Peluang Bisnis Gen Z dari Media Sosial – Sahabat Wirausaha, seseorang dengan usia 20 tahun ke atas memang sudah cukup matang untuk hidup mandiri dan belajar memulai bisnis. Namun, usia tersebut tidak bisa dijadikan patokan semata. Anak usia belasan tahun pun bisa kok belajar mencari penghasilan sendiri, termasuk Generasi (Gen) Z yang lahir di tahun 1997 hingga tahun 2012.

Mengapa demikian? Hal tersebut dipengaruhi oleh perkembangan informasi dan teknologi yang semakin canggih, sehingga memungkinkan masyarakat untuk menjelajahi bisnis berbasis digital. Misalnya, bisnis di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, hingga TikTok. Lantas, seperti apa sih peluang bisnis bagi Gen Z dari media sosial? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Bisnis Dagang Online

Berdagang apapun mulai dari aneka makanan dan minuman, pakaian, aneka produk kreatif, dan lainnya bisa dilakukan di platform media sosial.

Gen Z bisa memilih produk apa saja yang ingin dijual dan yang berpotensi memberikan keuntungan yang besar. Gen Z juga bisa berkolaborasi dengan para influencer di media sosial untuk membantu promosi produk dagangan.

Baca Juga: Intip 8 Bisnis Online Paling Laris dengan Produk yang Dicari Konsumen!

2. Bisnis Agensi Digital

Bisnis agensi digital umumnya menawarkan layanan pemasaran konten dan strategi digital untuk perusahaan startup yang sedang berkembang pesat maupun UKM. Nah, salah satu agensi digital Indonesia yaitu Katarsa yang berlokasi di Jakarta.

Layanan dari agensi Katarsa ini terbilang sangat lengkap yaitu melayani pembuatan artikel blog, manajemen media sosial, pengembangan laman web, berbagai kegiatan pemasaran, pembuatan e-book, fotografi dan videografi, dan lainnya.

3. Bisnis Kelas Bimbingan Media Sosial

Dilansir dari statista.com, berdasarkan hasil survei, Facebook merupakan platform media sosial yang paling banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia, disusul Instagram yang berada di posisi kedua. Hal tersebut juga nampak dari antusiasme masyarakat Indonesia yang banyak menggunakan Facebook Pro karena setiap konten yang diunggah berpotensi menghasilkan uang.

Nah, tentu ini merupakan Peluang Bisnis Gen Z dari Media Sosial untuk membuka kelas bimbingan khusus. Layanan yang ditawarkan adalah bimbingan eksklusif tentang cara menghasilkan uang melalui Facebook Pro, Youtube, TikTok, maupun Instagram. Bisnis ini bisa dijalankan bagi Gen Z dengan pengetahuan dan pengalaman yang cukup, serta berbakat dalam menggunakan program AI.

4. Bisnis Penyedia Layanan Jasa Les Privat

Gen Z yang memiliki koneksi luas di kalangan akademisi atau pengajar, bisa memulai Peluang Bisnis Gen Z dari Media Sosial ini secara online. Layanan bisa ditawarkan kepada seluruh siswa TK/PAUD, SD, SMP, SMA, hingga pelajar yang ingin menempuh tes masuk ke Universitas. Salah satu contoh bisnis atau lembaga penyedia layanan jasa les privat di Indonesia yaitu Halo Tutor.

Gabung jadi Member ukmindonesia.id buat update terus info seputar UMKM dan peluang usaha!


Tips Sukses Berbisnis di Media Sosial

  1. Jaga Konsistensi. Baik jualan maupun menciptakan konten di media sosial, Sahabat Wirausaha perlu menjaga konsistensi. Konsisten mengunggah konten produk yang menarik perhatian followers dan juga konsisten membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan.
  2. Jaga Orisinalitas. Setiap produk yang dijual dan konten yang diunggah harus memenuhi syarat orisinalitas atau keaslian. Hindari plagiarisme dalam bentuk apapun. Hal ini agar Sahabat Wirausaha terhindar dari sanksi yang diberikan oleh pihak platform media sosial.
  3. Pandai Beradaptasi. Sahabat Wirausaha harus bisa menyesuaikan diri dengan perubahan tren terkini agar bisnis dapat terus berkembang.
  4. Pandai Menganalisis. Analisis tren, preferensi konsumen, hingga analisis konten apa yang paling berhasil menarik perhatian followers.

Baca Juga: 7 Bisnis Digital UMKM yang Bisa Kamu Coba, Apa Saja Contohnya?

Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet maupun media sosial di Indonesia, peluang berbisnis pun semakin besar. Oleh sebab itu, jangan sia-siakan kreativitas, minat, dan bakat yang dimiliki.

Dengan terus mengasah kemampuan, terus belajar, berani memulai, dan berani berinovasi, maka Gen Z di Indonesia dapat mengubah media sosial menjadi platform peluang bisnis Gen Z dari media sosial yang ampuh untuk membangun bisnis dan bisa hidup mandiri secara finansial. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, manfaatkan peluang tersebut!

Jika tulisan ini bermanfaat, silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi : news.republika.co.id, chocochiz.com, statista.com