UKM Indonesia

​Tips Menulis Judul Produk di Tokopedia/Shopee

Penulis : Hastini Asih
Editor : Banu Rinaldi
28 September 2022
Lama Baca : 7 menit

Close-up of employee with computer keyboard

Pernahkah Sahabat Wirausaha melihat judul produk di marketplace yang membuat Sahabat Wirausaha penasaran dengan produk tersebut, kemudian Sahabat Wirausaha mencari informasi produk tersebut lebih lanjut? Atau bahkan karena begitu penasaran sampai membeli produk tersebut?

Baca Juga: Pentingnya Investasi Iklan di Digital Marketing Agar Bisnis Anda Bertumbuh

Sementara Sahabat Wirausaha yang juga seorang penjual di marketplace, produknya belum terjual atau sekedar dilihat juga belum, kemudian Sahabat Wirausaha juga penasaran bagaimana bisa membuat judul yang menarik seperti yang Sahabat Wirausaha lihat, dan kemudian judul tersebut muncul di mesin pencarian dan membuat orang lain tertarik untuk melihat produk bahkan membelinya?

Nah, untuk menjawab rasa penasaran Sahabat Wirausaha, kami akan memberikan informasi lengkap terkait ‘bagaimana sih menulis dan membuat judul produk di marketplace seperti Tokopedia atau Shopee?’. Tidak perlu menunggu waktu lebih lama, yuk, kita langsung saja simak penjelasan berikut ini.


Seberapa Penting Sih Membuat Judul yang Baik dan Benar Itu?

Membuat judul suatu produk merupakan seni tersendiri, yang mana judul tersebut bisa mendeskripsikan seluruh isi produk yang ingin dijual. Judul suatu produk juga bisa dikatakan menjadi kunci dan bagian terpenting dari promosi.

Baca Juga: Tips Beriklan di Instagram Ads

Dengan judul yang baik dan benar bahkan unik, maka dapat menarik minat orang lain untuk membaca, melihat dan mencari tahu lebih jauh terkait produk tersebut. Semakin banyak orang yang melihat produk tersebut maka semakin besar juga peluang transaksi penjualan akan terjadi.

Nah, untuk Sahabat Wirausaha yang baru mau memulai berjualan di marketplace, sebenarnya kita bisa mulai dengan cara sederhana yaitu ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Kita bisa mengamati atau melihat judul dari produk-produk orang lain terlebih dahulu, kemudian kita pahami dan cermati, lalu kita bisa tiru dengan format-format judul yang telah kita amati, dan tahap terakhir adalah memodifikasi judul tersebut agar lebih unik dan menarik.

Namun, belum banyak orang yang dapat memaksimalkan cara ATM tersebut. Sebenarnya membuat judul produk itu bisa dibilang susah-susah gampang, karena memerlukan teknik dan rumus-rumus tertentu.

Baca Juga: Beriklan di Tokopedia/ Shopee Anti Boncos


Rumus Dasar Membuat Judul di Tokopedia atau Shopee

Sebelum kita masuk dengan rumus dasar untuk membuat judul produk di Tokopedia atau Shopee. Ada beberapa poin penting yang harus Sahabat Wirausaha pahami, yaitu:

1. Merek

Satu hal yang perlu Sahabat Wirausaha sadari adalah sebagian orang yang mencari produk di marketplace itu biasanya cenderung mencari berdasarkan merek. Apalagi jika Sahabat Wirausaha ternyata menjual produk dengan merek yang sudah cukup lama atau terkenal.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Paket Iklan Online yang Perlu Diketahui

Di sisi lain, ada ratusan bahkan ribuan produk yang di jual oleh pelapak lain, bisa produk yang sama atau ‘sengaja disamakan’. Nah, agar bisa bersaing, penyebutan merek ini akan sangat membantu produk dari Sahabat Wirausaha dapat muncul di halaman pertama.

2. Kata Unik

Sahabat Wirausaha juga harus tahu bahwa kata-kata yang unik dalam judul produk memiliki kesan atau dampak terhadap calon pembeli, lho. Misalnya Sahabat Wirausaha menjual produk yang memiliki kualitas premium dan dijual sangat terbatas, maka Sahabat Wirausaha dapat menggunakan kata unik seperti “limited edition” atau “Stok Terbatas!”. Atau Sahabat Wirausaha juga bisa menggunakan kata-kata unik lainnya seperti “Best Seller”, “Original atau Produk Asli”, “Termurah” dan lain sebagainya. Atau bisa juga mengambil kata unik dari manfaat barang seperti, “Garansi Resmi Setahun” untuk produk elektronik dan lainnya.

Baca Juga: Kupas Tuntas Iklan Toko dan Flash Sale di Tokopedia

3. Jenis

Dalam membuat judul ada baiknya menyertakan jenis produk. Nah, ini juga penting. Karena jika kita lihat dalam kenyataannya, orang-orang yang mencari produk di marketplace seperti Tokopedia atau Shopee biasanya juga mencari berdasarkan jenis produk, sepetri “krim malam (night cream)”, “paket kecantikan”, ‘abaya (produk pakaian)”, “laptop” dan lainnya. Maka produk yang dicari akan muncul di laman pertama.

4. Keterangan

Keterangan ini bersifat sebagai pendukung, yang mana bisa diambil dari manfaat, keunggulan, jenis spesifik produk atau layanan.

Nah, setelah Sahabat Wirausaha mengetahui poin-poin penting di atas. Saatnya mengetahui pola kombinasi dari 4 poin di atas yang sering digunakan dan banyak mendapatkan pengaruh dari pembeli. Berikut beberapa pola atau rumus dasar membuat judul produk di marketplace seperti Tokopedia atau Shopee.

Baca Juga: Beriklan Google Ads dengan Efektif Bagi UMKM

1. Kata Unik + Jenis + Merek + Keterangan

Contoh (dari Shopee) : BEST SELLER + Paket Kecantikan + Moreskin Nature + Berbahan Herbal

2. Jenis + Merek + Keterangan + Kata Unik

Contoh (dari Shopee) : Krim Malam + Moreskin + Bahan Herbal + dan Original

3. Merek + Jenis + Keterangan + Kata unik

Contoh (dari Tokopedia) : Moreskin + Krim Siang + Bahan Alami + Original dan Termurah

Setidaknya itulah rumus dasar beserta contohnya yang mungkin bisa menginspirasi dalam pembuatan judul untuk jualan di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Beberapa pola di atas masih bisa Sahabat Wirausaha kembangkan, misalnya “Kata unik + Jenis + Merek + Kata Unik” atau “Kata Unik + Merek + Jenis + Keterangan + Kata Unik”. Itu semua kembali pada pilihan Sahabat Wirausaha.


Hal-hal yang Perlu Dihindari

1. Cukup cantumkan satu nama merek

Dalam mencantumkan merek pada judul produk. Usahakan untuk memasukkan satu nama merek saja saat upload produk dan pastikan mereknya sesuai dengan produk yang diupload. Jika Sahabat Wirausaha memasukkan lebih dari satu merek, produk Sahabat Wirausaha bisa tidak muncul di laman pencarian saat pembeli mencari produk tersebut.

Baca Juga: Fitur-fitur Shopee yang Banyak UMKM Belum Ketahui

2. Jangan membuat judul “Sampah”

Yang perlu diperhatikan, jangan membuat judul dengan kata kunci “Sampah”, khususnya di Shopee. Contoh kata kunci sampah itu misalya Jual Handphone Samsung, Iphone, Huawe, HTS dan Xiaomi S2, sementara yang dijual sebenarnya hanyalah Xiaomi S2. Nah, pembuatan judul seperti itu akan dianggap sebagai sampah atau spam oleh Shopee dan akan diblokir.


Kesimpulan

Demikianlah tips menulis dan membuat judul produk di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Membuat judul yang menarik ini adalah satu di antara beberapa faktor yang bisa menarik minat pembeli. Masih ada faktor-faktor lainnya yang perlu disimak juga seperti gambar, deskripsi produk, perbandingan harga dengan produk sejenis, dan pilihan kurir.

Baca Juga: Seluk Beluk Analisa Peluang Pasar di Tokopedia

Namun, dengan membuat judul yang unik, setidaknya akan lebih memikat calon pembeli dan juga bisa lebih ramah di mesin pencarian. Yuk, mulai buat atau optimasikan judul yang sudah ada agar lebih menarik!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: