Segmentasi Pasar - Sahabat Wirausaha, sangat penting menargetkan pasar yang tepat dengan iklan yang tepat. Jika Sahabat wirausaha membidik terlalu luas, iklan Sahabat wirausaha mungkin menjangkau beberapa orang yang akhirnya menjadi pelanggan, tetapi Sahabat wirausaha juga akan menjangkau banyak orang yang tidak tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Ketika iklan Sahabat wirausaha tidak dioptimalkan untuk audiens Anda, maka akan berakhir dengan banyak uang iklan yang terbuang sia-sia. Nah pada artikel kali ini kita akan pelajari tentang segmentasi pasar. Ini penting Sahabat wirausaha dapat menargetkan hanya orang-orang yang paling mungkin menjadi pelanggan yang antusias dari produk Sahabat wirausaha.


Apa Itu Segmentasi Pasar?

Segmentasi pasar adalah istilah pemasaran yang mengacu pada pengumpulan calon pembeli ke dalam kelompok atau segmen dengan kebutuhan yang sama dan yang merespon sama terhadap tindakan pemasaran. Segmentasi pasar memungkinkan perusahaan untuk menargetkan kategori konsumen yang berbeda yang merasakan nilai penuh dari produk dan layanan tertentu secara berbeda satu sama lain.

Baca Juga: Komponen Konten Pemasaran

Misalnya, perusahaan alas kaki atletik mungkin memiliki segmen pasar untuk pemain bola basket dan pelari jarak jauh. Sebagai kelompok yang berbeda, pemain bola basket dan pelari jarak jauh menanggapi iklan yang sangat berbeda. Memahami segmen pasar yang berbeda ini memungkinkan perusahaan alas kaki atletik untuk memasarkan mereknya dengan tepat.


Cara Membuat Segmentasi Pasar

Sahabat wirausaha, tujuan segmentasi pasar adalah untuk meminimalkan risiko dengan menentukan produk mana yang memiliki peluang terbaik untuk mendapatkan pangsa pasar sasaran dan menentukan cara terbaik untuk mengirimkan produk ke pasar. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi secara keseluruhan dengan memfokuskan sumber daya yang terbatas pada upaya yang menghasilkan laba atas investasi (ROI) terbaik.

Baca Juga: Mengenal Psikologi Konsumen Untuk Mengambil Keputusan Pemasaran

Nah, Sahabat Wirausaha dapat melakukan segmentasi pasar dengan beberapa cara di bawah ini:

  1. Secara geografis menurut wilayah atau wilayah
  2. Secara demografis berdasarkan usia, jenis kelamin, ukuran keluarga, pendapatan, atau siklus hidup
  3. Secara psikografis berdasarkan kelas sosial, gaya hidup, atau kepribadian
  4. Perilaku berdasarkan manfaat, penggunaan, atau respons

Baca Juga: Tips Sukses Membangun Strategi Pemasaran Secara Offline dan Tetap Relevan Ala Rendang Mizaki

Demikian penjelasan mengenai segmentasi pasar. Harapannya Sahabat wirausaha dapat meningkatkan keterlibatan, penjualan, dan kepuasan pelanggan dengan melakukan segmentasi pasar. Semangat ya! Sahabat wirausaha siap naik kelas!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

www.investopedia.com