Sahabat Wirausaha, memanfaatkan media digital untuk kegiatan pemasaran sudah lazim dilakukan banyak pelaku usaha. Selain biayanya terjangkau, risikonya juga relatif rendah. Terlebih, karena jumlah pengguna internet sangat besar, pemasaran digital bisa menjangkau target pasar lebih luas.

Namun di sisi lain, memasarkan produk secara digital, khususnya media sosial, juga memiliki tantangan tersendiri. Sebab, untuk mengenalkan produk kepada konsumen, kita harus menyiapkan konten yang menarik.

Pertanyaannya, kenapa konten yang menarik sangat penting bagi pengembangan bisnis di era digital? Mari simak penjelasannya pada artikel berikut. 


Traveloka, Kembangkan Bisnis Melalui Konten

Sebelum kita membahas pentingnya konten bagi pengembangan bisnis, mari kita simak salah satu contoh perusahaan teknologi yang berhasil kembangkan bisnis melalui konten, yaitu Traveloka.

Traveloka merupakan salah satu perusahaan jasa berbasis teknologi di Indonesia yang menyediakan layanan pembelian tiket pesawat, kereta api, event, hingga pemesanan hotel. Traveloka didirikan oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang pada 2012 lalu.

Awalnya, Traveloka adalah perusahaan skala kecil yang memulai bisnisnya dengan tim kecil dan modal terbatas. Namun berbagai inovasi yang telah dilakukan berhasil membawa perusahaan itu menjadi salah satu start-up tersukses di Indonesia, salah satunya inovasi dalam pembuatan konten. 

Traveloka tak hanya fokus menjual tiket, tetapi juga membagikan cerita, tips, ide perjalanan, hingga ulasan perjalanan. Seiring berjalannya waktu, konten tersebut kian diminati oleh pengguna website karena dirasa memberikan nilai tambah. Pengguna yang awalnya tak tahu ada tempat-tempat wisata menarik di suatu kota, kini jadi mengetahuinya dan menginspirasi mereka untuk lakukan perjalanan ke tempat tersebut. Cara ini ternyata mengundang banyak pengunjung ke website Traveloka hingga akhirnya melakukan pembelian tiket.

Dengan strategi ini, Traveloka berhasil menjadi salah satu platform perjalanan terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara. Mereka terus tumbuh dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan strategi konten tetap menjadi salah satu media utama dalam upaya pemasaran dan pertumbuhan bisnis mereka.


7 Alasan Mengapa Konten Penting Bagi Pengembangan Bisnis

Traveloka menjadi salah satu contoh perusahaan yang berkembang karena memanfaatkan konten dalam pengembangan bisnisnya. Sahabat Wirausaha pun bisa menggunakan strategi ini untuk mengembangkan konten yang menarik bagi konsumen. Setidaknya, ada 7 manfaat yang bisnis kita rasakan dengan mengembangkan konten berkualitas, yaitu:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu manfaat terpenting konten adalah meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek. Konten yang kita tampilkan dalam bentuk feed, reels, artikel, dan video menjadi media efektif untuk menyampaikan informasi tentang nilai, kegunaan, karakteristik, dan spesifikasi suatu produk kepada konsumen. Konten yang menarik memiliki potensi untuk meningkatkan visibilitas bisnis kita di dunia maya sehingga mampu menjangkau konsumen yang lebih luas.

2. Mempengaruhi Keputusan Konsumen

Pernahkah Sahabat Wirausaha merasa bingung ketika hendak memutuskan beli suatu produk? Karena informasi yang diberikan brand tersebut tak jelas. Alhasil, kita jadi enggan membeli karena khawatir produk tersebut tak bisa penuhi harapan.

Atau mungkin Sahabat Wirausaha pernah alami kejadian dimana awalnya tak begitu minat membeli produk dari suatu brand, tetapi karena mengikuti media sosial brand itu, lama-lama jadi tertarik membeli produknya? Ternyata hal seperti ini juga dialami oleh banyak konsumen di media digital.

Inilah bukti pentingnya konten bagi pengembangan bisnis. Konsumen bisa memutuskan untuk beli atau tidak produk kita karena informasi yang mereka baca dari sebuah konten.

3. Membangun Kepercayaan Konsumen

Bukan tanpa alasan Traveloka membagikan konten yang informatif dan edukatif kepada para pengguna websitenya. Selain karena ingin menarik konsumen yang ingin melakukan perjalanan, Traveloka juga ingin membangun kredibilitas di benak konsumen bahwa layanannya memang memberi fasilitas yang memungkinkan konsumen untuk mencapai tempat-tempat yang mereka inginkan.

4. Membuka Interaksi dengan Konsumen

Konten yang menarik dapat mendorong interaksi dan keterlibatan antara bisnis dan calon konsumen. Jika konten itu relevan dengan minat dan kebutuhan konsumen, mereka akan berpartisipasi memberikan komentar, impresi, dan membagikan konten tersebut. Secara langsung, hal ini akan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap brand dan membuat kita semakin memahami apa yang menarik bagi konsumen.

5. Mengakses Lebih Banyak Calon Konsumen dengan Kata Kunci

Tahukah bahwa konsumen seringkali mencari produk yang mereka inginkan melalui kata kunci? Sebab, penggunaan kata kunci memudahkan konsumen mencari topik, informasi, dan produk yang diinginkan.

Itulah mengapa kita perlu mengoptimalkan konten yang kita buat dengan menggunakan kata kunci yang paling sering digunakan dan dicari. Tak hanya Google, media sosial seperti Instagram dan Tiktok juga menggunakan kata kunci agar pengguna lebih mudah menemukan topik yang mereka butuhkan.

Penggunaan kata kunci yang tepat pada caption dan video yang kita bagikan melalui media sosial ataupun artikel yang kita bagikan melalui website akan membantu bisnis kita mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian dan memudahkan lebih banyak orang menemukan brand kita secara organik.

6. Pengembangan Bisnis Jangka Panjang

Sahabat Wirausaha, konten yang kita buat akan tetap dapat diakses dan bermanfaat bagi banyak orang dalam jangka waktu yang lama, tak seperti iklan yang memiliki masa aktif terbatas. Konten yang berkualitas dapat terus memberikan nilai bagi pengguna dan bisnis kita selama bertahun-tahun.

Dalam bisnis digital, konten memiliki peran yang sangat penting dalam proses pemasaran. Konten yang berkualitas dan relevan dapat meningkatkan brand awareness, memengaruhi keputusan pembelian, dan mengembangkan bisnis jangka panjang. Semoga artikel ini semakin menarik minat Sahabat Wirausaha untuk membuat konten yang menarik dalam pengembangan bisnis.