Pernah nggak Sahabat Wirausaha merasa bosan dan kurang bersemangat ketika berada di rumah? Apalagi jika kita juga bekerja dari rumah. Pasti ada saat di mana kita merasa bosan dengan suasana rumah yang “gitu-gitu aja”, kan? Nah, pengalaman itu juga dirasakan oleh Ratna Kartikasari. Sampai akhirnya, itu menjadi latar belakang ia menemukan ide untuk membuat diri lebih nyaman ketika berada atau bekerja di rumah. Penasaran kan gimana ceritanya? Yuk, simak selengkapnya dalam cerita berikut!


Cerita Awal Little Market ID

Ratna menceritakan bahwa Little Market ID berdiri sekitar akhir tahun 2020. Awalnya Ratna yang merupakan seorang pekerja kantor kerap merasa bosan ketika bekerja di rumah. Akhirnya, ia pun mempunyai ide untuk membuat ruangan lebih harum dengan harapan dirinya bisa merasa lebih rileks ketika bekerja. Ia lantas membuat lilin aromaterapi.

Baca Juga: Brand Activation

“Aku merasa dengan nyalain candle ketika bekerja di rumah, membuat diri aku lebih rileks dan mudah konsentrasi dengan pekerjaan”, terangnya.

Ratna menjelaskan, bahwa sebelum menggeluti bisnis lilin aromaterapi ini, ia juga pernah mencoba peruntungan dengan berbisnis pakaian, namun dengan banyaknya kesibukan di kantor, ia memutuskan untuk berhenti jualan pakaian. “Dulu sempat jualan pakaian, tapi nggak lama karena kesibukan di kantor,” lanjutnya.

Sementara itu, Ratna juga menceritakan bahwa bisnis lilin aromaterapi ini awalnya hanya coba-coba saja dan tentunya untuk mengisi waktu luang. Namun, setelahnya muncul ide kreatifnya untuk membuat lilin aromaterapi tersebut sebagai hadiah kepada keluarga dan teman. Nah, tidak disangka-sangka, ia mendapat respon yang sangat baik dari keluarga dan temannya itu. Akhirnya, dengan feedback yang baik itulah, Ratna memantapkan diri untuk coba memasarkan lilin aromaterapi buatannya.

“Awalnya coba-coba buat candle, terus dikreasikan dengan bermacam-macam fragrance oil, setelah itu aku kirim ke keluarga dan teman-teman sebagai hadiah. Karena dapat feedback yang baik, aku jadinya coba jual secara online”, ungkapnya.

Baca Juga: Cara Inovasi Produk yang Tepat


Bergerak Cepat Dalam Waktu Singkat

Ketika menggeluti usaha lilin aromaterapi, Ratna banyak belajar untuk bisnisnya kali ini, baik melalui komunitas dan juga mereka-mereka yang sudah ahlinya dalam kerajinan tangan, hingga mengikuti pelatihan untuk ekspor dengan tajuk “Aku Siap Ekspor” yang diadakan oleh 3 institusi Kementerian sekaligus, yaitu Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di tahun 2021-2022.

Ratna tidak pernah merasa ragu untuk bertanya jika mengalami kendala dan sebagainya. Sehingga berkat semangat belajar dan kegigihannya, produknya bisa diterima masyarakat dan ia pun menerima banyak pesanan, bahkan berhasil ekspor mancanegara. “Sempat juga dapat orderan banyak banget dan dikirim ke luar negeri juga. Kalo yang ke luar negeri, aku pernah ke Singapura dan Malaysia,” ujarnya.

Wah keren ya! Padahal bisnisnya masih terbilang baru lho! Usaha ini membuktikan bahwa sebuah UKM tetap bisa bergerak cepat dalam waktu singkat. Selain itu, Ratna juga mengaku bahwa penjualan produk tidak hanya di pulau Jawa, dengan pelanggan yang juga berasal dari berbagai kalangan, mulai dari anak sekolahan, kuliah hingga pekerja. “Untuk penjualan di dalam negeri, kebanyakan di Jabodetabek, Jogja, Malang dan Makassar,” tambahnya.

Baca Juga: Cara Beradaptasi Sesuai Dengan Perkembangan Permintaan Pasar

Berbicara produk, Ratna kerap membuat inovasi baru untuk produknya. Mulai dari variasi produk, aroma, hingga bentuk dan ukuran kemasan. Dijelaskan olehnya, Little Market ID kini memiliki produk lilin aromaterapi dan produk spa yang memberikan sensasi wangi menenangkan dan membuat mood menjadi lebih baik. Bahkan ia juga menawarkan produk dalam bentuk hampers yang juga menjadi produk best seller selain Lavender Candle.

Ratna menyadari bahwa di luar sana ada banyak yang menjual produk sama sepertinya, namun ia berpikir bahwa produknya perlu memiliki nilai unik yang bisa menjadi keunggulan dari produknya. Adapun yang menjadi keunggulan dari produk-produk Little Market ID adalah Ratna kerap membuat variasi aroma baru untuk waktu-waktu tertentu. Misalnya ketika event Halloween, ia membuat aroma Spices, atau ketika natal ia membuat aroma baru lainnya. Strategi lainnya adalah ia juga kerap membuat promo dan diskon di waktu-waktu tertentu.


Jatuh dan Bangkit Kembali

Ketika diwawancara, Ratna sempat mengatakan bahwa di tahun 2021 dirinya sempat berhenti menjalankan bisnisnya selama beberapa saat. Hal itu dikarenakan dirinya terkena COVID-19, sehingga penjualan menurun. Saat akan memulai lagi, dirinya harus lebih berusaha keras mempromosikan produknya kembali. Namun, di balik sulitnya menaikkan produknya kembali, Ratna terus memotivasi dirinya untuk terus semangat hingga perlahan usahanya bisa kembali stabil dan berkembang.

Baca Juga: Mengidentifikasi Peta Persaingan Supaya Bisnis Tetap Unggul

“Aku pikir sayang udah setengah jalan kalo sampe berhenti gitu aja, syukur-syukur kalo nantinya bisa stabil, aku pengen bisa fokus di usaha ini aja,” terangnya.

Bangkit dari pandemi, Ratna yang juga masih bekerja tetap berusaha menghidupkan usahanya. Ia terus berinovasi dengan produk, termasuk dalam hal layanan, yang dulunya hanya menerima sesuai pesanan, kini ia juga menerapkan sistem ready stok bahkan custom order.

“Karena makin banyak pesanan, aku sekarang terapin ready stock candle, jadi nggak buru-buru kalo ada yang order. Terus aku juga nerima custom order gitu, kayak kado gitu”, tambahnya.

Dalam keterangannya, Ratna menyadari bahwa produknya adalah produk tersier, yang mana bukan kebutuhan pokok. Sehingga penjualan pun naik turun. Namun, Ratna tidak ingin putus asa, ia juga membuka diri untuk kolaborasi dengan pihak atau pelaku usaha lain yang ingin berkolaborasi. Selain itu, ia juga berharap usahanya bisa terus berjalan dan berkembang, bahkan selain melalui sosial media, ke depannya ia juga ingin bisa mengikuti banyak bazar dan pameran untuk mempromosikan produknya.

Baca Juga: Google Trend Report, Memahami Trend Pasar Melalui Mesin Pencarian

Nah, demikianlah cerita dari Little Market ID. Semoga ada pembelajaran yang bisa diambil dan dapat menginspirasi Sahabat Wirausaha semua, ya! Jangan patah semangat, teruslah belajar dan berinovasi. UMKM Pasti Bisa Naik Kelas!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Narasumber : Ratna Kartikasari (Founder Little Market ID; Aromatherapy Candle and Spa Product)

Jl. Salemba Tegalan III No. 284D RT03 RW04 Kel. Palmeriam Kec. Matraman Jakarta Timur 13140, DKI Jakarta

Instagram : @littlemarket_id

Katalog di website ukmjagowan.id : Little Market ID