Es Cendol Elizabeth dirintis oleh H. Rohman sejak tahun 1972 di Kota Bandung. Nama khas ini berawal dari kebiasaan Bapak Rohman yang berjualan es cendol menggunakan gerobak keliling di depan rumah Bu Eli (Toko Tas Elizabeth), sehingga pelanggan menyebutnya dengan nama Es Cendol Elizabeth

Saat ini, Es Cendol Elizabeth tidak hanya dikenal sebagai minuman tradisional tetapi juga waralaba sukses di Indonesia. Dengan rasa cendol yang autentik dan inovasi menu yang kreatif seperti es goyobod, batagor kering, dan baso tahu, kini  Es Cendol Elizabeth telah berhasil memiliki empat cabang di Inhoftank, Majalaya, Jalan Otista, dan Tasikmalaya, serta dapat ditemukan di berbagai mal dengan nama Es Cendol Queen Elizabeth.


Kunci Kesuksesan Es Cendol Elizabeth

Kesuksesan Es Cendol Elizabeth tidak terlepas dari beberapa faktor kunci berikut: 

1. Produk Berkualitas Tinggi

Es Cendol Elizabeth selalu mengutamakan bahan baku berkualitas dan proses produksi yang terkontrol dengan baik. Cendol yang digunakan oleh Es Cendol Elizabeth terbuat dari tepung beras berkualitas tinggi yang dipilih dengan cermat. Tepung beras ini diolah secara tradisional sehingga menghasilkan tekstur cendol yang kenyal dan lembut. Warna hijau khas cendol berasal dari pandan alami, sehingga menambah aroma dan rasa yang menggugah selera.

Untuk memberikan rasa manis yang alami dan autentik, Es Cendol Elizabeth menggunakan gula aren murni. Gula aren ini dipilih karena kualitasnya yang tinggi dan kemampuannya memberikan rasa manis yang kaya dan karamel tanpa bahan tambahan kimia. Gula aren juga memiliki manfaat kesehatan, termasuk kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral.

Selain tepung beras dan gula, bahan lain yang sangat penting untuk menjaga produk Es Cendol Elizabeth berkualitas tinggi adalah santan. Santan yang digunakan dalam Es Cendol Elizabeth berasal dari kelapa segar yang diparut dan diperas secara manual untuk memastikan kesegarannya. Santan segar ini memberikan rasa gurih yang lembut. Penggunaan santan segar juga menjaga kualitas dan keaslian rasa tradisional dari es cendol.

Es Cendol Elizabeth selalu memastikan bahwa bahan-bahan tambahan lainnya seperti nangka dan alpukat yang digunakan sebagai topping, dipilih secara selektif sehingga menghasilkan cita rasa es cendol dengan variasi tekstur yang lezat.

Es Cendol Elizabeth juga selalu memastikan bahwa proses produksi dari Es Cendol Elizabeth selalu diolah secara higienis. Es cendol yang disajikan harus aman untuk dikonsumsi dan bebas dari kontaminasi. Komitmen terhadap kebersihan ini membuat Es Cendol Elizabeth dipercaya oleh konsumen selama puluhan tahun.

Sahabat Wirausaha juga dapat meniru contoh dari Es Cendol Elizabeth dalam memastikan bahan baku dan proses produksi dari produk kita selalu terjamin dan berkualitas tinggi ya. Hal ini sangat penting demi kesuksesan bisnis jangka panjang.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Franchise Bakso Buat Kamu yang Mau Mulai Bisnis Kuliner

2. Inovasi dalam Menu

Es Cendol Elizabeth telah menjadi usaha yang sukses berdiri sejak tahun 1972 hingga saat ini. Salah satu kunci kesuksesan dari Es Cendol Elizabeth adalah mempertahankan cita rasa tradisional yang dimilikinya selama bertahun-tahun, sehingga orisinalitas dan keotentikannya senantiasa selalu terjaga. Meski demikian,  Es Cendol Elizabeth tidak berhenti berinovasi untuk memenuhi selera pelanggan yang terus berkembang. 

Untuk menarik minat pelanggan, Es Cendol Elizabeth memperkenalkan varian topping buah dalam menikmati es cendol mereka, seperti topping nangka dan alpukat. Variasi topping dalam menu Es Cendol Elizabeth telah menambah cita rasa dari es cendol yang lezat dengan kombinasi tekstur yang lebih beragam. 

Saat ini, Es Cendol Elizabeth juga telah menambahkan variasi menu lain yang dapat menjadi pilihan bagi para pelanggan, seperti menu es goyobod, dan beberapa menu makanan yang sangat bervariasi mulai dari batagor, baso tahu, baso kuah, mie kuah, dan mie yamin. 

Selain menambah variasi menu, Es Cendol Elizabeth juga terus berkembang dengan membuat inovasi menu seperti batagor kuah ceker, batagor kuah baso, baso tahu telur, dan inovasi lainnya. 

Sebagai pelaku usaha, kita juga dapat tetap mempertahankan resep autentik yang kita miliki demi menjaga orisinalitas produk. Namun, jangan lupa juga untuk tidak menutup diri terhadap inovasi. Buatlah inovasi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen yang selalu berubah. Hal ini sangat penting agar produk kita tetap relevan dan tak lekang oleh waktu.

Baca Juga: Menelusuri Jejak Manis dan Strategi Bisnis Brownies Amanda, Inspirasi Untuk UMKM Naik Kelas

2. Lokasi Strategis

Ketika mulai menetap di satu tempat, H. Rohman memilih untuk berjualan di depan Toko Tas Elizabeth di Jalan Otista. Toko tas ini sudah memiliki banyak pelanggan tetap, sehingga membantu meningkatkan visibilitas es cendol yang dijualnya. 

Jalan Otista juga dikenal sebagai salah satu jalan utama di Bandung yang selalu ramai oleh lalu lintas pejalan kaki dan kendaraan. Es Cendol Elizabeth bahkan menjadi pelopor pedagang kaki lima di area ini dan berhasil menarik perhatian banyak orang yang lewat. Pemilihan lokasi yang strategis ini memberikan keuntungan berupa banyaknya calon pembeli potensial setiap harinya.

Sahabat Wirausaha juga harus memperhatikan pemilihan lokasi yang tepat untuk mulai berjualan. Perhatikan lokasi yang ramai, dengan potensi pasar yang besar dan sesuai dengan target konsumen kita. Selain itu, faktor aksesibilitas dan keamanan juga perlu dipertimbangkan agar konsumen merasa nyaman dan mudah mengunjungi outlet kita. 

3. Pemasaran yang Efektif

Saat ini Es Cendol Elizabeth telah memanfaatkan media sosial dan platform digital lainnya sebagai sarana pemasaran yang efektif. Es Cendol Elizabeth memanfaatkan lokasi strategis gerai mereka dengan membuat konten menarik yang diunggah di Instagram dan Tiktok sehingga menarik lebih banyak pengunjung yang datang. 

Selain itu, Es Cendol Elizabeth juga hadir pada berbagai mal yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia seperti Bandung, Palembang, Jambi dan Jakarta dengan nama Es Cendol Queen Elizabeth. Pembuatan outlet di mal-mal ini menjadi salah satu cara pemasaran yang efektif dalam menjangkau lebih banyak konsumen, khususnya generasi muda. 

Baca Juga: Dari Bangkrut Menuju Sukses, Kisah Pasangan Suami Istri yang Berhasil Dirikan Bisnis Lapis Bogor Sangkuriang

4. Manajemen Keuangan yang Baik

Kesuksesan bisnis Es Cendol Elizabeth tidak hanya terletak pada kelezatan produk,  pemilihan lokasi strategis, maupun pemasaran yang efektif saja, melainkan juga pada manajemen keuangan yang cerdas dan efektif. 

Es Cendol Elizabeth selalu menjaga manajemen keuangan dengan baik. Setiap transaksi penjualan, pembelian bahan baku, dan pengeluaran lainnya dicatat secara rinci. Pencatatan yang teratur ini memungkinkan pemilik untuk memantau arus kas, mengidentifikasi tren penjualan, dan mengelola anggaran dengan lebih baik. 

Es Cendol Elizabeth juga selalu memastikan bahwa modal kerja selalu cukup untuk memenuhi kebutuhan operasional sehari-hari, seperti pembelian bahan baku, pembayaran gaji karyawan, dan biaya operasional lainnya. Manajemen modal kerja yang baik ini telah membantu menjaga stabilitas keuangan bisnis dari Es Cendol Elizabeth.

Selain fokus pada kebutuhan operasional sehari-hari, Es Cendol Elizabeth juga menerapkan perencanaan keuangan dalam jangka panjang. Perencanaan ini mencakup rencana untuk ekspansi bisnis, pembukaan cabang baru, dan investasi dalam teknologi atau peralatan baru. Perencanaan jangka panjang ini membantu memastikan pertumbuhan bisnis Es Cendol Elizabeth yang berkelanjutan.

Es Cendol Elizabeth adalah bukti nyata bahwa keberhasilan bisnis bisa menjadi sumber inspirasi yang begitu besar. Dengan mengedepankan kualitas produk, inovasi, pemilihan lokasi strategis, pemasaran yang efektif, dan manajemen keuangan yang terkelola dengan baik, kita dapat membangun pondasi yang kokoh untuk meraih kesuksesan dalam jangka panjang di pasar yang penuh dengan persaingan. 

Semoga kisah sukses Es Cendol Elizabeth tidak hanya memberikan inspirasi, tetapi juga memberikan pelajaran berharga bagi kita semua dalam mengembangkan bisnis dan mencapai impian kita. Tetap semangat dan terus belajar ya, Sahabat Wirausaha!

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi:

  1. https://jabarprov.go.id/berita/cendol-elizabeth-rasa-yang-tak-pernah-berubah-legakan-dahaga-sejak-1972-12780
  2. https://www.youtube.com/watch?v=3cvU2j3Fp4o 
  3. https://kurusetra.republika.co.id/wisata/1583347890/bukan-milik-ratu-inggris-es-cendol-elizabet-kuliner-legendaris-dari-bandung 
  4. https://www.finansialku.com/bisnis/es-cendol-elizabeth-bandung/