Tips Seasonal Marketing – Perubahan musim memiliki dampak langsung pada pola perilaku konsumen. Saat musim berganti, kebutuhan baru muncul dan kebutuhan lama menjadi kurang penting. Dalam situasi tersebut, perusahaan harus proaktif dan menawarkan produk dan layanan yang sesuai dengan permintaan konsumen.

Seasonal Marketing adalah strategi promosi yang berfokus pada perubahan musim dan perayaan khusus tertentu. Hal ini sangat penting karena biasanya, “kebutuhan akan sesuatu muncul sebelum waktu penerapannya.” Nah, karena perubahan musim merupakan peluang paling jitu untuk mendongkrak penjualan di waktu-waktu tertentu, yuk kenalan dengan Seasonal Marketing dan strategi penerapannya untuk UMKM.


Tips Seasonal Marketing, Apa Itu?

Seasonal Marketing adalah strategi pemasaran yang diterapkan oleh suatu perusahaan dengan menggencarkan promosi pada musim-musim penjualan tertentu. UMKM bisa melakukan hal ini dengan mengamati perubahan pola pembelian orang-orang sepanjang tahun pada waktu-waktu tertentu.

Musim penjualan yang dimaksud bisa datang setiap satu tahun sekali, setiap beberapa bulan, atau setiap bulan - tergantung pada pentingnya permintaan dan faktor-faktor lainnya. Manfaat yang diperoleh meliputi peningkatan penjualan, memamerkan produk, mengucapkan terima kasih kepada pelanggan setia, dan melibatkan & mempromosikan.

Baca Juga: 7 Cara Memasarkan Produk Makanan Kemasan, Strategi Raih Perhatian Konsumen!


Beberapa Kampanye Terkenal Seasonal Marketing

a. Kemasan Indomie Edisi Ramadhan

Sumber: addiction

Dengan kemasan khusus spesial Ramadhan, video promosi, kampanye pemasaran musiman ini cukup sukses.

b. Amplop Lebaran dari McDonald

Sumber: kompas

Setiap pembelian Paket Ayam McD Gulai jenis manapun bisa mendapatkan gratis Amplop Lebaran ala McD.

c. Kemasan Kaleng Edisi Piala Dunia 2022 dari Coca Cola

Coca-Cola World Cup

Sumber: Marketeers

Lewat kampanye “Believing is Magic” Coca Cola membawa perusahaan lebih dekat kepada para penggemar sepak bola. Perusahaan ini selalu berkomitmen relevan dengan dunia yang kita tinggali saat ini.

Baca Juga: Teri Bajak Medan, Raup Cuan dengan Strategi Menentukan Target Pasar yang Tepat

Seasonal marketing ada di sekitar kita, fenomena ini memiliki pengaruh yang signifikan diantaranya:

1. Event

2. Hari Libur

3. Hari Raya

4. Kemerdekaan Indonesia

Melihat hal tersebut, kita mempelajari lebih lanjut “tentang apa penyebabnya” dan “bagaimana kita dapat memanfaatkannya”. Dengan memahami kebutuhan dan minat pada periode tertentu, kita dapat menarik lebih banyak pembeli dan meningkatkan pendapatan.


Tips Menggunakan Seasonal Marketing Sepanjang Tahun bagi UMKM

Berikut beberapa tips cara menerapkan seasonal marketing:

1. Kenali Calon Pelanggan dan Perkembangan Tren Pasar

Sumber: thinkwithgoogle

Pertama-tama, kenali dengan baik target pasar kita. Pahami preferensi dan perilaku konsumen selama musim-musim tertentu. Perhatikan juga tren konsumen terkini dan kebiasaan pembelian mereka pada periode tertentu dalam memahami bagaimana target pasar dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal. Tren konsumen dari target pasar kita sangat mungkin berubah tergantung pada waktu dalam setahun. Misalnya, jika Indomaret menjual Biskuit Kaleng, penjualannya pasti akan lebih banyak selama bulan menjelang Ramadhan daripada di bulan lainnya.

Mengenali calon pelanggan dan perkembangan tren pasar, kita dapat mengidentifikasi peluang dan mengantisipasi perubahan yang mungkin mempengaruhi target pasar kita. Misalnya:

Dengan pemahaman yang baik tentang target pasar relevan dengan industri kita, kita dapat menggunakan untuk membagi target pasar menjadi segmen-segmen yang lebih kecil berdasarkan karakteristik yang berbeda. Misalnya, segmen berdasarkan usia atau segmen berdasarkan minat khusus.

Baca Juga: Strategi Psikologi Marketing, 7 Trik Jualan Tanpa Jualan Harga

2. Buat Rencana Pemasaran Yang Terjadwal

Sumber: Kensa creative

Rencanakan pemasaran musiman kita “jauh-jauh hari sebelum musim atau perayaan tersebut tiba” dan “eksekusi harus dilakukan dengan tepat waktu.”

Buatlah rencana pemasaran yang terperinci, mencakup kalender dan jadwal pemasaran, jenis kampanye yang akan dilakukan, serta alokasi anggaran dan sumber daya yang diperlukan. Selain itu, seasonal events yang mempengaruhi terbentuknya permintaan juga meliputi: peristiwa dunia, pendanaan program anggaran, dan aktivitas bisnis selama tahun tersebut.

Penting bagi anggaran pemasaran untuk mempertimbangkan bahwa kemungkinan akan diperlukan “modal lebih banyak dalam beberapa kuartal menjelang periode waktu tersibuk dalam setahun.”

Tanpa dukungan keuangan yang cukup untuk kampanye pemasaran email, ponsel, atau afiliasi, dan operasional pegawai dengan stok barang, akan sulit untuk mendapatkan cukup visibilitas di dalam target audiens kita untuk benar-benar meningkatkan keuntungan dan pertumbuhan terutama untuk perusahaan terhubung online yang mengalami volume penjualan tinggi selama bulan-bulan tertentu.

Dengan rencana yang terjadwal dengan baik, kita dapat mempersiapkan segala hal dengan lebih baik dan mengoptimalkan hasil kampanye pemasaran kita.

3. Kreatif dalam Menyampaikan Pesan

Sumber: Foodiz

Manfaatkan kekuatan media sosial untuk meningkatkan jangkauan pemasaran kita. Buat konten yang berkaitan dengan musim atau perayaan tertentu dan bagikan secara konsisten kepada pengikut kita.

Gunakan hashtag terkait atau membuat kontes kreatif yang melibatkan pengguna media sosial. Selain itu, kolaborasi dengan influencer yang relevan dengan industri kita dapat membantu meningkatkan visibilitas dan kredibilitas merek kita. Dekorasi ruangan toko atau website, tampilan media sosial (Instagram, Facebook, TikTok, dll), dengan menyesuaikan tren.

Misalnya, kita dapat berikan intensif seperti diskon, hadiah atau paket produk yang menggoda selama musim liburan atau dorong interaksi dengan menawarkan kuis, jajak pendapat, atau konten interaktif lainnya atau memberikan diskon pada produk kita untuk menjual stok yang sudah lama. Lalu, gunakan visual dan kata-kata yang menggambarkan semangat dan nuansa musim tersebut.

Baca Juga: 5 Ide Gimmick Marketing di Sosial Media Untuk UMKM

4. Monitor dan Evaluasi

Sumber: Marketing Communication

Setelah periode selesai, monitor lalu lintas terbanyak, produk atau jasa mana yang berfungsi dengan baik, mana yang menerima tingkat penolakan tertinggi, dan apa yang perlu diperbaiki untuk periode berikutnya.

Seasonal marketing merupakan aspek penting dalam strategi pemasaran yang tidak dapat diabaikan. Fenomena ini terus mengelilingi kita dan memberikan peluang besar untuk meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnis.

***

Sahabat Wirausaha, jangan lewatkan peluang bisnis musim puncak ini. Pahami perilaku konsumen dan ambil inspirasi dari artikel ini. Manfaatkan waktu ini untuk meningkatkan brand awareness dan raihan penjualan maksimal saat momen-momen tertentu sepanjang tahun.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. https://www.byyd.me/en/blog/2023/04/seasonal-marketing-increases-sales/
  2. https://rockcontent.com/blog/seasonal-marketing/
  3. https://www.clickintelligence.co.uk/what-is-seasonal-marketing/