UKM Indonesia

​Beberapa Ritual Penting Untuk Membangun Kekompakan Tim


A group of people sitting around a table with laptops

Description automatically generated

Sumber foto: Cherrydeck | Unsplash https://unsplash.com/photos/rMILC1PIwM0

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang dibangun oleh orang-orang yang memiliki kompetensi dan berkomitmen untuk mengembangkan bisnis tersebut dengan lebih baik. Mempekerjakan talenta terbaik untuk bisnis kita adalah suatu keharusan untuk kesuksesan jangka panjang. Tetapi bahkan ketika kita memiliki orang yang tepat dalam peran yang tepat, hal tersebut belum cukup.

Jika kita ingin menjadi yang terbaik, tugas kita selanjutnya adalah mengubah orang-orang ini menjadi kelompok yang benar-benar bekerja sama. Ini berarti membangun kekompakan tim. Kekompakan tim adalah kunci efisiensi hampir setiap bisnis yang sukses. Berikut ini, kami akan membahas kekompakan tim lebih jauh lagi, mengapa hal tersebut memengaruhi efisiensi bisnis kita, dan bagaimana kita dapat membangun kekompakan tim.

Apa itu Kekompakan Tim?

Kekompakan tim adalah kemampuan di dalam sebuah tim untuk bekerja secara efektif secara keseluruhan menuju tujuan bersama. Hal ini juga berarti bahwa setiap individu tim ingin berkontribusi pada kemampuan tim untuk bekerja sama dengan baik. Kekompakan tim tidak datang secara alami bagi kebanyakan orang dan harus dipupuk dari kepercayaan dan hubungan interpersonal di antara anggota tim.

Tim yang merasa bersatu lebih mungkin berhasil saat mengerjakan proyek dan berinteraksi secara efektif saat melakukan tugas yang terkait dengan tujuan akhir serta menyelesaikan permasalahan dengan bijak.


Pentingnya Membangun Kekompakan Tim yang Kuat

Kekompakan tim sangat penting di dalam operasional bisnis, sebab tim sebagai penggerak utama dalam menjalankan bisnis. Kekompakan tim akan memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Rasa solidaritas yang tinggi

Kekompakan tim akan menciptakan rasa solidaritas diantara anggota tim. Mereka akan cenderung mengesampingkan keinginan dan kebutuhan pribadi mereka untuk mendukung tujuan yang ingin dicapai bersama.

2. Penyelesaian konflik yang cepat

Kekompakan tim yang kuat memungkinkan konflik diselesaikan secara efektif dengan memastikan semua anggota tim didengar dan merasa aman untuk berbagi perspektif dan ide mereka. Semakin kompak sebuah tim, semakin baik para anggota dalam resolusi konflik dan menghindari perselisihan besar yang dapat menyebabkan tim yang kurang kohesif berantakan.

3. Meningkatkan tanggung jawab pribadi

Anggota tim yang berkinerja tinggi menganggap diri mereka bertanggung jawab atas pekerjaan yang menjadi tanggung jawab mereka. Mereka memahami bahwa kinerja yang buruk atau akan mempengaruhi seluruh tim. Anggota tim juga bersedia untuk jujur tentang upaya mereka dan berbicara ketika mereka tidak dapat memenuhi tenggat waktu.


Bagaimana Meningkatkan Kekompakan Tim Di Tempat Kerja

Sebagai pemilik bisnis, kita memiliki peran penting dalam membangun kekompakan tim di tempat kerja. Untuk meningkatkan kekompakan tim, kita dapat melakukan tips berikut:

1. Dorong Komunikasi yang Aktif dan Terbuka

Hal terpenting untuk membangun kekompakan tim adalah komunikasi yang aktif dan terbuka. Jika kita ingin meningkatkan kekompakan tim maka mulailah menerapkan praktik komunikasi yang baik.

Komunikasi yang aktif dan terbuka berarti setiap individu memiliki kesempatan mendengar dan didengar yang sama untuk menyuarakan ide dan upaya mereka dalam mengatasi permasalahan dengan efisien tanpa terikat dengan peraturan yang tidak esensial. Ini juga membantu menumbuhkan kepercayaan di antara anggota tim dan mendukung koneksi yang pada akhirnya akan meningkatkan efektivitas tim secara keseluruhan.

Untuk mendorong komunikasi tersebut, kita dapat menggunakan metode brainstorming pada setiap rapat atau diskusi dengan tim. Brainstorming (curah pendapat) adalah suatu metode yang memanfaatkan teknik kreativitas dalam mencari penyelesaian dari suatu masalah tertentu dengan mengumpulkan gagasan secara spontan dari setiap anggota kelompok.

2. Budayakan Kegiatan Membangun Tim

Bekerja sama untuk mencapai tujuan akhir dalam bisnis adalah suatu keharusan bagi setiap anggota tim yang tergabung di dalamnya. Namun, Penting juga untuk tidak hanya fokus pada tujuan yang perlu dicapai tim, tetapi juga pada hubungan di antara anggota tim yang berkontribusi untuk mencapai tujuan tersebut.

Kita dapat rutin mengadakan kegiatan membangun tim untuk menciptakan kekompakan tim yang berada diluar jam kerja. Kegiatan membangun tim diantaranya adalah family gathering yang diikuti seluruh karyawan dan mengisinya dengan berbagai macam lomba kerja sama tim sehingga proses meningkatkan kekompakan tim dapat dilakukan dengan cara-cara yang menyenangkan.

Kita juga dapat melakukan hal yang lebih sederhana, misalnya makan siang atau makan malam bersama ketika pencapaian tertentu telah dicapai. Hal ini akan meningkatkan keterikatan emosional antar anggota tim dan mengapresiasi kerja keras mereka.

3. Tetapkan Tujuan dalam Strategi Meningkatkan Kekompakan Tim

Menetapkan tujuan dan strategi agar terjalin kekompakan tim memang adalah tugas kita sebagai pemilik dan jajaran manajemen, namun tidak ada salahnya juga melibatkan anggota tim tersebut untuk hal ini agar kita mendapatkan pandangan lain tentang harapan dan saran dari mereka.

Sebagai seorang pemilik bisnis, kita dapat menetapkan banyak tujuan yang akan dikerjakan oleh tim kita. Namun, jangan abaikan masukan dari mereka Libatkan tim kita dalam proses penetapan tujuan. Ketika kita melakukannya, secara tidak langsung kita memastikan mereka dapat memahami tujuan tim dan sepenuhnya terlibat dalam mewujudkannya.

4. Memberikan Pelatihan dan Pengembangan

Anggota tim yang merasa percaya diri dengan kemampuan mereka lebih mungkin berinteraksi dengan anggota tim mereka dengan cara yang lebih produktif dan menyelesaikan tugas mereka dengan lebih efisien.

Menawarkan kesempatan pelatihan dan pengembangan adalah cara yang bagus untuk mendorong anggota tim untuk mengendalikan keterampilan dan kemampuan mereka dan memberi mereka kepercayaan diri saat melakukan tugas.

Tentu saja kita harus memberikan pelatihan dan pengembangan sesuai dengan deskripsi pekerjaan mereka dan tujuan tim yang ingin dicapai. Hal tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan yang mereka butuhkan untuk mencapai tujuan bersama.

5. Rayakan Kesuksesan sebagai Sebuah Tim

Merayakan kesuksesan sebagai sebuah tim dapat memiliki efek yang kuat pada kekompakan tim secara keseluruhan. Daripada berfokus pada kesuksesan seseorang dalam tim, gunakan kesuksesan itu untuk merayakan tim secara keseluruhan. Ucapkan terima kasih kepada anggota tim kita atas pekerjaan mereka dan sadari bahwa semua anggota merencanakan peran penting dalam mencapai tujuan.

Kita dapat melakukan hal sederhana seperti makan bersama atau melakukan hal yang menyenangkan seperti karaoke bersama dan lain sebagainya. Namun jika tim telah melakukan kesuksesan besar, maka kita dapat memberikan penghargaan lebih besar dengan mengadakan perjalanan wisata bersama. Hal ini akan menumbuhkan rasa solidaritas antar anggota tim dan merasa kerja keras mereka akan selalu diapresiasi.

6. Pilih Anggota Tim dengan Hati-hati

Tidak semua orang akan dapat bekerja sama sebagai tim yang kompak. Saat memutuskan siapa yang akan menjadi bagian dari tim kita, pertimbangkan kemampuan, kepribadian, dan kemampuan mereka untuk bekerja dalam kelompok. Memilih orang yang tepat untuk bekerja sebagai tim akan meningkatkan kekompakan tim dan membuat kerja sama menjadi lebih mudah dan lebih produktif.

kita dapat melakukan penyeleksian yang ketat saat merekrut karyawan sehingga karyawan yang bergabung dalam tim akan cocok dengan kebutuhan dan keinginan tim.

Kekompakan tim tidak terjadi dalam semalam. Butuh waktu, tenaga, dan kesabaran. Namun, jangan biarkan hal itu menghalangi kita. Mempraktikkan kerja tim adalah cara sempurna untuk membangun kekompakan dalam tim kita.

Kita perlu mempraktikkan segala cara untuk menciptakan kekompakan tim sebab tidak ada formula pasti dalam hal tersebut. Hal ini karena kita melibatkan manusia dengan berbagai macam perbedaan sifat dan pemikiran sehingga kita perlu mencari cara yang paling efektif untuk membangun kekompakan tim kita. Yuk mari kita terapkan tips diatas ini untuk menjadikan tim lebih kompak.

Refrensi:

20 Group Cohesion Strategies For Developing Teams At Work | GetSling

10 Steps To Improve Team Cohesiveness in the Workplace | Indeed

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: