Mengenal Platform Amazon – Sahabat Wirausaha, tentu sudah tidak asing dengan platform jual beli online seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sejenisnya bukan? Platform-platform tersebut semakin eksis di zaman sekarang karena telah memberikan kita kemudahan untuk menjual atau membeli produk tanpa perlu keluar rumah. Salah satu toko online terbesar di dunia yaitu situs Amazon.com yang berasal dari Amerika Serikat. 

Situs Amazon.com didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bezos di garasi rumahnya. Awal yang sangat sederhana tersebut telah melahirkan Amazon.com sebagai situs perbelanjaan online terbesar di dunia seperti saat ini. Untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, kita simak penjelasan di bawah ini yuk.


Apa itu Amazon.com? 

Mengutip dari Medcom.id, Amazon.com merupakan perusahaan raksasa yang bergerak di bidang perdagangan retail terbesar dunia. Pada awalnya, Amazon.com hanya dikenal sebagai situs jual beli buku online. Namun saat ini, semua produk dapat ditemukan di Amazon.com mulai dari pakaian, makanan dan minuman, alat elektronik, perkakas rumah tangga, dan masih banyak lagi. 

Amazon.com didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bezos dengan nama awal Cadabra. Hingga akhirnya pada tahun 1995, nama tersebut diubah menjadi Amazon karena dirasa lebih istimewa dan memiliki makna yang lebih dalam. Toko online ini berpusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Sasaran utama dari Amazon.com adalah pengguna-pengguna yang menginginkan suatu produk namun memiliki keterbatasan waktu untuk membelinya secara langsung, sehingga Amazon.com dapat memfasilitasi pengguna tersebut.

Baca Juga: 8 Strategi Bisnis Sayurbox Membangun Kepercayaan Pasar Sebagai Platform Belanja Sayur Online

Dari segi tampilan, Amazon.com terlihat sangat elegan dengan tampilan layar yang lebar sehingga memberikan kesan luas. Saat pertama kali kita masuk ke situs nya, Amazon.com memberikan tampilan yang membuat para penggunanya betah untuk berlama-lama browsing. Setiap produk yang dijual di Amazon.com digolongkan sesuai kategori-kategori tertentu, sehingga memudahkan pencarian produk yang diinginkan oleh para penggunanya. 

Koneksi penjualan produk di Amazon.com sudah mendunia sehingga memberikan kelebihan bagi kita untuk menjual ataupun membeli produk dari dalam dan luar negeri. Sahabat Wirausaha tentunya bisa loh memanfaatkan situs Amazon.com ini sebagai salah satu sarana penjualan produk anda. 


Cara Membuat Akun Amazon.com

Sebelum Sahabat Wirausaha mulai berjualan di Amazon.com, langkah pertama yang harus dilakukan Sahabat Wirausaha adalah membuat akun Amazon.com terlebih dahulu. Dilansir dari katadata.com, berikut ini kami rangkum langkah-langkah membuat akun Amazon.com:

  1. Buka situs Amazon.com di https://www.amazon.com/  
  2. Lalu pilih menu ‘Account & Lists’ di pojok kanan atas
  3. Pilih menu ‘Create your Amazon Account
  4. Selanjutnya isi nama lengkap, nomor telepon, email dan password
  5. Klik ‘continue’ untuk mendapatkan kode OTP
  6. Isi kode OTP pada kolom yang tersedia dan akun Amazon Sahabat Wirausaha telah selesai dibuat

Mulai Berjualan di Amazon.com

Mengutip dari katadata.com, terdapat dua jenis penjual di situs Amazon.com yaitu individual sellers yang dibebaskan biaya penjualan dan pemasangan iklan, sehingga nantinya Amazon akan mengambil komisi dari hasil penjualan produk kita, serta profesional sellers yang ditujukan untuk pebisnis yang telah berkembang, memiliki banyak tim serta memiliki toko offline

Untuk mulai berjualan di Amazon, Sahabat Wirausaha dapat menentukan terlebih dahulu jenis penjual yang akan dipilih. Selanjutnya, Sahabat Wirausaha perlu melakukan beberapa tahapan lagi. Dilansir dari katadata.com, terdapat beberapa tahapan untuk mulai berjualan di Amazon.com, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Setelah akun Amazon berhasil dibuat, kita perlu membuat seller account dengan memilih menu ‘Your Seller Account’ yang terdapat pada bagian pojok kanan atas
  2. Selanjutnya, kita akan diarahkan ke menu baru khusus untuk penjual
  3. Pada halaman tersebut, kita dapat mengisi data diri, termasuk kartu kredit dan alamat pembayaran
  4. Pastikan bahwa data diri yang kita masukan sudah benar untuk selanjutnya diverifikasi melalui nomor telepon
  5. Isikan kolom yang tersedia lalu klik “Call Now
  6. Tunggu hingga kita mendapatkan empat digit angka dari Amazon
  7. Kemudian klik ‘Register and Continue’
  8. Pilih kategori produk yang akan kita  jual di Amazon.com
  9. Masukan kata kunci-kata kunci tertentu untuk mempermudah pembeli mencari produk kita
  10. Misalnya, jenis produk, nama produk, berat produk, dan lain-lain. Contohnya seperti makanan ringan, basreng pedas daun jeruk, 100 g
  11. Kemudian klik ‘Sell Yours Here
  12. Selanjutnya, kita dapat menentukan kondisi produk yang kita jual. Setidaknya, terdapat empat kondisi barang yang dapat dijual di Amazon.com yaitu:
  • New (Baru)
  • Used-Like New (Sudah digunakan, seperti baru)
  • Used-Good (Sudah digunakan, dalam kondisi yang bagus)
  • Used-Acceptable (Sudah digunakan, dalam kondisi yang dapat diterima)
  1. Selain itu, Sahabat Wirausaha juga dapat memberikan beberapa informasi tambahan terkait produk, seperti penggunaan dus tambahan, beli 12 gratis 1, dan sebagainya. 
  2. Tahap selanjutnya adalah Sahabat Wirausaha perlu menentukan harga jual produk dengan mempertimbangkan harga modal untuk pembelian, produksi barang, dan biaya yang dikeluarkan. Kemudian gunakan margin laba yang diinginkan. Lalu, kita bisa menggunakan selisih harga lebih murah untuk membandingkan dengan kompetitor.
  3. Langkah terakhir yaitu menentukan jumlah produk dan metode pengiriman. 

Baca Juga: Bantu Jalin Hubungan Baik dengan Konsumen, Ini Sederet Keuntungan Gunakan Omnichannel Marketing Platform!


Fitur-Fitur yang terdapat di Amazon.com

Sebagaimana toko online pada umumnya, Amazon.com dilengkapi dengan berbagai fitur yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam menjelajah di situs mereka. Mengutip dari hanztechno.blogspot.com, beberapa fitur di Amazon.com yaitu fitur iklan produk yang membantu para seller untuk mempromosikan produk yang dijualnya. 

Sistem transaksi di Amazon.com juga memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan toko online lainnya, seperti tersedianya fitur pengiriman barang lintas negara, kecepatan akses situs yang ringan, hingga spesifikasi produk yang terbilang lengkap. Dibandingkan toko online lainnya, Amazon.com memberikan penjelasan yang lebih detail terkait fitur review, rating serta berbagai promo yang terdapat pada situs tersebut. 

Dari segi pengiriman barang, Amazon.com juga memiliki keunggulan yang sangat menarik yaitu adanya fitur pengiriman yang bebas dari bea cukai, bahkan pada momen-momen tertentu, Amazon.com dapat memberikan gratis biaya ongkos kirim secara keseluruhan.

Bahkan saat ini, Amazon.com telah mengeluarkan salah satu fitur baru mereka yaitu ‘International Shopping’. Fitur ini mendukung 25 mata uang dunia termasuk Rupiah sehingga mempermudah proses transaksi jual beli produk dari dan ke dalam negeri. Selain itu, pembayaran juga dapat dilakukan melalui provider Mastercard, debit Visa atau kartu kredit. Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, Amazon jelas jadi salah satu pilihan untuk memasarkan produk secara global.

Itu dia penjelasan singkat terkait situs Amazon.com. Semoga mampu memberikan pengetahuan dan pemahaman baru bagi Sahabat Wirausaha ya. Apabila Sahabat Wirausaha merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan kepada orang-orang terdekat Anda. Jangan lupa juga untuk like, share serta berikan komentar pada artikel ini ya, Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/3NOPQzzb-profil-dan-sejarah-amazon-yang-bakal-phk-18-ribu-karyawan
  2. https://katadata.co.id/intan/lifestyle/63ab00307fe87/cara-berjualan-di-amazon-hingga-menerima-uang-ke-rekening-bank
  3. https://hanztechno.blogspot.com/2016/03/profil-dan-fitur-fitur-di-amazon.html
  4. https://tekno.kompas.com/read/2022/01/21/16150067/ingin-membeli-produk-di-amazon-begini-cara-daftar-dan-belanjanya-