Di era yang digital dan serba instan, orang-orang tidak lagi direpotkan dalam mencari dan mendapatkan informasi. Bagi sebuah perusahaan, hal ini menjadi peluang besar yang menguntungkan karena dapat dengan mudah mempromosikan produknya. Di samping itu, cara yang digunakan dalam menyampaikan sebuah produk tersebut yang menjadi penentu dalam persebaran terkait informasi dari produk itu sendiri.

Ada salah bentuk promosi yang menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran yang menggunakan komik sebagai media penyebaran informasi, hasilnya akan lebih efektif dan tepat sasaran. Cara inilah yang digunakan oleh Asyx, sebuah perusahaan Teknologi dan Kolaborasi Pembiayaan Rantai Pasok, dalam mengenalkan program gratis yang bernama Melati Nusantara. Apa itu Melati Nusantara, bagaimana capaian promosinya dan seberapa efektif cara promosi dengan komik akan dijabarkan oleh CEO Asyx, Lishia Erza.

Baca Juga: Cara Inovasi Produk yang Tepat


Tantangan Promosi Usaha Melalui Sosial Media

Sebagai pelaku usaha, Sahabat Wirausaha mungkin pernah atau sering mengalami kebingungan ketika ingin promosi melalui sosial media, ya? Umumnya, tantangan yang harus dihadapi adalah kehabisan ide promosi atau membuat konten. Pengalaman ini yang sempat dialami oleh Lishia Erza dan tim Asyx ketika mulai mengenalkan program Melati Nusantara. Sebagai pemilik perusahaan yang menghubungkan pembeli, penjual, pemasok, distributor, dan lembaga keuangan, Lishia banyak memiliki supermarket sebagai klien dari Asyx. Dengan kata lain, Asyx membantu usaha lain seperti supermarket untuk mengelola supplier dan distributor usaha tersebut. Pada situasi itu, Lishia menemukan bahwa banyak usaha yang terkena termin pembayaran dengan jangka waktu yang cukup panjang, mulai dari 30 hari hingga 70 hari ke atas. Sementara para pelaku usaha (buyer) tetap harus membayar banyak komponen usaha di setiap bulan, situasi termin pembayaran dengan jatuh tempo yang lama, tentu saja menyulitkan para buyer tersebut.

Melihat kondisi tersebut, Lishia merasa bahwa klien harus mengerti apa kesulitan buyer jika harus menghadapi termin pembayaran yang panjang. Lahirlah program Melati Nusantara yang bertujuan memberikan edukasi yang diharapkan membantu teman-teman UMKM mampu mengatur arus kas usaha dan untuk bangkit dari dampak COVID-19 dengan mengembangkan usahanya melalui kegiatan pembinaan seperti kelas online & mentoring serta pengenalan teknologi digital. Langkah berikutnya diikuti dengan pertanyaan,”Bagaimana cara mengenalkan program Melati Nusantara?”.

Baca Juga: Design Thinking Bagi UKM dalam Inovasi

Ada sebuah cara promosi yang tergolong umum, namun masih digunakan jarang sebagai media promosi yaitu komik. Tercetuslah sebuah ide untuk membuat promosi dalam bentuk cerita bergambar atau komik, hingga diciptakan karakter dengan beberapa tokoh utama dalam komik tersebut. Melalui sebuah alur cerita yang didukung media visual dan verbal maka informasi terkait produk dapat tersampaikan dengan baik dan image produk dapat dibangun melalui cerita dari komik tersebut. Mulailah personifikasi karakter dikenalkan melalui sosial media Instagram, dengan mengangkat kisah-kisah edukatif yang memberi literasi keuangan para pembacanya terutama pelaku UMKM.


Melati Dan Persoalan Seputar UMKM

Tokoh utama cerita yang bernama Melati merupakan refleksi dari pengalaman pelaku usaha UMKM, di mana Melati merasa resah pada usahanya yang sudah berjalan selama dua tahun tapi terasa seperti jalan di tempat. Dalam perenungan ini, ada tokoh sebagai kakak dari Melati bernama Bang Kumbang yang memiliki berpengalaman bekerja di luar negeri. Di episode lainnya, hadir Tante dari Melati yang berprofesi sebagai dosen bisnis di sebuah Universitas. Tokoh-tokoh ini dan karakter pendukung lainnya saling mengisi dan mengantarkan cerita pada situasi yang umum dialami pelaku UMKM, hingga pesan dalam dialog tersampaikan pada para pembacanya.

Jika Sahabat Wirausaha membaca komik Melati Nusantara yang menarik dan mudah dipahami, mungkin membuat Sahabat Wirausaha bertanya-tanya, “Bagaimana tim kreatif Melati Nusantara bisa menciptakan ide kreatif dalam mewujudkan konten komik tersebut, ya?”. Apalagi jika Sahabat Wirausaha tidak akrab dengan pekerjaan dalam industri kreatif. Jangan khawatir, ada beberapa tips yang diberikan oleh Lishia, yaitu:

Baca Juga: 10 Tipe Inovasi Bisnis yang Perlu Dilakukan

  • Mengawali proses kreatif yang dimulai dari membangun empati terhadap pelaku UMKM, melalui cara melihat masalah apa yang biasa mereka hadapi. Melalui empati, akan muncul ide cerita.
  • Buat riset kecil, untuk mengetahui pada siapa saja pelaku UMKM berbagi cerita tentang masalahnya. Riset ini akan membentuk tokoh cerita yang diperlukan.
  • Untuk mempermudah proses membuat konten di sosial media, atur kalendar cerita untuk 30 episode ke depan. Kalendar ini mempermudah kita dalam menayangkan konten secara konsisten dan membuat algoritma konten terus bergerak di Instagram.
  • Karena Melati Nusantara memiliki modul ajar, maka modul tersebut dapat dipecah menjadi bagian-bagian kecil yang dapat dijadikan materi cerita untuk konten komik. Hal ini berlaku jika Sahabat Wirausaha memiliki materi lain yang bisa dijadikan cerita, loh. Misalkan proses produksi dari produk milik Sahabat Wirausaha yang dapat dicacah menjadi beberapa episode.

Jadi, dengan menerapkan tips ini, inspirasi yang diambil Melati Nusantara sangat mewakili situasi dan kondisi para pelaku UMKM, ya? Semua persoalan dan pertanyaan terwakili melalui komik dan dialog yang kuat. Sangat efektif, bukan?


Peran Tim Kreatif Dalam Pembuatan Konten Komik

Untuk mewujudkan konten dalam bentuk komik yang menarik seperti Melati Nusantara, ternyata tidak harus memiliki tim dengan jumlah yang besar, loh! Menurut Lishia, Melati Nusantara di awal berproses membuat komik, menggunakan jasa seorang ilustrator yang juga pelaku UMKM untuk mewujudkan visual karakter dan tokoh cerita. Terciptalah 30 karakter yang mendukung komik Melati Nusantara. Kesepakatan kerjasama dan remunerasi dengan seorang illustrator biasanya selesai ketika semua pesanan ilustrasi sudah sampai di tangan Melati Nusantara. Contoh kerjasama ini dapat diikuti oleh Sahabat Wirausaha yang membutuhkan jasa ilustrator yang bisa ditemui pada banyak platform kreatif atau mungkin juga Sahabat Wirausaha bisa menghubungi teman atau kenalan yang membuka jasa sejenis.

Baca Juga: Cara Mendorong Kreativitas Dalam Berbisnis

Setelah memiliki 30 karakter berupa gambar, tim internal Melati Nusantara mengatur jadwal tayang dengan kalender cerita, membuat cerita dan mendesain karakter tersebut dilengkapi dengan dialog antar karakter. Bagaimana jika Sahabat Wirausaha dan tim tidak memiliki kemampuan membuat desain? Ada banyak aplikasi yang mudah dilakukan dan mempermudah kerja Sahabat Wirausaha dalam mewujudkan konten komik, baik desain maupun penempatan dialog dalam komik, salah satunya aplikasi Canva yang bisa digunakan melalui berbagai device.

Lalu, jika bicara mengenai cerita, bagaimana menentukan dan menciptakan cerita, ya? Nah, untuk memilih cerita dan menuliskan pada dialog, Lishia memiliki cara agar cerita yang disajikan mudah dibaca, singkat dan menarik, yaitu:

  • Mengunggah pesan yang tidak terlalu panjang pada setiap episode, dengan mengkaji pesan apa yang akan disampaikan pada episode tersebut. Singkatnya, sampaikan pesan melalui cerita dalam satu kalimat.
  • Melalui kalender cerita, akan terlihat alur cerita yang akan ditayangkan sebagai prioritas.
  • Buatlah konten yang dapat dipahami pembaca. Melati Nusantara melakukan uji coba kecil pada orang-orang di sekitar mereka.
  • Merancang jadwal review isi konten hingga 3 bulan ke depan.
  • Membuat cerita secara modular atau berdiri sendiri per episode, hingga cerita dapat dipahami pembaca tanpa perlu membaca kisah Melati dari episode awal.
  • Jika Sahabat Wirausaha tidak ingin membuat konten komik, kuatkanlah pada konten cerita dengan foto yang mendukung isi cerita tersebut. Ingat, visual tetap penting untuk menarik pembaca, ya.
  • Kumpulkan banyak karakter cerita agar konten komik atau konten cerita menjadi kaya dan banyak sisi yang dapat dibagikan.
  • Jangan lupa untuk membuat sebuah cerita unik dan menarik tentang produk milik Sahabat Wirausaha yang berbeda dengan produk sejenis.

Baca Juga: Lima Alasan Kenapa Budaya Inovasi Penting Bagi UMKM

Sahabat Wirausaha dapat mempelajari pengalaman Melati Nusantara dan mengadaptasi pada usaha milik Sahabat Wirausaha, loh. Semua pengalaman dalam menjalankan usaha dapat menjadi sebuah ide cerita yang mampu memberi inspirasi dan edukasi pembaca, hingga selalu ditunggu-tunggu oleh pelanggan dan calon pelanggan. Teruslah menggali kisah dari keseharian usaha Sahabat Wirausaha, yang dapat dijadikan konten baik berupa cerita dengan foto atau dalam bentuk komik. Yuk, terus bercerita!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.