Ciri-ciri Kepemimpinan Efektif – Sebagai pelaku usaha, Sahabat Wirausaha tentu mengenal tentang budaya organisasi (bisnis). Sederhananya, budaya organisasi merupakan suatu kumpulan sikap, norma, nilai-nilai, kebiasaan, tradisi, atau cara-cara umum yang berlaku di dalam suatu perusahaan, yang diterapkan oleh pemilik bisnis dan seluruh karyawan untuk mencapai visi jangka panjang perusahaan tersebut.

Tahukah Sahabat Wirausaha, ternyata dalam dunia bisnis, budaya organisasi sangat dipengaruhi oleh karakteristik pemilik bisnis loh. Alasannya, pemilik bisnis memiliki wewenang untuk melakukan indoktrinasi dan menyalurkan cara pikir serta perilakunya kepada karyawan. Nah, budaya organisasi yang kuat dan sehat dapat terbentuk dari ciri-ciri kepemimpinan efektif. Dengan kepemimpinan efektif, bisnis Sahabat Wirausaha dapat berkembang dengan baik. Lantas, seperti apa sih ciri-ciri kepemimpinan efektif dalam bisnis? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Memiliki Pemikiran yang Visioner

Visioner berarti pemilik bisnis memiliki pandangan dan wawasan yang luas serta berorientasi pada masa depan. Ciri-cirinya yaitu pemilik bisnis memiliki visi yang jelas untuk masa depan bisnis. Hal ini menyangkut hal penting seperti: akan seperti apa bisnis ini 5 tahun mendatang?, serta hal-hal yang ingin dicapai di masa mendatang nanti. Selanjutnya, pemilik bisnis harus mengkomunikasikan visi ini kepada seluruh tim atau karyawan.

Ilustrasi Contoh

Pemilik bisnis kuliner jajanan street food memiliki visi bahwa dirinya akan melakukan ekspansi bisnis ke skala yang lebih besar yaitu layanan katering. Harapannya, hal ini dapat tercapai dalam kurun waktu 3-4 tahun. Selanjutnya, si pemilik bisnis mengkomunikasikan visi ini kepada seluruh karyawannya, menjelaskan langkah-langkah atau rencana strategis yang diperlukan, serta memotivasi karyawannya untuk bekerja agar visi tersebut dapat tercapai sesuai periode waktu yang telah ditetapkan.

Baca Juga: 5 Tren Kepemimpinan Ala Forbes di Tahun 2024, Apa Saja?

2. Memiliki Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Pemilik bisnis harus mampu berkomunikasi secara jelas dan efektif dengan karyawan, pelanggan, dan pemangku kepentingan lainnya. Alasannya, komunikasi yang efektif sangat penting dalam bisnis untuk membangun hubungan yang kuat dengan para pelanggan dan pemangku kepentingan, serta meningkatkan produktivitas karyawan. Hal ini juga turut mempengaruhi kesuksesan bisnis di masa mendatang.

Ilustrasi Contoh:

a. Komunikasi yang Efektif dengan Pelanggan

Pemilik UKM Jaya Sentosa secara aktif mencari saran dan kritik dari para pelanggan melalui Survei Kepuasan Pelanggan serta interaksi di media sosial. Pemilik bisnis menggunakan umpan balik (feedback) tersebut untuk perbaikan produk dan layanan bisnis, sehingga dapat menghasilkan tingkat kepuasan pelanggan yang lebih tinggi.

b. Komunikasi yang Efektif dengan Karyawan

Pemilik UKM Jaya Sentosa menerapkan kebijakan pintu terbuka (open-door policy) yaitu pemilik bisnis membuka kesempatan bagi karyawan untuk memberikan saran maupun kritik yang membangun demi perbaikan manajemen maupun proses bisnis secara keseluruhan.

Nah, dengan adanya kebebasan dalam berpendapat, pemilik bisnis dapat mengidentifikasi hambatan-hambatan bisnis yang berasal dari internal perusahaan dan mencari solusi terbaiknya. Selain itu, pemilik bisnis juga dapat meningkatkan produktivitas bisnis dan karyawannya.

c. Komunikasi yang Efektif dengan Pemangku Kepentingan

Dalam rangka memperkuat kemitraan dengan para pemasok, pemilik UKM Jaya Sentosa mengadakan pertemuan rutin untuk membahas jadwal produksi, standar kualitas, dan rencana kerja sama di masa depan. Komunikasi yang efektif dengan para pemasok juga dapat memperlancar kegiatan operasional bisnis.

3. Berani untuk Bersikap Tegas

Tanda bahwa seorang pemilik usaha telah menerapkan ciri-ciri kepemimpinan efektif adalah ia berani untuk bersikap tegas ketika menjalankan bisnis, misalnya tegas dalam pengambilan berbagai keputusan bisnis.

Ilustrasi Contoh:

Dalam sebuah rapat, pemilik bisnis menekankan kepada karyawan tentang pentingnya menjaga kualitas produk dan layanan, serta menguraikan apa saja konsekuensinya jika kualitas tersebut tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan. Contoh dari konsekuensi yang dimaksud adalah kemungkinan terjadinya PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Sikap ini menunjukkan ketegasan seorang pemilik bisnis untuk menjaga reputasi bisnisnya.

Baca Juga: Ingin Membangun Tim yang Harmonis? Ini Dia 6 Cara Berkomunikasi Efektif Bagi Pemimpin Bisnis

4. Memiliki Kemampuan dalam Beradaptasi

Seorang pemilik bisnis harus bisa beradaptasi dengan perubahan situasi dan kondisi pasar. Sikap fleksibel tersebut juga merupakan ciri-ciri kepemimpinan efektif.

Ilustrasi Contoh:

Dalam dunia fashion, terjadi perubahan tren dari mode tidak ramah lingkungan menjadi ramah lingkungan (go green). Menanggapi perubahan tren tersebut, seorang pemilik bisnis batik pun melakukan adaptasi dengan cara mencari dan menggunakan bahan-bahan kain yang ramah lingkungan. Selain itu, ia pun turut mempromosikan komitmen bisnisnya terhadap kesehatan lingkungan, dan menarik pelanggan yang juga peduli terhadap lingkungan.

5. Memberdayakan Karyawan

Menerapkan ciri-ciri kepemimpinan efektif berarti seorang pemilik bisnis mampu memberdayakan karyawannya. Bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan memfasilitasi program pelatihan dan pengembangan kepada karyawannya, serta memberikan peluang untuk berkembang.

Ilustrasi Contoh:

Selain menyediakan program pelatihan dan pengembangan kepada karyawan, seorang pemilik bisnis juga menyediakan program khusus yang mendukung kesejahteraan fisik dan mental karyawan. Pemilik bisnis pun menggunakan jasa profesional untuk terlibat dalam program tersebut yaitu dokter dan psikolog.

6. Memiliki Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional (Emotional Intelligence/EQ) memiliki makna yaitu kemampuan seseorang untuk mengenali, memahami, serta mengelola perasaan dan emosinya. Seorang pemilik bisnis dengan tingkat EQ yang tinggi sudah pasti merupakan ciri-ciri kepemimpinan efektif karena ia mampu melakukan beberapa hal seperti berikut.

  • Memahami perasaan dan emosi orang lain (pelanggan, karyawan)
  • Tetap tenang dalam situasi sulit dan penuh tekanan
  • Lebih sering mendengarkan daripada berbicara
  • Memimpin dengan memberi contoh
  • Membuat keputusan bisnis dengan lebih bijaksana
  • Menerima kritik dengan baik
  • Mengakui kesalahan, belajar dari kesalahan tersebut, dan berusaha memperbaikinya
  • Mengendalikan perasaan dan emosi, serta dapat mendiskusikan isu-isu sulit dan sensitif dengan bijaksana dan dewasa
  • Mampu menyelesaikan konflik secara efektif
  • Memiliki rasa empati terhadap orang lain

Ilustrasi Contoh:

Seorang pemilik bisnis menemukan bahwa salah seorang karyawannya mengalami stres dan berkinerja buruk. Alih-alih menegur karyawan tersebut, si pemilik bisnis justru menemui karyawan tersebut secara empat mata di kantor untuk memahami akar permasalahannya. Pemilik bisnis juga menawarkan bantuan dan dukungan terhadap karyawan tersebut.

7. Memiliki Integritas

Pemilik bisnis yang menerapkan ciri-ciri kepemimpinan efektif umumnya berintegritas tinggi. Integritas tersebut mengarah kepada kejujuran dan kewibawaan seorang pemimpin. Tentu sikap ini dibutuhkan dalam bisnis karena budaya kejujuran dan perilaku etis sangat penting, untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan antara pemilik bisnis dengan karyawan maupun pelanggan.

Ilustrasi Contoh:

Seorang pemilik bisnis reparasi laptop menemukan bahwa laptop pelanggan ternyata tidak rusak, hanya terdapat beberapa gangguan kecil saja yang bisa diperbaiki dengan cepat dan mudah. Pemilik bisnis bisa saja menetapkan harga perbaikan yang tinggi karena pelanggan tidak mengetahui tentang gangguan kecil tersebut. Namun demikian, pemilik bisnis memilih untuk menjelaskan masalahnya kepada pelanggan, serta merinci seberapa kecil gangguannya, dan seberapa cepat masalah tersebut dapat diperbaiki. Selain itu, pemilik bisnis juga menetapkan harga perbaikan yang relatif murah.

Dengan memilih untuk jujur ​​dan adil dalam menentukan harga, pemilik bisnis tersebut menunjukkan bahwa ia berintegritas tinggi, memprioritaskan kepuasan pelanggan, serta mau membangun kepercayaan dan hubungan jangka panjang yang baik dengan pelanggan.

8. Memiliki Antusiasme yang Tinggi

Pemilik bisnis yang penuh semangat untuk menginspirasi karyawannya menunjukkan ciri-ciri kepemimpinan efektif. Hal itu menunjukkan adanya komitmen tulus dari pemilik bisnis untuk mencapai visi jangka panjang perusahaan.

Ilustrasi Contoh:

Seorang pemilik bisnis kafe membuat sebuah komunitas khusus agar dapat berinteraksi secara langsung dengan pelanggannya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui preferensi (minat) pelanggan serta meningkatkan loyalitas pelanggan.

Baca Juga: Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Ini 6 Kualitas Kepemimpinan yang Wajib Kamu Pelajari

9. Memiliki Sifat Tangguh

Membangun bisnis tentu tak lepas dari cobaan maupun kegagalan. Oleh sebab itu, dibutuhkan pemilik bisnis yang tangguh agar dapat bangkit kembali dari kegagalan.

Ilustrasi Contoh:

Setelah peluncuran produk gagal, pemilik bisnis UKM Jaya Sentosa menganalisis apa yang salah, serta belajar dari pengalaman dan kesalahan tersebut. Selain itu, pemilik bisnis pun bergerak cepat melakukan perbaikan untuk memenuhi permintaan pelanggan.

10. Mengutamakan Kepuasan Pelanggan

Istilah yang mengatakan bahwa pelanggan adalah raja, memang benar. Hal ini karena pelanggan memegang peranan penting dalam keberlangsungan dan keberhasilan suatu bisnis. Pemilik bisnis dengan ciri-ciri kepemimpinan efektif cenderung lebih mengutamakan kepuasan pelanggan, dan berusaha untuk mempertahankan klien/pelanggan yang ada.

Ilustrasi Contoh:

Seorang pemilik bisnis salon kecantikan secara aktif memantau kinerja karyawan dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi klien. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa klien puas dengan pelayanan salonnya, sehingga berpotensi untuk datang kembali.

Nah, Sahabat Wirausaha sudah punya ciri yang mana nih? Jika Sahabat Wirausaha sudah memiliki ciri dan karakteristik tersebut di atas, maka hal itu berarti bahwa Sahabat Wirausaha telah menerapkan kepemimpinan yang efektif dalam bisnis. Bagi yang belum, yuk terapkan kepemimpinan efektif sejak dini! Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Sahabat Wirausaha.

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi Web  : feb.umsu.ac.id, forbes.com, ruangkerja.id.