Le Minerale - Sahabat Wirausaha mungkin tidak asing dengan merek air minum kemasan Le Minerale. Salah satu merek air minum yang hanya dalam waktu singkat sudah bisa berada di posisi kedua setelah AQUA dan unggul dari merk lain seperti Vit, Club, Cleo yang sudah lebih dulu muncul ke publik. Prestasi ini juga didukung oleh data Top Brand Index bahwa Le Mineral dari 2021 ke 2022 naik cukup signifikan dari 4.60%- 12.50%, sedangkan AQUA mengalami penurunan dari 62,50% - 57.20 %. 

Sebagai merek baru yang muncul sejak 2015 lalu, Le Minerale bisa mengejar dan menyalip brand-brand yang sudah ada. Merek Le Minerale bahkan sudah melekat di benak kita dan familiar di masyarakat hanya dalam 6 tahun saja. Seperti apa strategi jitunya? Ini dia ulasannya!


Sejarah Lahirnya Le Minerale 

Le Minerale lahir dari brand besar bernama PT. Mayora Tbk. Sebuah perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1977 dan sudah go public di tahun 1990. Mayoritas sahamnya pun dimiliki oleh PT Tirta Fresindo Jaya sebanyak 32,98%. Beberapa produk yang kita kenal seperti Roma Biskuit Kelapa, Malkist Crackers, Wafer, Astor, Beng-Beng, dan masih banyak lagi.

Sejak 2015 lalu hadir sebagai merek Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia, Le Minerale sudah mendirikan lima pabrik yakni Ciawi, Sukabumi, Pasuruan, Medan dan Makassar, serta dua pabrik lagi yakni di Cianjur dan Palembang berdiri pada akhir tahun 2016.

Baca Juga: Modal 500 Ribu Bisa Bisnis Kue Kering? Begini Cara Memulainya


Strategi Bisnis Le Minerale Sukses Hadapi Kompetisi Pasar Air Mineral

Adapun strategi pemasaran yang digunakan Le Minerale hingga mampu bersaing dengan merek Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) lainnya yakni:

1. Strategi Hardball Manifesto

Strategi bisnis ini merupakan strategi ampuh yang digunakan Le Minerale untuk melumpuhkan kompetitornya sehingga mampu melejit pesat dalam waktu singkat. Salah satu penerapan strategi ini yakni dengan menghadirkan kemasan Le Minerale yang unik dan praktis, terutama pada saat puncak pandemi Covid-19. Le Minerale menghadirkan  inovasi produk yang praktis dan ekonomis. 

Salah satunya inovasi kemasan dari  Le Minerale adalah kemasan galon sekali pakai yang dilengkapi dengan pegangan, sehingga memudahkan konsumen saat membawanya. Inovasi produk ini  membuat konsumen tidak perlu ribet harus tukar galon. Hal itu membuat masyarakat juga tidak perlu khawatir dengan kebersihannya. 

Bentuk botol yang punya unik dan adanya segel ganda untuk memastikan produknya benar-benar aman dan higienis menjadi penting untuk meningkatkan ketertarikan dan loyalitas konsumen. Meski begitu, inovasi galon sekali pakai tersebut memunculkan kontroversi semakin bertambahnya sampah plastik yang kurang ramah lingkungan.

2.  Strategi Sensory Marketing

Strategi ini cukup unik karena memanfaatkan emosi konsumen sehingga terpengaruh secara psikologis dan emosional.  Namun, strategi ini ternyata ampuh meningkatkan citra Le Minerale dengan Tagline ‘ada manis-manisnya’.

Tagline iklan ‘ada manis-manisnya’ memberikan dampak besar dan efektif terhadap pemasaran produk ini, karena memunculkan rasa penasaran dan meyakinkan masyarakat bahwa ada perbedaan rasa Le Minerale dengan merek air minum lainnya. Tagline ini memunculkan banyak persepsi tentang rasa manis dalam Le Minerale, persepsi ini justru menguntungkan karena konsumen akan tertarik ingin mencoba hingga akhirnya membeli.

Salah satu iklan yang menjadi icon dari Le Minerale yaitu kata-kata kayak ada manis-manisnya. Iklan yang muncul pada tahun 2015 tersebut merupakan salah satu strategi manajemen dari perusahaan PT Mayora tbk ketika Le Minerale baru terjun sebagai air minum dalam kemasan yang kemudian berhasil menggeser AQUA sebagai trademark. 

Adapun asam manis yang ada dalam Le Minerale sebenarnya berasal dari susunan mineral bikarbonat yang terkandung di dalamnya sehingga menghasilkan kandungan mineral alami. Selain itu selama 5 tahun terakhir Le Minerale memfokuskan pada edukasi kepada konsumen tentang air mineral alami yang membedakannya dibandingkan air minum dalam kemasan yang lain.

Baca Juga: 8 Tips Komunikasi Efektif Untuk Menjalin Networking Bisnis, Perluas Jejaring Agar Siap Naik Kelas!

3. Strategi Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu strategi lainnya yang digunakan oleh Le Minerale untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dan untuk menyalip keunggulan dari produk kompetitor adalah dengan meningkatkan brand awareness terhadap produk Le Minerale pada masyarakat. 

Salah satunya yakni ketika Le Minerale terlibat sebagai salah satu penyedia air minum dalam kemasan yang memanfaatkan momen piala dunia. Le Minerale menggunakan packaging yang khusus digunakan di momen piala dunia sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat pada produk Le Minerale dan mampu menyasar golongan-golongan tertentu seperti pecinta bola yang sedang tertarik dengan euforia piala dunia.

Le Minerale juga meningkatkan awareness konsumen dengan membuat botol galon air mineral yang aman dan higienis dengan menambahkan segel ganda pada botol air kemasan Le MineraleLe Minerale mencoba untuk memberikan kesan yang berbeda dibandingkan dengan produk air minum dalam kemasan yang lain dengan menonjolkan citra higienis dan safety (aman). 

Botol di mineral di desain memiliki aksen yang menonjol sehingga mudah diingat serta menimbulkan efek pengulangan atau repetisi. Hal itu merupakan upaya untuk menyasar orang-orang yang belum memiliki referensi atau ingin minum namun bingung memilih air minum sehingga memiliki kemungkinan untuk melirik Le Minerale yang memiliki bentuk visual yang berbeda. Adapun segmen atau target pasar yang dibidik oleh  Le Minerale adalah segmen kelas menengah dan menengah atas yang memiliki kepedulian terhadap kualitas air minum dalam kemasan yang dikonsumsi. 

Selain itu pasar masyarakat menengah dan menengah atas juga masih dijangkau oleh harga jual produk yang bersaing di pasar. Harga jual Le Minerale dalam varian 600 ml dijual di kisaran harga Rp3.200 - Rp3.500. Sedangkan merk AQUA dibanderol di kisaran harga Rp3.300- 3500 per botol ya walaupun perbedaan harga bergantung pada toko yang menjualnya

4. Strategi Manajemen Meningkatkan Availability

Strategi lagi yang digunakan oleh Le Minerale adalah menjamin ketersediaan produk di pasar namun hal itu tidak menjadi masalah karena Le Minerale yang berada di bawah naungan PT Mayora Indah tbk telah memiliki jaringan distribusi yang luas hingga ke pelosok. 

Sisi lain dan Le Minerale juga berupaya untuk memenuhi kebutuhan pasar yakni dengan menyediakan berbagai ukuran kemasan air mineral seperti ukuran 600 ml 330 ML dan ukuran 1500 ML. Cara ini dinilai mampu mendorong masyarakat mudah mengenali merek  Le Minerale, mudah menemukannya di berbagai tempat sehingga mereka akan mulai terbiasa mengkonsumsi  Le Minerale.

Baca Juga: Keren Banget! Inilah Strategi ThenBlank Tingkatkan Penjualan hingga 500 Kali Lipat

5. Memanfaatkan Unique Selling Point (USP)

Unique Selling Point di bawah ini merupakan salah satu strategi untuk melawan atau menyaingi brand-brand yang sudah tinggi dan kuat di dalam pangsa pasar. Hal itu dilakukan oleh Le Minerale dengan menciptakan produk air galon dengan sistem sekali pakai sehingga masyarakat tidak perlu repot membawa galon ke depot air. 

Teknik ini dilakukan agar pembeli dapat mendapatkan air sekali pakai yang menjamin air Le Minerale higienis dan efektif sehingga hal itu meningkatkan Citra Le Minerale sebagai salah satu air minum dengan kemasan yang steril

Beberapa strategi yang digunakan oleh brand air minum  Le Minerale  menunjukkan bahwa meskipun hadir sebagai merek baru,  Le Minerale mampu menyalip dan menjadi pesaing berat di pasar air mineral domestik. Strategi di atas dapat Sahabat Wirausaha jadikan insight baru dalam menyusun strategi pemasaran agar tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Serta memiliki kekhasan tertentu yang membedakan dengan produk lainnya.

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi:

  1. https://www.hops.id/trending/2949855271/intip-4-rahasia-strategi-bisnis-le-minerale-siap-bersaing-dengan-aqua-pebisnis-harus-tahu
  2. https://prsoloraya.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-1117057284/bongkar-strategi-marketing-le-minerale-berhasil-saingi-produk-aqua-ternyata-begini-caranya?page=all