C:\Users\user\Downloads\Blog Banner for Website Content.png

Apa itu Weverse? Mungkin Sahabat Wirausaha bertanya-tanya mengenai aplikasi ini dan apa kaitannya dengan bisnis kreatif. Untuk itu mari kita bahas mengenai Weverse dan manfaat penting apa yang perlu diketahui pelaku bisnis kreatif di Indonesia tentang aplikasi ini.


Apa itu Weverse?

Sahabat Wirausaha pelaku bisnis kreatif, Weverse merupakan suatu aplikasi yang digunakan oleh artis korea untuk berkomunikasi dengan para fansnya. Aplikasi ini dibuat oleh Big Hit Entertainment dan diluncurkan pada tahun 2019. Tujuan pembentukan aplikasi ini adalah untuk mempererat hubungan para artis korea dengan fansnya secara langsung.

Aplikasi ini bersifat global sehingga semua artis korea dapat menggunakan aplikasi ini. Pada tahun 2019, BTS dan TXT bergabung dalam aplikasi. Kemudian diikuti oleh Blackpink, ENHYPEN, CNBLUE, Winner, New Jeans, dan masih banyak lagi.

Dengan aplikasi ini, para artis korea dapat membagikan video, foto, bahkan mengobrol dengan fans melalui kolom komentar ataupun live video. Selain itu juga didapatkan fitur “Artist Moments” yang dianggap mirip dengan Instagram story dimana konten yang sebelumnya diunggah akan hilang ketika artis korea tersebut mengunggah momen atau konten baru lagi.

Baca Juga: Ingin Menarik Pelanggan Lewat Instagram? Coba Lakukan Strategi Berikut!

Terdapat pula fitur penerjemah bahasa yang dapat membantu menerjemahkan unggahan para artis korea ini ke dalam berbagai bahasa sehingga fans lebih mudah memahaminya. Bahasa-bahasa yang tersedia dalam aplikasi ini adalah Bahasa Inggris, Korea, Jepang, Cina, Spanyol, Portugis, Melayu, Indonesia, dan Thailand.

Sahabat Wirausaha, Weverse ini ternyata suatu platform yang bermanfaat untuk mempromosikan produk dari bisnis kreatif. Tidak mengherankan Korean Wave semakin mendunia karena Industri K-Pop sangat gencar mempromosikan produknya dan memudahkan para fans terhubung dengan idol mereka.


6 Fakta Penting Weverse yang Wajib Diketahui oleh Pelaku Bisnis Kreatif!

Setelah mengetahui sedikit mengenai aplikasi Weverse, hal lain yang harus diketahui adalah bahwa aplikasi ini berguna bagi bisnis kreatif. Yuk, kita simak fakta-fakta penting dari Weverse yang harus diketahui oleh bisnis kreatif.

1. Menghubungkan Bintang K-Pop dengan Fans

Sahabat Wirausaha, aplikasi Weverse ini nyatanya sangat mengerti keinginan para fans untuk terhubung dengan idol mereka. Alhasil Weverse menyediakan platform sharing konten yang cukup lengkap yang bisa diakses para fans k-pop.

Di dalam aplikasi ini, para penggemar dapat bertukar konten terhadap artis yang diidolakan dan kepada sesama fans lain yang menggunakan aplikasi ini. Hubungan yang dekat antara para idol dengan fans dapat terjalin melalui fitur-fitur yang ada di aplikasi ini.

Fitur-fitur yang dimaksud adalah menu feed yang dapat digunakan untuk melihat postingan terbaru yang dibagikan ke sesama pengguna aplikasi Weverse dimana postingan tersebut tentu berkaitan dengan informasi artis yang difavoritkan.

Kedua, menu artist, pada menu ini penggemar dapat melihat berbagai postingan yang dilakukan di media social resmi artis yang difavoritkan. Selain itu, juga terdapat fitur untuk menerjemahkan berbagai postingan para idol ke dalam beberapa bahasa serta dapat menuliskan surat kepada para idola.

Ketiga, menu media, pada menu ini digunakan untuk mengumpulkan konten eksklusif yang dibagikan para idola kepada fansnya mulai dari video pendek, konten di balik layar, dan lain sebagainya.

Keempat, terdapat fitur yang menarik fans yaitu connect lightstick dimana fans dapat menghubungkan lightsticknya sambal menonton video sehingga seakan-akan sedang menonton konser. Yang terakhir, menu membership only, pada menu ini digunakan bagi pengguna khusus yang sudah terdaftar sebagai member dengan membayar biaya berlangganan.

Member dapat memperoleh akses untuk menikmati konten eksklusif. Selain itu member dapat akses khusus untuk membeli merchandise resmi. Member pun dapat membeli tiket presale konser, dan manfaat lainnya. Adanya kedekatan hubungan ini tentu akan menjalin keterikatan emosional sehingga fans memiliki keinginan untuk membeli barang-barang yang berkaitan dengan idol favoritnya.

Kalau para fans merasa kebutuhan untuk terhubung dengan idol favorit mereka terpenuhi, mereka akan rela mengeluarkan uang untuk membeli berbagai produk idol tersebut, seperti merchandise, tiket konser, produk endorsement, dan sebagainya.

2. Memberi Keuntungan Bagi Membership

Mungkin Sahabat Wirausaha bertanya-tanya, darimana Weverse meraup keuntungan platformnya? Ternyata, Weverse mendapatkan keuntungan dari pembayaran keanggotaan dan komisi penjualan produk-produk. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika membeli membershipnya adalah mendapatkan kartu keanggotaan berupa kartu fisik, kesempatan untuk membeli produk idola yang hanya bisa dibeli bagi yang sudah menjadi anggota.

Selain itu dapat digunakan untuk membeli konten (biasanya ada harga khusus bagi anggota), kesempatan untuk memesan tiket presale konser, dapat berpartisipasi dalam undian, kesempatan untuk mendaftar dan menghadiri acara musik, dapat melihat konten gambar, video, dan suara eksklusif anggota idola.

Kemudian juga kesempatan untuk mendaftar atau bergabung dalam acara khusus idola baik secara online atau offline, kesempatan untuk membeli paket keanggotaan, dan mendapatkan hadiah khusus yang didapatkan setelah mendaftar.

Membership ini bisa dibeli kapan saja sepanjang tahun. Satu kali pembelian membership bisa berlaku selama 1 tahun. Harga yang ditawarkan untuk membership ini bermacam-macam, diantaranya yaitu :

  • Membership : 25.000 won
  • Membership + Kit : 39.000 won (belum termasuk 1x shipping @ 14,425 won)
  • Membership Merch Pack : 175,000 won (belum termasuk 4x shipping @ 14,425 won)
  • Membership Merch Pack + Kit : 189,000 won (belum termasuk 4x shipping @ 14,425 won)

Nah, dengan adanya program membership ini, para fans mendapatkan privilege untuk mengakses konten-konten premium para idol. Keuntungan yang diterima dari program membership ini akan mendorong terciptanya suatu tren di antara circle fans sehingga mendorong mereka berlomba-lomba mendaftar. Sungguh menarik ya, Sahabat Wirausaha!

3. Bisa Diakses dari Berbagai Negara dan
Platform IOS dan Android

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Playstore atau Appstore sehingga dapat digunakan baik oleh pengguna Android ataupun IOS. Selain itu karena dalam aplikasi ini dilengkapi oleh fitur penerjemah ke dalam beberapa bahasa, maka aplikasi ini dapat digunakan di berbagai negara.

Dengan demikian, diharapkan aplikasi ini dapat menjangkau pengguna lebih luas lagi. Selain itu, segala produk yang dijual di aplikasi ini dapat menyebar di seluruh negara sehingga meningkatkan peluang kenaikan keuntungan.

Sahabat Wirausaha, Weverse ini ternyata sudah dipersiapkan dengan baik untuk target pasar fans idol secara internasional ya. Kebutuhan penerjemah bahasa juga sangat membantu fans. Pembuatan platform IOS dan Android Weverse ini patut diacungi jempol.

4. Selain BTS, Ada Banyak K-Pop Lain yang Bergabung

Pada awalnya aplikasi ini hanya diperuntukan untuk BTS dan TXT saja, namun seiring berjalannya waktu, mulai dibuka untuk artis K-Pop lainnya. BTS menjadi grup idol K-Pop pertama yang bergabung dengan Weverse.

Kemudian disusul oleh TXT yang bergabung di Weverse dengan mengunggah gambar tulisan abjad yang jika disatukan membentuk kata “HELLO”. Ketiga, SEVENTEEN dan hingga saat ini artis-artis yang bergabung semakin banyak.

Deretan artis yang tergabung dalam Weverse tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para fans. Untuk itu memang penting adanya variasi artis agar semakin banyak orang yang menginstall aplikasi ini. Para idol memang menjadi magnet tersendiri bagi konsumen ya Sahabat Wirausaha!

5. Weverse Shop Mudah Digunakan

Weverse shop memiliki tampilan sederhana yang memudahkan pelanggan untuk menggunakannya. Selain itu, penjelasan tentang produk juga sangat detail sehingga pelanggan dapat memiliki gambaran terhadap produk tersebut.

Weverse shop akan memberikan informasi atau pemberitahuan ketika ada produk terbaru sehingga pengguna aplikasi ini bisa dikatakan lebih up-to-date dibandingkan yang bukan pengguna. Tidak hanya itu, apabila ada kerusakan barang, pelanggan dapat melakukan pengembalian dan penukaran barang sehingga dapat dikatakan bahwa aplikasi ini bertanggung jawab.

Kemudahan penggunaan adalah salah satu alasan konsumen untuk menggunakan suatu aplikasi. Nah, Weverse shop sangat menyadari hal itu. Maka tak heran bila aplikasi ini sangat digemari walau fans yang membeli produk-produknya berjarak cukup jauh. Weverse shop adalah salah satu bukti pemanfaatan digital untuk bisnis yang mudah dan bermanfaat bagi para penggunanya.

6. Terpercaya dan Terjamin

Sahabat Wirausaha tentu mengetahui bahwa pelanggan selalu membutuhkan toko yang terpercaya saat membeli barang atau jasa. Selanjutnya yang menjadi pertimbangan penggemar mengapa menggunakan yaitu mengenai terjamin atau tidaknya platform online tersebut.

Begitu juga dengan keaslian produk yang terjamin. Selain itu, pengemasan produk sangat terjaga dan proses pengiriman juga aman sehingga pelanggan tidak ragu untuk memesan produk tersebut.

Nah, nilai plus terpercaya dan terjamin Weverse Shop adalah karena Weverse merupakan aplikasi resmi dari BigHit Official Shop. Sehingga hal ini menjadi poin kekuatan dari Weverse Shop itu sendiri.

Weverse mampu menjadi platform yang terpercaya dan terjamin, keren ya Sahabat Wirausaha!


Weverse Sebagai Inspirasi Bagi Pebisnis Kreatif

Sahabat Wirausaha terdapat beberapa hal yang dapat kita adaptasi dari munculnya aplikasi Weverse ini, yakni sebagai berikut:

1. Membuat Aplikasi Menyerupai Weverse

Para pebisnis UMKM membuat suatu aplikasi yang sistem kerjanya serupa dengan Weverse ini, termasuk fitur-fiturnya. Apabila di Weverse, aplikasi ini dapat menjalin hubungan yang lebih dekat antara para idola dengan fansnya, aplikasi yang dibuat oleh pelaku bisnis kreatif di Indonesia juga harus bisa memfasilitasi itu.

2. Fitur Daftar Member

Kedua, setelah aplikasi tersebut dibuat, dibuat suatu fitur untuk daftar sebagai member. Tujuannya adalah untuk mendapatkan berbagai penawaran yang khusus diberikan bagi yang terdaftar sebagai member.

Sebagai saran, biaya yang diberikan untuk menjadi member jangan terlalu mahal, mengingat tidak semua masyarakat Indonesia memiliki ekonomi yang baik. Selain itu, apabila harga untuk menjadi member terlalu mahal, banyak masyarakat yang juga enggan untuk bergabung dalam aplikasi tersebut. Penawaran khusus yang diberikan dapat berupa potongan harga yang lebih banyak, adanya biaya ongkir gratis, serta berbagai bonus lainnya.

3. Kemudahan Mengunduh Aplikasi

Yang perlu diperhatikan lagi adalah kemudahan untuk mengunduh aplikasi. Adanya kemudahan ini dapat meningkatkan kenyamanan pengguna terhadap aplikasi yang digunakan.

Aplikasi yang dibuat sebaiknya dapat diakses oleh seluruh negara yang ada di dunia ini dan menggunakan platform baik Android maupun IOS. Dengan demikian, diharapkan aplikasi ini dapat menjangkau pengguna lebih luas lagi. Selain itu, segala produk yang dijual di aplikasi ini dapat menyebar di seluruh negara sehingga meningkatkan peluang kenaikan keuntungan.

4. Variasi Artis

Keempat, user dalam aplikasi ini sebaiknya tidak hanya fokus pada artis-artis atau brand ambassador yang terkenal saja, melainkan juga pada artis-artis yang sedang merintis kariernya.

Tidak hanya itu, para UMKM yang mungkin tidak mampu membayar artis untuk mempromosikan produknya juga dapat menggunakan aplikasi ini.

Dengan demikian, jumlah user dalam aplikasi ini semakin meningkat. Peningkatan jumlah user diharapkan membuat pengguna menjadi lebih banyak pilihan dan lebih sering menggunakan aplikasi ini.

Dari berbagai penjelasan di atas, penting sekali lagi untuk para UMKM khususnya bisnis kreatif di Indonesia apabila ingin produk terjual hingga ke berbagai negara, maka perlu menggunakan digital platform yang sistem dan cara kerjanya mirip dengan Weverse. Semoga menginspirasi!

Semoga setelah membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan dan memberikan ide kepada Sahabat Wirausaha dalam mengembangkan bisnis. Tetap semangat dan pantang menyerah!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Sumber:

  1. https://www.liputan6.com
  2. www.ayotekno.id
  3. https://hot.detik.com/