boba sundae, Momoyo membuka harga franchise mulai dari Rp377 juta. Harga tersebut sudah termasuk deposit Rp 40 juta, yang nantinya akan dikembalikan saat outlet telah beroperasi. Melalui harga tersebut, Momoyo mengklaim bahwa kita bisa dapat balik modal sekitar 8-12 bulan lho! Jika tertarik, silakan langsung kunjungi situsnya di https://www.momoyodrink.com/.

4. Xiyue

Franchise yang dikelola oleh PT. MBV (Mitra Boga Ventura) ini menawarkan 2 jenis paket harga, yaitu paket mal (outlet yang didirikan di mal) dan paket non-mal (outlet yang didirikan di lokasi tertentu). Paket mal franchise Xiyue ditawarkan dengan harga Rp450 juta, yang sudah termasuk booth, biaya kemitraan, pemasaran, peralatan, bahan baku awal, dan kemasan. 

Sementara itu, paket non-mal ditawarkan dengan harga Rp400 juta, namun belum termasuk booth es krim. Adapun profit bersih yang bisa didapatkan berkisar dari Rp20 juta hingga Rp160 juta per bulannya! Melalui periode kemitraan enam tahun, Xiyue menawarkan produk es krim yang bervariasi seperti Ice Cream Cone, Popcorn, Sundae, Sweet Drinks, Float, hingga Thai Tea. Informasi lebih lanjut mengenai franchise Xiyue bisa diakses di Instagramnya, yaitu https://www.instagram.com/xiyue.indonesia/.

Baca Juga: 7 Franchise Minuman Non Kopi Kekinian, Cek Harga dan Keunggulannya

5. Bingxue

Hampir mirip seperti Momoyo, bagi yang tertarik untuk membuka franchise Bingxue ini akan memiliki banyak keuntungan serta mendapatkan bimbingan. Mulai dari laba kotor produk sekitar 60 persen, titik impas atau Break Even Point (BEP) yang relatif singkat, serta tingkat kelangsungan hidup di atas 90 persen.

Dari segi produk es krimnya, yang termurah dijual dengan harga mulai Rp. 8.000 saja untuk ice cream cone. Varian lainnya pun juga beragam, seperti es krim vanila, kopi, hingga teh manis. Selain itu, Bingxue juga menjual milk tea dan fresh coconut milk dengan harga mulai dari Rp. 12.000. Bagi yang tertarik dengan franchise Bingxue ini, modalnya berkisar antara Rp250 juta hingga Rp275 juta. Adapun beberapa manfaat dari modal tersebut yaitu adanya diskon untuk peralatan mesin, subsidi sewa toko hingga Rp 50 juta, dan lainnya.

Jika ingin mengetahui harga atau info lebih lengkap seputar franchise Bingxue, silakan kunjungi situs resminya di https://id.bingxueglobal.com/.

6. Mixue

Dari 6 franchise es krim, brand yang terakhir ini mungkin cukup populer di kalangan masyarakat, apalagi produk es krimnya sangat digemari oleh kalangan muda. Ya, franchise es krim Mixue  ini begitu populer di media sosial seperti TikTok dan Instagram @mixueindonesia, karena harga es krimnya yang relatif terjangkau mulai dari Rp. 8 ribuan saja. Selain itu, varian es krimnya juga lengkap dengan beragam topping yang lezat. Contohnya seperti coklat, stroberi, mangga, boba, hingga cheese tea. Menu tersebut juga masih relatif terjangkau, karena berada di kisaran harga Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000an saja.

Brand yang berasal dari Tiongkok ini membuka outletnya pertama kali di Indonesia, tepatnya di kota Bandung pada tahun 2020 lalu. Hingga saat ini, perkembangan franchise es krim ini terbilang sangat sukses yang dibuktikan dengan hadirnya 300 outlet di berbagai kota besar di Indonesia. Harga yang bersaing serta cita rasa yang otentik pun menjadi kiat sukses Mixue dalam menghadapi persaingan pasar yang cukup ketat saat ini.

Jika tertarik dengan franchise Mixue ini, kita perlu menyiapkan modal yang cenderung lebih besar, yaitu sekitar Rp.300 juta hingga Rp. 700 jutaan. Modal tersebut sudah termasuk dalam biaya bahan baku, manajemen, serta pelatihan dan peralatan. Kemudian, Mixue juga menerapkan aturan untuk tempat operasionalnya agar sesuai dengan standar mereka. Aturan tersebut berupa luas bangunan yang berukuran minimal 25 meter persegi, tinggi plafon minimal 2,7 meter, serta lebarnya minimal 3,8 meter. Sumber air bersih juga diperlukan untuk franchise Mixue ini, serta listrik dengan daya sekitar 33.000 watt.

Baca Juga: Sudah Banyak Pelanggan, Berikut 5 Franchise Bisnis Kuliner Paling Laris

Sahabat Wirausaha, dari 6 franchise es krim di atas kira-kira mana yang menarik untuk dipilih? Semua franchise tersebut sejatinya telah berhasil menciptakan pengalaman unik dan memuaskan bagi pelanggan mereka melalui inovasi rasa, kualitas produk, dan layanan yang konsisten. Baik dengan menciptakan rasa baru yang menarik, atau dengan menawarkan produk premium yang berkualitas, setiap franchise memiliki keunggulan tersendiri yang membuat mereka populer di kalangan masyarakat.

Jika memang belum memiliki modal yang memadai, kita juga bisa mulai dengan mempelajari produk varian es krim yang disajikan, pelayanannya, serta membandingkannya dengan para pesaing. Hal ini bisa membantu kita untuk membuat keputusan terbaik saat memilih franchise es krim. Semangat mencoba, Sahabat!

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi : Kompas, SupportStartup, BangkaPos