WhatsApp sudah menjadi gaya hidup bagi banyak orang dan bisnis, dan kami sangat antusias untuk terus mengembangkan berbagai fitur guna memberikan pengalaman yang lebih baik bagi semuanya. Dalam acara global, Conversations, di São Paulo, kami mengumumkan beberapa fitur baru yang akan membantu Anda mendapatkan pengalaman tersebut.
Lebih Banyak Pilihan dengan AI
Kami percaya bahwa fitur AI dapat membantu bisnis mendapatkan bantuan yang mereka cari, sekaligus menemukan produk dan layanan baru. Kami memperkenalkan beberapa cara bagi berbagai jenis bisnis untuk menggunakan AI dalam menjawab pertanyaan terpopuler yang diterima, sehingga Anda bisa mendapatkan jawaban yang tepat dengan cepat. Kami juga mengintegrasikan fitur AI untuk membuat iklan yang dapat ditayangkan di Instagram atau Facebook, serta membantu memastikan agar bisnis menindaklanjuti pelanggan yang bersedia dihubungi—misalnya, untuk mengingatkan bahwa ada item yang tertinggal di troli atau menawarkan diskon untuk pembelian yang sudah lama dinantikan.
Verifikasi Meta Hadir di Whatsapp
Kami juga mulai meluncurkan Verifikasi Meta di aplikasi WhatsApp Business di Brazil, India, Indonesia, dan Kolombia. Ketika Anda melihat lencana verifikasi Meta, artinya bisnis sudah mendaftarkan informasi mereka ke Meta dan mendapatkan perlindungan dari peniruan identitas. Bisnis yang menggunakan Verifikasi Meta juga akan menerima dukungan akun tingkat lanjut dari Meta, dan dapat menggunakan WhatsApp di seluruh perangkat untuk karyawannya. Anda juga akan melihat lencana verifikasi Meta yang sama untuk bisnis tersebut di Saluran dan halaman WhatsApp khusus mereka yang dapat dibagikan dengan mudah di media sosial dan situs web. Kami berharap dapat segera memperluas layanan penting ini ke lebih banyak bisnis dan negara.
Menghadirkan Panggilan dalam Chat dengan Bisnis Berukuran Besar
Saat Anda perlu berbicara dengan seseorang secara langsung, kami memperkenalkan kemampuan untuk menelepon bisnis berukuran besar di WhatsApp hanya dengan satu ketukan. Jika Anda memiliki kebutuhan perjalanan yang rumit atau ingin mengajukan pembukaan rekening baru ke bank Anda, panggilan cepat dapat menjadi cara terbaik untuk memperoleh bantuan. Kami baru saja mulai menguji fitur ini dan akan memperluasnya ke lebih banyak bisnis dalam beberapa bulan mendatang.
Kami harap Anda menikmati berbagai cara baru ini untuk mengobrol dengan bisnis di WhatsApp.
Sambutan Mark Zuckerberg
Hari ini, kami memiliki beberapa pembaruan menarik yang akan membuka peluang baru bagi bisnis kecil yang menggunakan aplikasi bisnis WhatsApp dan brand-brand besar yang menggunakan API kami. Saya ingin memulainya dengan kemajuan yang sudah kami capai dengan AI, yang akan membentuk masa depan semua aplikasi kami, termasuk WhatsApp.
Bulan April lalu, kami meluncurkan versi baru Meta AI yang didukung oleh model terbaru kami, Llama3. Kami ingin menciptakan layanan AI terdepan di dunia, baik dari segi kualitas maupun penggunaan. Saya senang dapat mengumumkan bahwa kami akan meluncurkan Meta AI dalam bahasa Portugis bulan depan, bersama beberapa bahasa baru lainnya. Ini artinya akan ada lebih banyak pengguna di berbagai belahan dunia yang dapat mengajukan pertanyaan kepada asisten AI di semua aplikasi kami.
Kami telah menerima banyak masukan positif sejauh ini, dan saya ingin Anda semua segera mencobanya. Saya yakin ini akan membuat Anda terkesan. Visi kami bukan hanya membangun asisten AI tunggal, tapi juga menciptakan berbagai AI berbeda yang dapat membantu berbagai kebutuhan, termasuk untuk bisnis. Bisnis apa pun seharusnya dapat dengan cepat menyediakan agen yang dapat melayani pelanggan, memberikan dukungan, dan memfasilitasi perdagangan.
Dan semua AI tersebut harus sejalan dengan produk dan layanan Anda. Melakukan hal ini dengan benar akan membuka peluang besar untuk membantu bisnis berkembang. Oleh karena itu, kami sedang mengujinya ke sejumlah bisnis kecil berbahasa Inggris di India dan di Singapura. Dan kami juga akan segera merilis fitur ini di Brazil. Meskipun AI berpotensi membantu bisnis dalam merespons kebutuhan pelanggan di masa depan, saat ini pun AI telah membantu banyak bisnis menjangkau pelanggan dengan mengirimkan pesan yang relevan untuk mereka.
Mulai hari ini, fitur pengiriman terbaru kami akan memanfaatkan sistem AI kami untuk membantu bisnis mengirimkan pesan yang tepat kepada pelanggan yang tepat melalui WhatsApp. Hingga saat ini, bisnis biasanya akan mengirim pesan ke semua pelanggan yang menyatakan ingin mendapatkan pembaruan melalui WhatsApp. Kini Anda dapat menggunakan Ads Manager (Pengelola Iklan) untuk mengirim pesan kepada pelanggan yang kemungkinan besar tertarik dengan produk Anda berkat sistem AI kami yang dapat merekomendasikan ke sekumpulan penerima yang sesuai.
Artinya, bisnis akan memperoleh ROI yang lebih baik dan pelanggan akan menerima pesan yang lebih relevan. Kami akan memperluas akses fitur ini dalam beberapa bulan ke depan. Anda akan mendengar lebih banyak tentang fitur ini hari ini. Kami juga sedang menguji sebuah cara baru bagi bisnis untuk menggunakan AI untuk membuat iklan yang mengarahkannya ke WhatsApp langsung dari aplikasi WhatsApp Business.
Dengan demikian, setiap pemilik bisnis dapat dengan mudah membuat iklan yang engaging dan efisien secara gratis, serta lebih mudah mengajak orang untuk memulai percakapan. Selain AI, kami juga meluncurkan banyak fitur lain yang menurut saya, akan sangat berdampak pada cara bisnis Anda terhubung dengan pelanggan. Yang pertama adalah Meta Verified untuk WhatsApp.
Saya mengumumkan fitur ini tahun lalu. Hari ini, kami akan mulai meluncurkannya di Brazil, India, Indonesia, dan Kolombia; dan akan segera diikuti negara-negara lainnya. Dengan Meta Verified, akan lebih mudah bagi bisnis kecil untuk membangun kredibilitas dengan pelanggan dan memperkuat brand, sehingga pelanggan merasa lebih tenang ketika menghubungi Anda.
Bisnis di WhatsApp akan mendapatkan lencana terverifikasi, perlindungan terhadap peniruan identitas, prioritas dukungan akun, dan berbagai fitur lainnya untuk meningkatkan visibilitas. Kami juga memperluas cara bisnis dapat mendukung pelanggannya dengan menyertakan fitur panggilan suara di platform WhatsApp Business, agar pelanggan dapat langsung menghubungi perusahaan saat melakukan pembelian besar atau mengajukan pertanyaan lebih kompleks yang tidak dapat diselesaikan melalui chat.
Seperti biasa, sekali lagi terima kasih telah bergabung. Saya harap Anda bersemangat dengan apa yang akan terjadi.