Free Person Holding Marker Stock Photo

Gambar oleh Christina Morillo dari Pexels

Sahabat Wirausaha mungkin tidak asing dengan istilah HOREKA, yang merupakan akronim dari industri Hotel, Restaurant, dan Kafe. Ya, istilah ini mengacu pada sektor industri jasa makanan atau perusahaan yang menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman. Sudah bukan rahasia, bahwa sektor ini menjadi salah satu bidang usaha yang paling banyak diminati pebisnis muda. Pasalnya, bidang HOREKA punya peluang bisnis cukup besar dengan pangsa pasar yang luas. Terlebih, Indonesia terkenal dengan destinasi wisata yang banyak menarik turis domestik maupun turis asing, sehingga mendukung bisnis HOREKA untuk berkembang. 

Meski begitu, peluang besar dengan pangsa pasar yang luas juga akan melahirkan persaingan yang ketat antar pesaing bisnis di industri yang sama. Oleh sebab itu, pemilihan strategi pemasaran yang tepat sangatlah dibutuhkan untuk membantu bisnis kita agar dapat bersaing dan berkembang. Nah, seperti apa sih strategi-strategi pemasaran yang dapat Sahabat Wirausaha terapkan di industri HOREKA? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Pastikan Bisnis Terdaftar di Setiap Mesin Pencari (Search Engine)

Sahabat Wirausaha, kemudahan akses teknologi yang dirasakan saat ini memberikan berbagai dampak positif bagi kehidupan kita. Salah satunya ialah dengan hadirnya mesin pencari (search engine). Calon customer dapat dengan mudah mencari dan membandingkan informasi mengenai akomodasi (hotel), restoran, atau kafe dari destinasi atau kota yang akan dituju secara online. 

Oleh karena itu, penting bagi bisnis di industri HOREKA untuk mendaftarkan atau mencantumkan nama bisnis dan informasi layanan atau pendukung terkait lainnya di berbagai mesin pencari (Search Engine) untuk memudahkan calon customer menemukan bisnis kita.

Mesin pencari (Search Engine) yang dapat kita gunakan, antara lain TripAdvisor, Zomoto, Google MyBusiness, Facebook, dan search engine lainnya. Lengkapi profil bisnis kita untuk memudahkan calon customer menghubungi kita ataupun mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Buatlah Situs Web Khusus

Sahabat Wirausaha, salah satu item penting yang wajib dimiliki untuk menjalankan bisnis HOREKA di dunia modern adalah situs web. Pasalnya, 95 persen customer kita akan mencari secara online sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Di dunia di mana pelanggan pertama kali memeriksa Internet untuk mencari solusi terkait perjalanan, Sahabat Wirausaha perlu memastikan bahwa bisnis kita memiliki perwakilan online yang tampak kredibel dan profesional (situs website).

Pada bisnis perhotelan (akomodasi), situs web harus dengan jelas menunjukkan tarif kamar, informasi kontak, fasilitas yang tersedia, galeri foto, dan bahkan mekanisme pemesanan. Sedangkan pada bisnis restoran dan kafe, Sahabat wirausaha dapat melengkapi situs web dengan informasi mengenai menu makanan dan/atau minuman, promo atau diskon yang sedang berlangsung, cara pemesanan, customer review, serta informasi kontak. Tanpa situs web yang aktif, bisnis kita akan kehilangan banyak peluang!

Daftarkan Bisnis di Agen Perjalanan Online

Setelah membuat profil bisnis di beberapa search engine, Sahabat Wirausaha dapat menjangkau calon customer yang lebih luas dengan mendaftarkan bisnis ke platform perjalanan lainnya, terutama Agen Perjalanan Online. Dengan Agen Perjalanan Online, Sahabat Wirausaha mendapatkan kemudahan dalam mengelola bisnis karena adanya fungsi pemesanan, ulasan, dan penilaian tanpa harus melakukannya di situs web Anda sendiri. 

Beberapa Agen Perjalanan Online terbesar termasuk Expedia dan Agoda, keduanya memudahkan bisnis kita untuk muncul di situs pemesanan online mereka. Misalnya, setelah kita menjadi mitra Expedia, bisnis kita akan muncul di semua situs web terkait mereka, termasuk Trivago, Travelocity, Hotels.com, dan Expedia.com.

Kembangkan Profil TripAdvisor yang Luar Biasa

Selain mengunjungi situs web kita, hal lain yang diperiksa calon customer sebelum datang ke tempat usaha kita adalah ulasan online yang tersedia di TripAdvisor. Satu-satunya langkah paling efektif untuk meningkatkan pemasaran perusahaan adalah mengelola reputasinya. TripAdvisor merupakan platform ulasan perjalanan terbesar di dunia dengan sekitar 455 juta pengunjung baru setiap bulannya.

Dengan kehadiran profil bisnis di TripAdvisor, calon customer dapat menemukan bisnis kita secara online, mengulas layanan, menilai properti kita,dan bahkan merekomendasikan bisnis kita kepada sesama pelancong. Selain itu, customer kita juga dapat mengunggah foto bisnis HOREKA kita sehingga membantu Sahabat Wirausaha mendapatkan konten penting yang dibuat pengguna. 

Rutin Memperbarui  Artikel Blog

Sahabat Wirausaha, siapa yang tidak suka membaca tentang sesuatu yang akan dipilih atau dibeli? Seringkali, pemilik bisnis HOREKA lupa memperbarui situs website mereka dengan artikel blog. Mengupdate situs web dengan mengunggah artikel blog secara berkala dengan artikel atau konten edukasi dapat meningkatkan lalu lintas pengunjung website dan nantinya dapat menghasilkan customer baru. Artikel blog juga dapat menawarkan kita kesempatan untuk menjelaskan hal-hal yang terkait dengan bisnis dan layanan, seperti mengumumkan menu baru dan atau layanan baru, mengumumkan acara khusus, dan mendiskusikan keterlibatan komunitas di bisnis kita.

Promosikan Lewat Email

Cara paling efisien untuk berkomunikasi dengan pelanggan baru dan yang sudah ada adalah dengan promosi melalui email. Sahabat Wirausaha dapat menggunakan promosi email untuk memberikan kupon eksklusif, membagikan informasi mengenai program promosi, event atau acara tertentu kepada customer, mempromosikan budaya bisnis kita, mengumpulkan umpan balik atau ulasan, mengirim pesan yang dipersonalisasi untuk ulang tahun dan hari jadi, ucapan terima kasih, dan sebagainya. Email adalah salah satu bentuk komunikasi yang sangat jarang diabaikan saat ini, jadi Sahabat Wirausaha harus memanfaatkan hal tersebut.

Aktif di Media Sosial

Dengan aktif di media sosial akan menguatkan keberadaan bisnis Sahabat Wirausaha secara online sehingga dapat meningkatkan awareness calon customer kita. Salah satu cara yang dapat kita lakukan selain mempromosikan bisnis kita ialah dengan memposting konten kreatif seperti foto dan video edukasi sehingga dapat mencapai audience yang lebih besar. Hal ini diharapkan dapat mengantarkan pelanggan baru dan membangun loyalitas penuh dengan pelanggan yang sudah ada. Facebook, Twitter, Youtube dan Instagram adalah contoh platform media sosial yang mungkin sangat membantu bisnis HORECA.

Buat Program Loyalitas Customer

Program loyalitas dirancang untuk memberi penghargaan kepada pelanggan tetap dengan insentif promosi seperti gratis dan diskon. Program loyalitas pelanggan adalah cara yang bagus untuk mempertahankan pelanggan tetap. Meskipun semua jenis bisnis dapat menggunakan program loyalitas, program ini paling baik digunakan pada industri HOREKA.

Pelancong bisnis cenderung mengunjungi satu kota beberapa kali seperti halnya orang yang bepergian ke kota tertentu untuk bersantai. Program loyalitas mendorong customer untuk mampir ke tempat kita kapanpun mereka berada di daerah tempat bisnis kita berada.

Beberapa penawaran program loyalitas yang paling umum termasuk menginap malam gratis atau diskon saat customer memesan hotel untuk jumlah malam tertentu. Namun, Sahabat Wirausaha juga dapat melangkah lebih jauh dan memasukkan penawaran lain seperti layanan spa atau pijat refleksi dalam program loyalitas. Diperlukan sejumlah kreativitas dan investasi untuk membuat program loyalitas Sahabat Wirausaha berhasil.

Nah, Sahabat Wirausaha, mudah bukan menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis HOREKA. Pola strategi pemasaran yang tepat akan meningkatkan tingkat awareness dan konversi penjualan nantinya sehingga membantu bisnis untuk berkembang. Sahabat Wirausaha hanya perlu membuat profil bisnis di beberapa search engine dan platform perjalanan untuk meningkatkan awareness calon customer, lalu menguatkan keberadaan kita secara online dengan aktif di media social untuk tetap berinteraksi dengan customer, serta mempertahankan customer lama dengan program loyalitas pelanggan. 

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.

Intan F. Sukanto, Pelaku UMKM dan Content Writer

Referensi:

Gobiz.co.id

Horecastop.com

Startupmindset.com