Masing-masing platform media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, hingga LinkedIn, punya cara main yang berbeda. Namun, bagian yang paling diperhatikan calon pembeli, biasanya adalah main profil alias profil akun. Kenapa segmen ini penting untuk kita poles? Apa saja tips yang bisa kita gunakan untuk membuatnya lebih menarik? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Peran Media Sosial Dalam Memperluas Jangkauan Pasar
Saat ini, rajin berinteraksi dengan pengikut di media sosial akan membuat akun kita lebih populer. Hal ini akan sangat bermanfaat, terutama jika kita mengelola akun yang fokus menjual produk maupun jasa. Semakin banyak interaksi, brand kita semakin terkenal, dan punya potensi menjangkau lebih banyak pelanggan.
Saat merencanakan kegiatan ekspor, biasanya sebuah bisnis butuh effort yang lebih besar lagi untuk berpromosi. Dulu, kita hanya bisa mempromosikan dagangan ke ranah internasional dengan cara mengikuti pameran-pameran pemerintah. Seleksi dan aturan yang ketat tak menjamin semua UKM lolos untuk ikut acara tersebut. Terlebih lagi, jika lolos, ada biaya besar yang harus dikeluarkan untuk mempermanis booth dan membuatnya stand out di mata buyer.
Lain halnya dengan memamerkan produk di etalase media sosial kita. Pengikut dari negara lain pun bisa dengan mudah melihat tampilan produk yang dijual. Jika dipajang dengan foto yang menarik dan copywriting persuasif, calon buyer tak akan sungkan untuk membeli. Cukup sekali-dua kali klik, kita bisa deal penjualan dengan mitra negara asing. Menggiurkan, bukan?
Pentingnya Mendandani Profil Akun Media Sosial Untuk Ekspor
Meski terdengar mudah, namun tetap ada hal-hal yang harus kita perhatikan untuk meyakinkan calon pembeli internasional. Salah satunya adalah seberapa lengkap informasi yang kita berikan di akun kita. Mengapa ?
1. Profil Akun Menggambarkan Profesionalitas
Ya, bisnis-bisnis yang serius mencanangkan ekspor tentunya tak keberatan memberi effort lebih dalam mendandani media sosial mereka. Karenanya, kita harus sediakan berbagai informasi di sana, mulai dari alamat website, jenis barang yang diperdagangkan, kualitas, profil pekerja, prinsip yang diemban, hingga metode pembayaran yang ditawarkan. Semakin lengkap informasi yang kita bagikan, maka akan semakin profesional pula kita terlihat di mata calon buyer.
2. Menarik Minat Beli Calon Konsumen
Semakin mudah dijangkau, maka akan semakin tertarik calon buyer untuk membeli produk kita. Jika teman-teman mencantumkan alamat akun e-commerce masing-masing, tentu pembeli akan semakin mudah menilai kualitas produk kita. Apalagi jika kita aktif di berbagai platform jual-beli digital internasional, seperti Amazon dan Alibaba. Mencantumkan informasi tentang alamat website maupun kontak marketing kita, di mana calon buyer bisa lebih mengenal produk, bisa meyakinkan mereka bahwa kita serius untuk ekspor.
3. Menumbuhkan Kepercayaan Calon Buyer
Profil media sosial yang menarik akan lebih mudah meyakinkan pelanggan. Tapi, bukan cuma estetika yang dicari calon buyer luar negeri. Mereka juga perlu tahu, apakah bisnis kita memiliki perizinan yang memang dibutuhkan untuk ekspor. Nah, jika kita bisa melengkapi profil media sosial dengan informasi tentang perizinan yang sudah dipunya, hal ini bisa menumbuhkan rasa percaya di benak konsumen untuk negosiasi pembelian lebih lanjut.
UKMINDONESIA.ID dan ENPACT mengajak kamu untuk #BeneranNaikKelas dengan ikuti Webinar Series Spesial HUT Ke-6 ukmindonesia.id Strategi Masuk Pasar Global dengan Optimasi Konten Profil Usaha dari Webinar Series Spesial HUT Ke-6 ukmindonesia.id yang akan dilaksanakan pada: