Freepik

Saat ini kehidupan manusia telah banyak dipermudah dengan adanya teknologi. Teknologi yang berkembang pesat ini adalah teknologi digital. Dengan adanya teknologi digital, segala pekerjaan dan kebutuhan manusia dapat dijangkau dengan ujung jari, salah satunya adalah menjalankan bisnis.

Perkembangan teknologi dan dunia digital bisa dibilang telah mempengaruhi bagaimana jalannya bisnis di masa sekarang. Jika anda lihat sekilas, anda bisa menemukan bagaimana berbagai perusahaan telah merubah dan mengimprovisasi konsep bisnisnya, dan sebagian dari mereka bahkan mengeluarkan konsep yang benar-benar baru. Kali ini kita akan bersama-sama membahas mudahnya berbisnis di era digital dan alasan-alasan mengapa kita harus bisnis kita secara online.

Baca Juga: 5 Jenis Aplikasi Digital Untuk Bisnis Naik Kelas


Perkembangan Bisnis di Era Digital

Era Digital memungkinkan informasi tersebar luas dalam hitungan detik. Era digital ini benar-benar berbeda daripada sebelumnya, sebab Jika dibandingkan 20 tahun yang lalu, proses penyebaran informasi hanya dapat dilakukan dengan media cetak, prosesnya memakan waktu yang lama, dan mahal. Di Era Digital, proses penyebaran informasi dan komunikasi dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi informasi, seperti website dan media sosial, yang dapat menjangkau konsumen tanpa batasan ruang dan waktu, promosi yang tertarget, dan murah. Hal tersebut menjadikan proses digitalisasi sangat memberikan keuntungan, terutama pada bisnis.

Perkembangan bisnis di era digital diilustrasikan dengan dua kata, yaitu cepat dan tepat. Melalui digitalisasi, berbagai bidang dapat terhubung dengan jutaan manusia melalui web. Keuntungannya yaitu efisiensi bisnis dan organisasi dan memperhabarui manajemen aset. Teknologi dapat memudahkan manusia untuk mendapatkan suatu informasi digital secara bebas dan cepat. Selanjutnya, perkembangan teknologi ini bisa membentuk masyarakat baru, yakni masyarakat era digital.

Baca juga: Tren dalam Instagram yang Penting Bagi Digital Marketing


Mengapa Harus Promosi Secara Online?

Setelah kita mengetahui perkembangan bisnis di era digital, kali ini kita akan bersama-sama membahas lebih jauh mengenai alasan mengapa kita sebagai UMKM harus promosi secara online.

1. Memperluas Jangkauan Promosi

Berdasarkan hasil riset dari Hootsuite tahun 2021, Pengguna internet di Indonesia adalah 202.6 juta jiwa atau 73.7% dari total populasi Indonesia. Ini adalah jumlah yang sangat besar dan kita berkesempatan untuk menjangkau mereka melalui internet. Masih dengan hasil riset Hootsuite, Jumlah pengguna aktif media sosial adalah 170 juta jiwa atau sekitar 61.8% dari total populasi penduduk Indonesia.

Jika dilihat dari data tersebut maka ini adalah potensi yang besar bagi kita agar promosi yang kita buat dapat menjangkau calon konsumen lebih luas lagi. Oleh karena itu, akan lebih baik bagi kita jika ingin menjangkau konsumen lebih luas lagi maka pilihannya adalah promosi secara online.

2. Mempromosikan Sesuai dengan Target Pemasaran

Dalam bisnis, kita tentu memahami bahwa produk yang kita jual tidak dapat dijual dan dinikmati oleh semua orang, hanya sebagian orang yang membutuhkan produk kita dan sebagian lainnya tidak membutuhkan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menetapkan target pemasaran yang tepat agar produk yang kita promosikan benar-benar tersampaikan kepada konsumen yang tepat.

Promosi online adalah pilihan yang tepat dalam hal tersebut. Dengan promosi dan periklanan secara online, kita dapat mentargetkan calon konsumen sesuai dengan target market yang kita inginkan, mulai dari jenis kelamin, rentang usia, minat atau hobi, pekerjaan mereka, dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu saja menjadikan promosi lebih efektif dan efisien jika menggunakan promosi berbasis media cetak.

Baca Juga: Memilih Berbisnis Lewat E-commerce di Era Digital


3. Membangun Citra Brand Jauh Lebih Mudah

Sebelum era digital, membangun citra brand adalah sesuatu yang mahal dan ribet. Hal tersebut dikarenakan kita setidaknya perlu mencetak brosur, membagikannya kepada orang-orang, serta mengeluarkan waktu, tenaga, dan uang yang banyak. Atau kita bisa bekerjasama dengan pihak ketiga seperti Perusahaan penerbit koran atau majalah dan perusahaan penyewa billboard tentu saja dengan kendala yang sama. Oleh karena itu, tak jarang UMKM kesulitan untuk melakukan promosi pada masa itu.

Hal ini tentu saja berbeda di era digital. Kesulitan dan halangan yang dirasakan diatas dapat dihilangkan sepenuhnya dengan hanya memaksimalkan media sosial dan website yang kita miliki. Hal tersebut akan berdampak pada kemudahan yang kita rasakan untuk membangu citra brand yang baik bagi konsumen. Seiring dengan meningkatnya citra brand, maka akan meningkatkan loyalitas konsumen pada brand kita.

4. Promosi Online Lebih Efisien

Terdapat tiga komponen penting dalam promosi, yaitu waktu, tenaga, dan Uang. Komponen tersebut akan menentukan apakah yang kita keluarkan telah sebanding dengan hasil yang kita harapkan. Dengan promosi online, kita dapat melakukannya dengan efiseiensi, artinya kita mengeluarkan waktu, tenaga, dan uang yang lebih sedikit namun mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang kita harapkan. Contoh-contoh sebelumnya telah menjelaskan bagaimana promosi online dapat menjadi lebih efisien jika dibandingkan dengan promosi menggunakan media cetak.

Baca Juga: Apa itu Digital Wallet?

5. Mudah Untuk Mendapatkan Umpan Balik (Feedback)

Umpan balik adalah bentuk kepedulian konsumen agar usaha kita dapat menjadi lebih baik lagi dengan saran bahkan kritikan yang membangun. Sebelum era digital, hal yang paling mudah untuk mendapatkan umpan balik adalah dengan menanyakan konsumen secara langsung, bahkan hingga saat ini pun cara tersebut masih ampuh untuk dilakukan. Namun, tak sedikit konsumen yang tidak berani atau tidak nyaman memberikan umpan balik secara jujur jika ditanya secara langsung. Hal tersebut menjadikan kita mendapatkan umpan balik yang tidak jujur dan kita tidak dapat menemukan kekurangan yang dirasakan konsumen.

Di era digital, umpan balik dapat dilakukan secara online atau tanpa bertatap muka sehingga kita dapat memberikan ruang dan waktu khusus bagi konsumen untuk mengutarakan umpan baliknya secara jujur. Saat ini, mimeinta umpan balik juga dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan, seperti melalui poling dan permainan. Hal ini akan memberikan kita perubahan pada cara kita berpromosi dan mengembangkan bisnis.

6. Hasil Real-time dan Lebih Terukur

Pemasaran online memungkinan kita secara langsung melacak kampanye promosi mana yang memberikan hasil lebih baik, berapa banyak orang yang melihat, dimana dan kapan mereka melihatnya, dan siapa saja yang melihatnya. Informasi ini dengan mudah kita dapatkan lewat ujung jari. Bandingkan dengan metode pemasaran melalui TV, surat kabar, atau baliho yang membutuhkan waktu sampai berminggu-minggu untuk melihat hasilnya.

Baca Juga: 5 Jenis Aplikasi Digital Untuk Bisnis Naik Kelas

Data yang real-time dan terukur memberikan kita alat analisis yang tepat untuk mempelajari kebiasaan dan ketertarikan pembeli potensial kita. Kemudahan ini membantu kita untuk menentukan cara komunikasi seperti apa yang cocok dengan sasaran target pemasaran kita.

Kita telah melihat begitu banyak keuntungan dan manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengimplementasikan pemasaran online sebagai bagian dari target pemasaran kita secara keseluruhan. Hal diatas memberikan kita gambaran mengenai pentingnya apabila kia memanfaatkan media online dan internet dengan baik sebagai alat penunjang dalam mengembangkan bisnis lebih baik lagi.

Refrensi:

  1. 10 Alasan Mengapa Pemasaran Online Lebih Efektif dibandingkan Offline
  2. Ini Alasan Penting Menjalankan Promosi Secara Online
  3. Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021