Media Pemasaran Untuk Promosi Merek – Banyak UMKM belum memahami sepenuhnya apa dan bagaimana memanfaatkan media pemasaran sebagai sarana promosi, meskipun akses kemudahan promosi saat ini sudah tersedia. Padahal, tanpa promosi yang efektif, produk UMKM memiliki peluang penjualan yang terbatas karena konsumen sulit mengetahui keberadaannya.
Oleh karena itu, meski produk yang berkualitas penting, promosi yang tepat diperlukan untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Simak pembahasan dibawah ini untuk memahami berbagai bentuk media pemasaran!
4 Teknik Media Pemasaran Untuk Promosi Merek yang Bisa UMKM Gunakan
Media Promosi atau promosi melalui media adalah upaya pemasaran yang berfokus untuk mengkomunikasikan produk, merek, atau layanan kepada audiens secara luas melalui berbagai jenis media. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran merek, menarik perhatian, dan mendorong mereka untuk membeli produk, dengan preferensi yang lebih tinggi daripada produk lain. Berikut tips media promosi yang digunakan untuk terhubung dengan audiens:
1. Catalog Marketing
Sumber: marketing
Catalog Marketing adalah cara menjual produk dengan menggunakan katalog dengan menyertakan informasi kontak seperti nomor telepon, email, atau alamat fisik. Penerima katalog dapat memesan melalui kontak yang disediakan, seperti menelepon atau mengirim email.
Baca Juga: 5 Ide Gimmick Marketing di Sosial Media Untuk
UMKM
Cara pemasaran melalui katalog antara lain:
- Mengirimkan katalog langsung ke pelanggan (direct catalog)
Misalnya, setelah lulus SMA, kita menerima undangan pendaftaran dalam bentuk katalog berisi profil lengkap Universitas dikirim melalui JNE atau diberikan langsung setelah Ujian Tes Masuk di lokasi pengujian untuk dibawa pulang. Metode ini memungkinkan konsumen untuk melihat dan mempelajari lebih lanjut tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh Universitas/Usaha kita.
- Menampilkan katalog secara online (online catalog)
Katalog online berisi informasi yang serupa dengan katalog cetak, tetapi dengan menggunakan katalog online, penjual menghemat biaya percetakan dan pengiriman. Selain itu, katalog online lebih baik dibandingkan dengan katalog cetak dalam hal memperbarui informasi pada katalog. Katalog online yang lebih canggih menyediakan fasilitas kepada pembeli untuk menyortir produk berdasarkan harga dan popularitasnya.
Mereka dapat langsung membeli produk melalui katalog online seperti yang disediakan oleh perusahaan e-commerce, contohnya Tokopedia. Pembeli dapat melihat dan membeli produk dengan pembayaran melalui metode elektronik. Beberapa contoh perusahaan yang menggunakan katalog online antara lain WhatsApp Business, Printerous, IKEA, Lelang Agunan BRI, ptt Lubricants, Pindad, clarion, kao, dan Len Industri.
2. Katalog Cetak (print catalog)
Sebagai bentuk ketiga dari strategi pemasaran, katalog melibatkan proses yang memakan waktu. Katalog dikirim kepada pelanggan terpilih atau didapatkan sebelumnya, serta disediakan penjualan langsung melalui toko distribusi/reseller. Contohnya adalah Garsel Fashion Shoes.
3. Support Media
Support Media adalah jenis media periklanan yang digunakan untuk memperkuat pesan yang disampaikan kepada penerima/audiens/pasar melalui media lain yang lebih efektif, dominan, atau tradisional. Dengan penggunaan yang tepat, perusahaan bisa memperluas jangkauan dan membuat pesan pemasaran mereka lebih dikenal oleh orang banyak. Berikut adalah beberapa jenis support media yang biasa digunakan :
- Iklan Transit
Sumber: isu
Iklan transit adalah media di luar ruangan yang umumnya dipasang di bagian luar atau dalam kendaraan transportasi umum seperti bus, kereta bawah tanah, taksi, dan kereta. Jenis iklan ini juga bisa dipasang di area umum terminal dan stasiun transportasi. Jenis iklan transit terbagi 2, yaitu indoor dan outdoor.
Baca Juga: Strategi Psikologi Marketing, 7 Trik Jualan
Tanpa Jualan Harga
Indoor merujuk pada pemasangan iklan di dalam kendaraan umum atau di stasiun. Iklan Indoor dapat berupa poster yang ditempel di dalam kendaraan umum, papan reklame di stasiun, atau selebaran yang berisi iklan, sedangkan outdoor mengacu pada iklan yang ditempatkan di luar kendaraan umum atau stasiun. outdoor sendiri terbagi menjadi dua jenis:
- Roof Advertising, yang biasanya dipasang di bagian atas kendaraan umum.
- Onboard Advertising, yang dipasang di sisi, depan, atau belakang kendaraan umum.
- Papan Iklan (Billboard)
Sumber: billboardjakarta_
Papan Iklan alias billboard adalah bentuk media iklan di luar ruangan yang berukuran besar. Pada papan iklan, terdapat kombinasi gambar dan teks yang biasanya ditempatkan di lokasi strategis seperti pinggir jalan utama atau persimpangan jalan.
Papan Iklan didukung oleh tiang penyangga yang tinggi sehingga kontennya dapat dengan jelas terlihat dari jarak yang jauh. Selain digunakan untuk iklan, papan iklan juga dapat berfungsi sebagai tempat memajang poster atau sebagai media untuk kampanye.
Sahabat Wirausaha dapat mengimplementasikannya pada agen jasa, salah satunya adalah sinergi media. Lihat daftar harganya di sini. Ada banyak jenis reklamenya, seperti billboard, neonblox, huruf timbul, videotron, spanduk, umbul-umbul, banner, dan sebagainya.
4. Sponsorship
Sponsorship adalah bentuk komunikasi pemasaran yang semakin populer di mana bentuk kerjasama perusahaan membayar biaya agar namanya dikaitkan dengan peristiwa/acara tertentu. Secara umum, pemasaran sponsorship terjadi ketika dua merek memutuskan untuk bekerja sama secara profesional. Salah satu merek akan mensponsori merek lainnya dalam bentuk tertentu, seperti sumber daya, pendanaan, atau layanan.
Baca Juga: Cara Buat Iklan di Tiktok Dalam 4 Langkah, Langsung Viral!
Terdapat empat sponsor utama, yaitu sponsor keuangan dan sponsor barang/jasa. Masing-masing memiliki keuntungan sendiri.
1. Sponsor Keuangan: Sponsor memberikan uang kepada penerima manfaat sebagai imbalan promosi atau layanan lainnya.
2. Sponsor Barang/Jasa: Sponsor setuju untuk menyediakan produk atau layanan sebagai gantinya, bukan uang tunai.
3. Sponsor Media Acara: Sponsor mempromosikan acara atau kegiatan dari pihak lain melalui media, seperti posting media sosial, video YouTube, dan siaran televisi lokal.
4. Mitra Promosi: Mitra promosi melibatkan promosi acara, merek, produk, atau layanan, biasanya oleh individu terkenal seperti influencer media sosial atau blogger. Mitra promosi melibatkan promosi acara, merek, produk, atau layanan, biasanya oleh individu terkenal seperti influencer media sosial atau blogger.
Ada empat sponsor utama: sponsor keuangan dan sponsor barang/jasa, masing-masing dengan keuntungan tersendiri.
Pemasaran melalui sponsor memberikan banyak keuntungan bagi sponsor dan penerima manfaat, antara lain:
1. Visibilitas Merek Meningkat: Sponsorship memajang merek kita di depan khalayak yang lebih luas, melalui promosi sebelum, selama, dan setelah acara.
2. Generasi Prospek Efisien: Sponsorship acara membawa pelanggan yang tepat kepada kita, sambil memperlihatkan nilai-nilai yang kita miliki sebagai merek.
3. Persepsi Konsumen Meningkat: Terhubung dengan acara bergengsi meningkatkan opini positif konsumen terhadap keandalan dan reputasi perusahaan kita.
4. Peningkatan Penjualan: Sponsorship acara membantu menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan konsumen, meningkatkan kemungkinan pembelian awal dan kesetiaan pelanggan.
5. Peningkatan Pemasaran Konten: Sponsorship memberikan peluang untuk menciptakan konten baru yang memperluas kampanye pemasaran konten kita.
6. Return on Investment Tinggi: Sponsorship memberikan peluang untuk membentuk hubungan berkualitas dengan konsumen, yang akan menghasilkan pertumbuhan jangka panjang dan ROI yang tinggi.
5. Product Placement Advertising
Sumber: goodnewsfromindonesia
Product Placement adalah metode periklanan di mana produk ditempatkan di media untuk mencapai audiens yang luas, seperti acara TV dan film. Perusahaan produksi menerima pendanaan untuk menampilkan produk merek dalam pertukaran waktu tayang.
Baca Juga: 10 Tips Pasang Iklan di Shopee Anti Boncos!
Promosi penempatan produk adalah teknik iklan yang halus, di mana produk muncul dalam media, permainan, dan buku, meningkatkan kesadaran audiens dan membangun koneksi emosional dengan produk dan layanan merek. Selain itu, promosi ini juga meningkatkan loyalitas dan kepercayaan konsumen serta meningkatkan pendapatan melalui paparan iklan yang lebih lama. Integrasi produk dalam dialog antara karakter membuatnya terlihat lebih elegan dibandingkan penempatan produk secara terang-terangan.
Jenis-jenis product placement meliputi:
- Penempatan produk pada layar: film, acara TV, drama, dan video media sosial.
- Penempatan produk verbal: dialog, acara radio, atau musik
- Penempatan produk dalam permainan: video games
- Penempatan produk dalam penggunaan: produk atau layanan merek tersebut dengan menggunakannya dalam kehidupan nyata.
Demikianlah penjelasan mengenai media marketing yang bisa UMKM terapkan dalam bisnis. Strategi ini dapat menjadi cara yang potensial sebagai strategi yang efektif dan relevan saat ini.
***
Jadilah Sahabat Wirausaha yang berani dan terapkan keempat teknik media marketing di atas agar merek kita tetap melekat di ingatan konsumen sebagai solusi saat mereka membutuhkannya. Semangat!
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.
Referensi:
- https://mediaini.com/trik/2021/08/04/44929/yuk-ken...ing-dan-kelebihannya/
- https://rockcontent.com/blog/sponsorship-marketing/
- https://www.wallstreetmojo.com/product-placement/